• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Baik untuk Mata, Ketahui Manfaat Minyak Ikan untuk Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Baik untuk Mata, Ketahui Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Baik untuk Mata, Ketahui Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 November 2021
Baik untuk Mata, Ketahui Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

“Minyak ikan berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini berkat kandungan omega-3 di dalamnya. Mengingat asam lemak omega-3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh, maka orangtua perlu memberikannya dari sumber makanan maupun suplemen. Dengan begitu manfaat seperti meningkatkan kesehatan otak dan tulang anak bisa dirasakan.”

Halodoc, Jakarta – Seperti yang diketahui, minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan. Minyak ikan juga sangat penting untuk anak, karena kandungan omega-3 di dalamnya berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan. Di sisi lain juga banyak manfaat untuk kesehatan lainnya, salah satunya baik untuk mata. 

Minyak ikan untuk anak dianggap esensial karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, dan hanya bisa didapatkan dari makanan atau suplemen. Terdapat tiga jenis kandungan utama dalam minyak ikan, yaitu asam alfa-linolenat (ALA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA). Lantas apa saja manfaat minyak ikan untuk anak yang dapat dirasakan?

Baca juga: 6 Jenis Ikan yang Baik untuk Kecerdasan Anak

Berbagai Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Omega-3 dalam minyak ikan  penting untuk banyak aspek kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan. Misalnya, ia dapat membentuk membran yang mengelilingi sel tubuh. Tingkat DHA sangat tinggi di retina, otak, dan sel sperma. Peran penting omega-3 yang ditemukan pada ikan sudah banyak diketahui. 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa minyak ikan untuk anak, di antaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Minyak ikan kod kaya akan vitamin A dan D. Kedua vitamin ini berperan penting untuk menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang. Seperti diketahui, vitamin A sangat penting agar penglihatan senantiasa normal. Kandungan tersebut juga merupakan antioksidan dan dapat mencegah kerusakan yang menyebabkan glaukoma. 

Perlu diketahui, glaukoma adalah penyakit mata yang dapat merusak saraf optik. Kondisi ini menyebabkan kehilangan penglihatan atau bahkan kebutaan. Diperkirakan juga kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dari minyak ikan kod dapat membantu meningkatkan aliran darah ke mata, sehingga dapat menjaga penglihatan anak dan sehat dalam waktu yang lama. 

  1. Mengurangi Gejala ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah kondisi umum yang berkaitan dengan gejala seperti hiperaktif, impulsif, dan kesulitan fokus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dalam ikan dapat membantu mengurangi gejala ADHD pada anak. 

  1. Mengurangi Gejala Asma

Asma adalah kondisi kronis yang juga bisa menyerang anak. Kondisi ini menimbulkan gejala seperti nyeri dada, kesulitan bernapas, batuk, dan mengi. Beberapa penelitian menemukan bahwa asam lemak omega-3 dari minyak ikan dapat membantu meringankan gejala ini. 

Baca juga: Kenali Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh 

  1. Mendukung Kualitas Tidur Anak

Gangguan tidur mempengaruhi hampi 4 persen anak di bawah usia 18 tahun. Sebuah studi yang dilakukan pada 395 anak mengaitkan kadar asam lemak omega-3 dalam darah yang rendah dengan risiko masalah tidur yang tinggi. 

Ditemukan juga, bahwa dengan mencukupi asupan 600 mg DHA selama 16 minggu dapat mengurangi gangguan tidur. Selain itu,  waktu tidur anak bisa bertambah hampir 1 jam per malam. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai manfaat omega-3 pada kualitas tidur anak. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dari ikan dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati pada anak. Khususnya pembelajaran, memori, dan perkembangan otak. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 membantu mencegah depresi dan gangguan mood pada anak. 

  1. Mendukung Kesehatan Tulang Anak

Menurut sebuah penelitian, omega-3 dalam minyak ikan dapat mendukung osteoblas. Kondisi ini sangat relevan untuk pertumbuhan anak, karena ini adalah sel yang membangun tulang yang sehat. Omega-3 juga membantu mengendalikan peradangan, yang juga baik untuk membangun tulang yang sehat. 

Hati-hati peradangan yang berlebihan dapat mengaktifkan osteoklas, yaitu sel-sel yang memecah tulang. Mekanisme lain yang memungkinkan omega-3 baik untuk kesehatan tulang yaitu melalui kemampuannya menyerap kalsium, yang merupakan mineral penting untuk struktur tulang yang sehat. 

Baca juga: 4 Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi

Anak-anak membutuhkan omega-3 dalam minyak ikan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi otak yang sehat. Selain itu, ada beberapa bukti menunjukkan bahwa omega-3 mungkin juga bermanfaat untuk mencegah alergi dan meningkatkan kinerja di sekolah. Namun, para ilmuwan masih perlu melakukan banyak penelitian di bidang hal tersebut. 

Orangtua dapat memberikan minyak ikan melalui bahan makanan ikan pilihan. Alternatif lainnya, anak bisa diberi suplemen omega-3, tapi sebelumnya tanyakan pada dokter anak di aplikasi Halodoc terlebih dulu. Jika dokter menyetujui, ibu bisa cek kebutuhan medis di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Is Fish Oil Supplementation Right for Kids?
Healthline. Diakses pada 2021. Should Kids Take Omega-3 Supplements?
Medical News Today. Diakses pada 2021. Are omega-3s safe for children?
Health. Diakses pada 2021. 5 Foods for Healthy Eyes.
Healthline. Diakses pada 2021. Cod Liver Oil for Kids: 5 Healthy Benefits