• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Pangkas Lemak, Ini Minuman untuk Diet yang Disarankan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Pangkas Lemak, Ini Minuman untuk Diet yang Disarankan

Bantu Pangkas Lemak, Ini Minuman untuk Diet yang Disarankan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Desember 2022

“Ada banyak minuman untuk diet yang cocok untuk dikonsumsi secara rutin, seperti teh hijau dan kopi. Konsumsi secara rutin dapat membantu dalam menurunkan berat badan.”

Bantu Pangkas Lemak, Ini Minuman untuk Diet yang DisarankanBantu Pangkas Lemak, Ini Minuman untuk Diet yang Disarankan

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya makanan, minuman juga dapat mendukung keberhasilan dari diet yang dilakukan. Beberapa minuman mampu memangkas lemak, sehingga penurunan berat badan terjadi secara efektif.

Minuman untuk Diet yang Direkomendasikan untuk Dikonsumsi

1. Air Putih

Air putih memang pilihan terbaik dalam menurunkan berat badan. Minuman ini bebas kalori dan dapat menimbulkan perasaan kenyang, sehingga seseorang tidak makan secara berlebihan.

Mengutip dari HHS Public Access, disebutkan jika seseorang yang mengonsumsi air putih sebanyak 500 ml sebelum makan dan menerapkan diet rendah kalori, berat badannya dapat menurun hingga 44% selama 12 minggu. Angka ini tentunya dibandingkan dengan seseorang yang tidak minum air putih sebelum makan.

2. Teh Hijau

Varian teh ini kerap dikaitkan dengan penurunan berat badan dan pembakaran lemak. Sebab, teh hijau mengandung kaya akan kandungan katekin, antioksidan yang dapat meningkatkan pembakaran lemak serta metabolisme.

Teh hijau juga mengandung kafein, kandungan yang dapat membantu berat badan menurun secara efektif, sebab dapat meningkatkan metabolisme. Bukan hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan energi dan kinerja saat berolahraga.

3. Kopi

Kopi memang sangat terkenal dengan kandungan kafeinnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kafein sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme dan mendorong pembakaran lemak.

Bukan hanya itu, seseorang yang rutin mengonsumsi kopi juga lebih mudah untuk mempertahankan penurunan berat badan secara signifikan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk minum kopi secara rutin selama program diet.

4. Teh Hitam

Varian teh lainnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah teh hitam. Teh ini kaya akan polifenol, kandungan yang dapat mengurangi jumlah lemak dan gula yang menyerap di tubuh, serta mengurangi asupan kalori. Sehingga, penurunan berat badan terjadi secara efektif.

5. Air Jahe

Jahe yang diolah menjadi teh juga dapat menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan kalori yang dibuang dari dalam tubuh.

Minuman ini juga dapat memberikan efek termal makanan, artinya jumlah kalori yang dibutuhkan untuk mencerna dan menyerap makanan akan lebih tinggi dari biasanya. Kombinasi dari semua manfaat tersebut menandakan jika air jahe cocok dikonsumsi seseorang yang sedang diet.

6. Jus Sayuran

Jus sayuran memiliki manfaat dalam penurunan berat badan. Seperti yang diketahui masyarakat umum, sayur kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan. Bukan hanya itu, minuman ini juga dapat menurunkan asupan karbohidrat.

Untuk pemilihan sayurannya sendiri, sebaiknya pilih jenis sayuran yang rendah kalori. Kamu dapat merasa kenyang setelah mengonsumsinya, serta penurunan berat badan bisa terjadi secara signifikan jika dilakukan secara rutin.

Kamu bisa memilih salah satu cara atau lebih konsumsi cairan ini untuk diterapkan pada pola diet harian. Efek yang maksimal bisa didapatkan jika, bukan hanya mengonsumsi minuman sehat saja, tetapi juga memilih makanan yang baik untuk diet.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang pola diet yang efektif untuk menurunkan berat badan, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 8 Best Weight Loss Drinks.
Insider. Diakses pada 2022. 13 best drinks for weight loss and the worst to avoid, according to dietitians.
HHS Public Access. Diakses pada 2022. Water Consumption Increases Weight Loss During a Hypocaloric Diet Intervention in Middle-aged and Older adults.