Banyak Aktivitas, Waspada 5 Penyakit Ini Akibat Kelelahan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
banyak-aktivitas-waspada-5-penyakit-ini -akibat-kelelahan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang punya segudang aktivitas atau pekerjaan, kelelahan adalah kondisi yang mungkin sudah biasa kamu alami. Kelelahan memang bukan kondisi yang serius, tapi bukan berarti kamu boleh memforsir tubuhmu sampai berlebihan. Apalagi bila sampai tidak ada waktu untuk sekadar beristirahat sejenak.

Pasalnya, kelelahan bisa menjadi faktor utama munculnya suatu penyakit yang serius, lho. Jadi, waspadalah, ini 5 penyakit yang bisa muncul akibat kelelahan.

1. Infeksi Virus

Bila kamu kelelahan, maka sistem pertahanan tubuh kamu akan menurun. Ini  menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terkena berbagai infeksi virus. Beberapa gejala yang bisa muncul akibat infeksi virus, antara lain demam, nyeri otot, dan infeksi tenggorokan. Untuk mengatasi gejala tersebut, kamu perlu beristirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan

2. Penyakit Jantung

Tahukah kamu, saat ini, penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi penyebab kematian nomor satu? Penyakit jantung bisa menyerang kapan saja secara tiba-tiba dan tanpa tanda yang khas sebelumnya.

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang terjadi akibat pembuluh darah jantung tersumbat oleh aterosklerosis. Plak ini bisa muncul akibat berbagai faktor risiko, seperti mengidap diabetes, tekanan darah tinggi, ataupun gangguan kolesterol. Tidak hanya itu saja, kelelahan juga bisa mempercepat terjadinya plak ini.

Jadi, bila kamu memiliki faktor risiko tumbuhnya plak aterosklerosis tersebut, jangan paksakan diri untuk bekerja terlalu lelah ya. Kelelahan atau stres psikis yang berat bisa menyebabkan plak tersebut pecah dan menyumbat pembuluh darah secara mendadak.

3. Depresi

Siapa saja berisiko mengalami stres psikis yang bisa berujung pada depresi. Bagi pekerja kantoran, tekanan psikis bisa timbul akibat berbagai hal. Entah itu karena deadline pekerjaan, kelelahan, tekanan dari atasan, ataupun hubungan dengan teman sekantor.

American Psychological Association mengungkapkan bahwa pekerja yang mengalami stres berlebih cenderung menjalani pola hidup yang tidak sehat, seperti makan secara berlebihan, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, merokok, ataupun penyalahgunaan obat-obatan.

Jadi, bila kamu sering merasa kelelahan, mulai kehilangan minat, dan merasa bersalah, kamu perlu waspada. Coba bicarakan keluhan kamu dengan teman atau keluarga dekat untuk meringankan beban yang dirasakan.

Baca juga: Stres Karena Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

4. Anemia

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Seseorang yang memiliki kegiatan yang sangat padat dan kerap merasa kelelahan sangat mungkin juga mengalami anemia.

Anemia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kekurangan zat besi. Untuk mendapatkan asupan besi yang cukup, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti daging, ikan, dan telur. Karena itu, meski kamu super sibuk, usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi ya.

5. Dehidrasi

Kelelahan bisa membuat kamu tidak memperhatikan asupan cairan yang cukup. Padahal, cairan penting untuk menjaga kinerja tubuh tetap baik. Kekurangan cairan bisa menyebabkan kamu merasa lemas dan tidak berenergi.

Bila kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, dehidrasi bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan gangguan organ seperti ginjal. Jadi, pastikan kamu selalu memenuhi kebutuhan cairan setiap hari.

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, berat badan, dan intensitas aktivitasnya. Namun, para pria dianjurkan untuk mengonsumsi cairan minimal sebanyak 3,7 liter, sedangkan wanita sebanyak 2,7 liter per hari.

Baca juga: Petugas KPPS Banyak yang Kelelahan, Benarkah Bisa Sebabkan Kematian?

Nah, mengingat ada banyak penyakit yang bisa terjadi akibat kelelahan, kamu dianjurkan untuk meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak di tengah padatnya aktivitas kamu. Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu juga bisa membeli vitamin dan suplemen dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan ibu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.