• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Banyak Deadline, Ini 6 Manfaat Minum Kopi Sebelum Kerja

Banyak Deadline, Ini 6 Manfaat Minum Kopi Sebelum Kerja

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Banyak Deadline, Ini 6 Manfaat Minum Kopi Sebelum Kerja

“Minum kopi nyatanya bukan sekedar lifestyle atau tren saja. Secangkir kopi di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih baik. Itulah alasannya, minum kopi sebelum kerja sangat bermanfaat. Khususnya untuk meningkatkan konsentrasi hingga mencegah stres bekerja.”

Halodoc, Jakarta – Tampaknya hari ini meminum kopi sudah menjadi bagian dari lifestyle, terutama bagi para pekerja. Para pekerja sudah terbiasa menikmati secangkir kopi hangat sebelum memulai pekerjaan, terutama di waktu lembur yang membutuhkan tenaga agar tetap terjaga. 

Banyak yang mengatakan bahwa minum kopi dapat membantu seseorang saat bekerja. Bahkan, di kantor pun pasti tersedia stok kopi beserta ruangan untuk menyeduh kopi. Tidak heran para pekerja menggandrungi kopi, karena ternyata kopi memiliki manfaat bagi para pekerja. 

Baca juga: 5 Manfaat Minum Kopi sebelum Olahraga di Pagi Hari

Manfaat Minum Kopi Sebelum Bekerja

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, kafein pada kopi memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, tetapi tidak berdampak langsung pada kreativitas seseorang. Selain itu, penelitian lain juga menyebut bahwa kopi tidak memiliki dampak pada kinerja otak, terutama pada memori. Namun, segelas kopi di pagi hari diketahui bisa membantu menjaga suasana hati tetap baik dan terhindar dari stres.

Berikut beberapa manfaat minum kopi sebelum kerja:

1.Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi penuh sangat dibutuhkan saat menyelesaikan pekerjaan di kantor. Kejenuhan dan banyak faktor lain di luar kantor kadang membuat konsentrasi kamu menurun. Untuk meningkatkan konsentrasi, kamu membutuhkan secangkir kopi.

Pekerjaan yang melibatkan pikiran seperti creative planner, pengarang, dan pelajar tentunya membutuhkan secangkir kopi untuk menuntaskan tugas. 

Ketika konsentrasi mulai menurun, sementara pekerjaanmu masih banyak, ada baiknya kamu mengambil secangkir kopi favorit. Konsentrasimu pun diharapkan mampu meningkat kembali. 

2.Menahan Kantuk

Agar tetap terjaga saat deadline, tentunya kamu membutuhkan stamina. Salah satu cara menambah dan mempertahankan stamina bagi para pekerja yaitu dengan mengonsumsi kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu kamu tetap terjaga tanpa rasa kantuk.

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa mengonsumsi kopi, tentu akan merasakan kondisi tubuh yang sangat lemah setelah kafein masuk dalam tubuh. Maka sebaiknya, kamu perlu mencari kopi alami yang lebih aman untuk kesehatan.

3.Menjaga Stamina

Bekerja dengan kondisi yang lemas tentu tidak nyaman dialami, karena akan sangat terlihat dari penampilan. Kamu dapat mengatasinya dengan menikmati secangkir kopi dengan rasa dan aroma terbaik. Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan jumlah adrenalis dalam darah. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi kopi, kamu akan terlihat lebih bersemangat dengan stamina yang tetap terjaga.

4.Mengurangi Rasa Sakit

Bagi mereka yang bekerja di lapangan dengan mengandalkan kekuatan fisik, biasanya akan terasa sedikit sakit atau pegal-pegal setelah selesai bekerja. Untuk mengurangi rasa sakit, kamu dapat mengonsumsi kopi.

Dua gelas kopi ternyata mampu menghilangkan rasa sakit pada otot tubuh sebanyak 40 persen. Maka tidak heran jika para pekerja lapangan membutuhkan jumlah kopi yang lebih banyak dibandingkan mereka yang hanya duduk saat bekerja.

5.Mengurangi Risiko Encok

Rasa encok pada tubuh biasanya terjadi ketika duduk terlalu lama saat bekerja atau bekerja dengan mengandalkan fisik di lapangan. Untuk mengurangi risiko encok, dianjurkan untuk mengonsumsi kopi. 

Sebuah penelitian terhadap 50 ribu orang pria di dunia yang mengalami encok menemukan bahwa, bagi mereka yang mengonsumsi kopi, angka pengurangan risiko encok lebih besar daripada yang tidak mengonsumsi kopi. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih jantung untuk membuktikan hal tersebut. 

Baca juga: Adakah Dampak Negatif Terlalu Sering Minum Kopi?

6.Mencegah Stres

Minum kopi sebelum kerja saat deadline sedang banyak-banyaknya, bisa membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Pasalnya, kopi memiliki kandungan antidepresan serta bisa menjaga mood alias suasana hati lebih seimbang. Stres tidak hanya akan mengganggu konsentrasi kerja, tapi juga aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas. Selain itu stres bisa berdampak dalam jangka panjang, termasuk memicu depresi yang berujung pada penurunan kualitas hidup pengidapnya. 

Tetap Batasi Asupan Kopi

Meskipun minum kopi sebelum bekerja memiliki banyak manfaat, tetap ada batasan umum yang perlu dipatuhi dalam meminum kopi. Batas aman konsumsi kopi bagi orang dewasa adalah sekitar 3 hingga 4 cangkir setiap harinya. Jumlah ini merupakan kisaran dari batasan kadar kafein harian sebesar 300–400 miligram. 

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mendatangkan berbagai dampak negatif bagi tubuh, seperti insomnia, inkontinensia urine, meningkatnya tekanan darah, gangguan menstruasi, dan risiko asam urat.

Bahkan, kelebihan kafein dalam jangka panjang dapat memunculkan sejumlah permasalahan kesehatan serius, seperti masalah lambung, terganggunya sistem kardiovaskular, kerusakan tulang, gangguan daya ingat, dan meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan jumlah asupan kopi harian dan imbangi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Baca juga: Sulit Konsentrasi, Ini 6 Tanda Kecanduan Kopi

Nah, itulah yang perlu diketahui tentang manfaat minum kopi sebelum bekerja. Jadi, jika hari ini kamu akan deadline, segeralah ambil secangkir kopi. Kamu bisa juga mendapatkan stamina dari minuman atau makanan lain. 

Jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu berkaitan dengan kopi, coba diskusikan minuman atau makanan apa yang cocok untuk meningkatkan stamina bekerja pada dokter di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga. Kamu bisa bertanya kapan saja dan di mana saja hanya dengan Chat dan Voice Call/ Video Call.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Healthline.Diakses pada 2021. GERD and Caffeine: Are Coffee and Tea Off Limits?
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science.