• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Batuk Berdahak pada Lansia, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Batuk Berdahak pada Lansia, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
 Batuk Berdahak pada Lansia, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Halodoc, Jakarta - Orang lanjut usia atau lansia merupakan kelompok yang rentan mengalami batuk kronis, salah satu jenisnya batuk berdahak. Dahak adalah sejenis lendir yang diproduksi di paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Area ini terlihat ketika seseorang sakit parah atau memiliki kondisi kesehatan yang kronis. 




Lendir membentuk lapisan pelindung di bagian tubuh tertentu, bahkan ketika seseorang dalam keadaan sehat. Lendir juga menjaga area tersebut agar tidak mengering dan mempertahankan diri dari serangan virus dan bakteri. Batuk berdahak tentu terasa tidak nyaman, terlebih pada lansia yang rentan. Perlu cara untuk mengatasi batuk berdahak pada lansia. 

Baca Juga: 7 Jenis Batuk yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada Lansia

Kehadiran dahak bisa membuat lansia tidak nyaman. Perlu cara untuk mengencerkannya atau mengeluarkannya dari tubuh. Beberapa upaya yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Melembapkan Udara Di Sekitar

Melembapkan udara di sekitar lansia bisa membantu mengencerkan lendir. Gunakan alat humidifier sepanjang hari untuk melembapkan udara. Hanya saja pastikan untuk selalu mengganti air di humidifier dan membersihkan pelembap sesuai dengan petunjuk kemasan. 

2. Pastikan Lansia Mendapat Cukup Cairan

Minum cukup cairan, terutama yang hangat, bisa melancarkan aliran lendir. Air bisa melonggarkan hidung tersumbat dengan mengeluarkan lendir. Cobalah menyesap cairan apa saja, mulai dari jus, kaldu bening, air lemon hangat, hingga sup. Pilihan cairan ini juga bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

3. Konsumsi Bahan Makanan yang Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemon, jahe, dan bawang putih. Bahan-bahan ini bisa membantu mengatasi pilek, batuk, dan dahak berlebih.

Berikut ini bahan makanan yang bisa mencegah atau mengatasi batuk berdahak:

  • Ginseng;
  • Beri;
  • Delima;
  • Jambu biji.

Baca juga: Batuk Terus? Waspada Kanker Paru-Paru

4. Gunakan Minyak Kayu Putih

Menggunakan minyak esensial kayu putih bisa mengatasi batuk berdahak. Minyak kayu putih bekerja dengan membantu mengencerkan dahak sehingga kamu bisa lebih mudah batuk.

Pada saat yang sama, jika batuk mengganggu, minyak kayu putih bisa meredakannya. Gunakan minyak kayu putih dengan cara menghirup uap dengan menggunakan diffuser atau oleskan pada area tubuh tertentu. 

5. Obat

Ada obat-obatan yang dijual bebas yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi batuk berdahak. Misalnya dekongestan, yang bisa mengurangi lendir yang mengalir dari hidung atau kerongkongan. Jika obat yang dijual bebas tidak meredakan gejala, maka saatnya bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc

Terutama jika terdapat kondisi atau infeksi tertentu, dokter mungkin meresepkan obat untuk mengobati penyebab dasar batuk berdahak. Ada obat khusus yang bisa mengencerkan lendir jika memiliki kondisi paru-paru kronis, seperti fibrosis kistik. 

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Begini Cara Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Saline hipertonik adalah pengobatan yang dihirup melalui nebulizer. Obat ini bekerja dengan meningkatkan jumlah garam di saluran udara. Hanya saja perawatan ini hanya memberikan bantuan sementara dan bisa menyebabkan beberapa efek samping, seperti batuk, sakit tenggorokan, atau sesak dada. Kamu bisa beli obat yang dijual bebas ataupun obat resep melalui aplikasi Halodoc

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi gejala batuk berdahak, seperti:

  • Hindari makanan berminyak, pedas, dan berlemak.
  • Hindari minuman bersoda dan dingin.
  • Hindari aktivitas berat.
  • Perbanyak konsumsi air putih.

Jika keluhan semakin bertambah, seperti batuk berdahak semakin sering, sesak nafas, nyeri dada, segeralah bawa anggota keluarga atau kerabat yang sudah lansia ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terkait keluhan yang ditimbulkan. Bila perlu dilakukan pemeriksaan tambahan seperti rontgen dada, rekam jantung, dan pemeriksaan dahak. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Home remedies for phlegm and mucus
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Ways to Get Rid of Phlegm: Home Remedies, Antibiotics, and More