• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Atasi Iritasi Mata, Ini 2 Manfaat Terramycin
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Atasi Iritasi Mata, Ini 2 Manfaat Terramycin

Bantu Atasi Iritasi Mata, Ini 2 Manfaat Terramycin

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Agustus 2022

“Terramycin sering digunakan sebagai obat iritasi mata, misalnya konjungtivitis dan keratitis bakteri. Obat tersebut bekerja dengan memberikan efek antimikroba dan dapat melawan bakteri penyebab iritasi mata.”

Bantu Atasi Iritasi Mata, Ini 2 Manfaat TerramycinBantu Atasi Iritasi Mata, Ini 2 Manfaat Terramycin

Halodoc, Jakarta – Jika kamu mengalami iritasi mata, maka sebaiknya berhati-hati dalam memilih obat mata. Apalagi mengingat mata merupakan organ indra yang rentan dan sensitif. Jika kamu salah melakukan penanganan, iritasi mata bisa semakin memburuk.

Apabila kamu mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan iritasi mata, mungkin dokter akan meresepkan obat terramycin. Lantas, seberapa efektif manfaat terramycin untuk membantu mengobati iritasi mata?

Manfaat Terramycin untuk Atasi Iritasi Mata

Terramycin merupakan obat antibiotik yang mengandung oxytetracycline, yaitu produk metabolisme streptomyces rimosus yang merupakan bagian antibiotik tetrasiklin. Obat tersebut memang sering digunakan sebagai obat iritasi mata, misalnya konjungtivitis dan keratitis bakteri. 

Berikut manfaat obat terramycin bekerja:

  1. Memberikan Efek Antimikroba

Oxytetracycline dalam terramycin bersifat bakteriostatik dan diperkirakan memberikan efek anti-mikorba, dengan menghambat sintesis protein. Oxytetracyline aktif melawan berbagai organisme bakteri gram-negatif dan gram-positif.

  1. Dapat Melawan Bakteri pada Iritasi Mata

Selain itu, Polymyxin B sulfate, salah satu dari kelompok antibiotik terramycin yang berasal dari Bacillus polymyxa memiliki sifat bakterisida. Tindakan ini secara khusus dapat melawan organisme bakteri gram-negatif. 

Diperkirakan kandungan tersebut dapat mengubah struktur bakteri yang mengakibatkan kebocoran pada komponen penting di intraseluler mata. Hal tersebut sangat efektif melawan bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Haemophilus aegyptius, yang sering ditemukan pada infeksi lokal mata. 

Cara Menggunakan Obat Terramycin

Perlu dipahami, penggunaan obat terramycin oxytetracycline dengan Polymyxin B diindikasikan untuk pengobatan infeksi mata superfisial. Kondisi tersebut melibatkan konjungtiva dan kornea, karena adanya mikroorganisme yang rentan.

Aplikasi topikal Oxytetracycline dengan Polymyxin B untuk mata harus dilengkapi dengan pemberian secara teratur. Khususnya ketika infeksi mata terbilang parah, atau iritasi mata tidak menunjukan perbaikan setelah pengobatan topikal saja. 

Terramycin dengan Polymyxin B dalam bentuk salep dapat digunakan dengan jumlah kecil (sekitar 1 cm). Obat harus dioleskan ke dalam kantung konjungtiva kelopak mata bawah sebanyak 4 sampai 6 kali sehari, sampai infeksi atau iritasi mata sembuh. 

Pengobatan mungkin memerlukan waktu satu hari hingga beberapa minggu, tergantung pada sifat dan tingkat keparahan infeksi. Jika terdapat peradangan, sisik, dan koreng pada iritasi mata, maka harus dihilangkan sebelum menggunakan obat. 

Jika pengobatan memerlukan tindakan profilaksis, prosedur yang sama dilakukan pada hari sebelum operasi, dan selanjutnya selama beberapa hari setelahnya. Pengidap harus diinstruksikan untuk menghindari kontaminasi ujung tabung produk saat mengoleskan salep. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Obat

Seperti semua antibiotik, penggunaan obat terramycin dapat menyebabkan pertumbuhan organisme jamur secara berlebih. Jika infeksi terjadi lebih parah, antibiotik harus dihentikan dan pengidap harus mendapatkan terapi spesifik.

Pengidap iritasi mata harus mengingat bahwa obat antibakteri (termasuk terramycin) hanya boleh digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Obat tersebut tidak dapat mengobat infeksi yang disebabkan oleh virus. Pengidap juga harus menggunakan obat tersebut sesuai anjuran dokter.

Jika kamu melewatkan dosis atau tidak menyelesaikan seluruh rangkaian pengobatan, maka efektivitas dari obat terramycin dapat berkurang. Kemudian bakteri kemungkinan akan meningkat dan mengembangkan resistensi. Hal tersebut mengakibatkan iritasi mata tidak dapat diobati dengan terramycin, atau obat antibakteri lainnya di kemudian hari. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat terramycin untuk mengobati iritasi mata. Jika kamu mendapatkan resep obat tersebut dari dokter, kamu bisa cek di toko kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2022. Terramycin with Polymyxin B
Mims. Diakses pada 2022. Terramycin Eye
RxList. Diakses pada 2022. TERRAMYCIN