• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Banyak Manfaat, Ini 4 Alasan Harus Rutin Donor Darah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Banyak Manfaat, Ini 4 Alasan Harus Rutin Donor Darah

Banyak Manfaat, Ini 4 Alasan Harus Rutin Donor Darah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Mei 2022

Donor darah adalah kegiatan mulia yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat donor darah adalah menjaga kesehatan organ jantung.

Banyak Manfaat, Ini 4 Alasan Harus Rutin Donor Darah

Halodoc, Jakarta – Hari Palang Merah Internasional diperingati pada tanggal 8 Mei setiap tahunnya. Palang merah merupakan sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1863 dengan misi kemanusiaan. Di tingkat internasional, organisasi ini dikenal dengan nama International Committee of the Red Cross, sedangkan di Indonesia disebut Palang Merah Indonesia (PMI). 

Salah satu kegiatan kemanusiaan yang populer di PMI adalah donor darah. Kegiatan mulia ini bisa membantu banyak orang, melalui darah yang didonorkan. Tidak hanya itu, rutin melakukan donor darah ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi pemberi darah.

Manfaat Donor Darah yang Sayang Dilewatkan 

Selain bisa membantu manusia lain, rutin melakukan donor darah ternyata juga bisa memberi banyak manfaat yang luar biasa. Salah satunya adalah mengetahui kondisi tubuh dan mendeteksi penyakit. 

Sebab, sebelum donor darah dilakukan, kamu wajib mengikuti screening kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh dan memastikan seluruh syarat untuk menjadi pendonor terpenuhi. 

Screening meliputi beberapa jenis pemeriksaan, seperti berat badan, tekanan darah, HB, dan pengambilan sampel untuk diperiksa di laboratorium. Selain itu, ada beberapa manfaat donor darah lain yang juga bisa didapatkan, seperti: 

Baik untuk Kesehatan Jantung 

Rutin donor darah ternyata bisa memberi manfaat sehat untuk jantung serta sirkulasi darah. Donor darah yang dilakukan secara berkala bisa membuat aliran tubuh di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Hal ini juga membantu organ jantung berdetak dengan lebih teratur dan stabil. 

Mengontrol Kolesterol 

Donor darah juga disebut membuat kadar kolesterol lebih terkontrol. Menyumbangkan darah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat alias LDL. Dengan begitu, risiko kolesterol tinggi pemicu penyakit berbahaya bisa dihindari. 

Produksi Sel Darah Merah Meningkat

Bagaimana donor darah membuat produksi sel darah merah justru meningkat? Saat mengeluarkan darah, sel-sel darah merah yang ada di dalam tubuh akan berkurang.

Nah, untuk menggantikannya, sumsum tulang akan menghasilkan sel darah merah yang baru. Sel darah merah serta hemoglobin yang baru diproduksi tubuh juga lebih sehat. 

Menjaga Kesehatan Mental 

Selain manfaat fisik, donor darah ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Donor adalah sebuah kegiatan sosial yang tujuannya membantu manusia lain. Di sinilah manfaat kesehatan mental akan terasa. Ketika membantu orang lain, akan muncul perasaan-perasaan tertentu yang berkaitan dengan mentalitas. 

Beberapa hal yang bisa terjadi setelah menolong orang lain adalah: 

  • Mengurangi stres
  • Kondisi emosional lebih stabil 
  • Membantu menyingkirkan perasaan negatif
  • Merasa lebih bahagia dan tidak terisolasi, karena bisa membawa manfaat bagi orang lain. 

Selain hal-hal di atas, faktanya masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari rutin donor darah. Sebab, satu tetes darah untuk orang yang membutuhkan bisa berarti segalanya. Selain hari Palang Merah Internasional, ada juga perayaan hari donor darah sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juli setiap tahunnya, sesuai dengan penetapan dari WHO. 

Sudah siap untuk donor darah, tapi masih ragu? Tanyakan lebih lanjut seputar manfaat donor darah pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami dan dapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
World Health Organization. Diakses pada 2022. World Blood Donor Day.
NHS Blood and Transplant UK. Diakses pada 2022. How your body replaces blood.
Healthline. Diakses pada 2022. The Benefits of Donating Blood. 
International Committee of the Red Cross- who we are.