• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Kontrol Gejala Asam Urat, Ini 5 Makanan Rendah Purin
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Kontrol Gejala Asam Urat, Ini 5 Makanan Rendah Purin

Bantu Kontrol Gejala Asam Urat, Ini 5 Makanan Rendah Purin

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia : 20 Oktober 2022

“Pengidap asam urat perlu membatasi atau menghindari jenis makanan yang mengandung tinggi purin. Adapun rekomendasi makanan rendah purin yang disarankan, yakni sayuran dan buah-buahan.”

Bantu Kontrol Gejala Asam Urat, Ini 5 Makanan Rendah PurinBantu Kontrol Gejala Asam Urat, Ini 5 Makanan Rendah Purin

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat atau gout termasuk ke dalam jenis radang sendi akibat penumpukan kristal asam urat. Normalnya, kristal tersebut dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urine.

Pengidap asam urat, kristal tersebut justru menumpuk akibat gangguan tubuh untuk membuang kelebihannya. Kondisi ini paling sering terjadi pada jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jempol kaki. 

Gejalanya ditandai dengan nyeri pada malam hari. Tanda lainnya, yakni pembengkakan, kemerahan, hangat dan demam. Guna mengontrol gejala yang muncul, pengidap bisa mengonsumsi sayur dan buah. 

Rekomendasi Makanan Rendah Purin 

1. Buah-buahan

buah buahan

Jenis buah yang bisa dikonsumsi oleh pengidap asam urat, yakni anggur, pisang, apel dan pir. Beberapa jenis asupan tersebut tak hanya rendah purin, tapi juga mengandung vitamin C dan tinggi serat.

2. Sayur-sayuran

sayur sayuran

Rekomendasi sayuran untuk pengidap asam urat, di antaranya kale, selada, mentimun, kentang, kol merah, paprika dan wortel. Beberapa asupan tersebut efektif menurunkan intensitas gejala pada pengidap.

3. Biji-bijian Utuh

biji bijian

Biji-bijian termasuk ke dalam jenis makanan rendah purin. Pengidap diperbolehkan mengonsumsi beras merah dan barley. Beberapa asupan tersebut juga mengandung tinggi serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

4. Produk Susu

produk susu

Semua produk susu aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat. Lebih baik lagi jika mengonsumsi produk susu rendah lemak, seperti susu etawa atau susu kambing. Selain mengontrol gejala, susu rendah lemak juga dapat memberikan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

5. Telur Ayam

telur ayam

Telur ayam sangat aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat setiap hari. Tak hanya rendah purin, asupan ini juga tinggi protein, sehingga bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan rendah purin, pengidap juga bisa membantu mengontrol gejala dengan asupan multivitamin. Caranya, download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid.
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Tips for Following a Low-Purine Diet.