• Home
  • /
  • Baru Hamil, Ketahui 4 Tipe Bumil Ini

Baru Hamil, Ketahui 4 Tipe Bumil Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Baru Hamil, Ketahui 4 Tipe Bumil Ini

Halodoc, Jakarta – Kehamilan adalah pengalaman yang unik dan dapat memunculkan sisi-sisi diri seseorang yang tidak pernah ada sebelumnya. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Mayo Clinic, kehamilan bisa membuat seseorang merasakan kemurungan secara tiba-tiba.

Perubahan mood drastis ini tidak lain karena peningkatan hormon di dalam tubuh bumil, sehingga tanda disadari atau tidak bisa membuat bumil menjadi sangat emosional. Perubahan emosional inilah yang membuat masing-masing bumil punya pengalaman personal yang membedakan antara satu bumil dengan bumil lainnya. Informasi selengkapnya bisa di baca di bawah ini!

Perubahan Selama Kehamilan

Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan bumil merasakan hal-hal yang tidak dirasakan sebelumnya. Selain sangat emosional, sensasi kembung mirip awal periode menstruasi bisa menjadi gejala yang sangat mengganggu.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

Perubahan hormon selama kehamilan juga dapat membuat bumil jadi lebih sensitif terhadap bau-bauan tertentu. Peningkatan kadar hormon dan produksi darah dapat menyebabkan selaput lendir di hidung membengkak, mengering dan berdarah dengan mudah. Ini mungkin mengakibatkan bumil mengalami hidung tersumbat atau berair.

Tadi sudah disinggung kalau perubahan selama kehamilan tak ubahnya membuat bumil menjadi orang berbeda. Berikut tipe-tipe bumil berdasarkan kebiasaan yang dilakukan selama kehamilan. 

  1. Tukang Belanja

Bisa jadi di masa-masa sebelumnya bumil tidak senang belanja, tetapi kehamilan memberikan perubahan signifikan membuat bumil jadi gemar belanja. Mendadak bumil jadi senang mengenakan pakaian serba matching. Belanja pakaian bumil dan bayi menjadi sebuah keharusan. Kombinasi pakaian dan aksesori yang tepat juga dibutuhkan.

  1. Menjadi Tergantung dengan Orang Lain

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kehamilan memberi dampak perubahan-perubahan. Bumil bisa jadi lebih bergantung kepada orang lain. Bisa dengan keluarga atau suaminya. 

Kemalasan mendadak begitu sangat menerpa, bahkan untuk mengambil remote control di ujung meja saja rasanya males banget. Bila bumi termasuk tipe yang demikian, ada baiknya bumil menjelaskan kepada pasangan kalau kondisi membuat bumil terpaksa membatasi gerak. Atau kalau situasi tidak memungkinkan bumil untuk bermanja ria, bumil bisa mengondisikan segala sesuatunya menjadi lebih mudah terjangkau.

Baca juga: Makanan Penambah Darah yang Baik untuk Ibu Hamil

  1. Sibuk dan Super Sibuk

Ada tipikal kehamilan yang memberikan sensasi malas, tetapi ada juga kehamilan yang membuat bumil tidak bisa diam—sibuk terus bekerja. Bumil tipe ini tidak akan berhenti bekerja sampai air ketubannya pecah.

Buat bumil yang mengalami kondisi ini, ada baiknya ibu sedikit mengerem semangat 45 tersebut. Tetaplah mengutamakan kesehatan ketimbang kesibukan. Jangan sampai kesibukan yang tetap bumil jalani malah mengganggu kesehatan janin dan ibu sendiri.

  1. Keranjingan Media Sosial

Bawaan ibu hamil memang berbeda-beda, salah satunya adalah keranjingan media sosial. Ada saja bumil yang tidak lepas dari mem-posting suatu aktivitas apapun yang terjadi selama kehamilan. Ini bukan berarti Si Ibu merasa penting banget orang-orang tahu jadwal kegiatannya ya.

Bisa jadi keranjingan media sosial ini sebagai bentuk kebahagiaan bumil, sehingga cara mengekspresikannya adalah dengan membagi kebahagiaan tersebut dalam bentuk digital. Tentu saja tidak ada larangan dalam hal pengekspresian diri, tetapi penting juga diketahui kalau terlalu sering membagi hal-hal pribadi bisa jadi berdampak pada psikologis dan privasi bumil.

Apapun pengalaman personal yang bumil alami selama kehamilan, pastikan bumil tetap mendapatkan rekomendasi dan tips kesehatan yang akurat. Masih bingung soal kehamilan pertama, tanyakan saja langsung di Halodoc.  

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Getting Pregnant.
The Things.com. Diakses pada 2020. 10 Types of Pregnant Women You'll Meet.