Batuk Terus Saat Puasa, Atasi dengan 6 Tips Ini

Batuk Terus Saat  Puasa, Atasi dengan 6 Tips Ini

Halodoc, Jakarta - Ibadah puasa yang dijalani selama satu bulan penuh dapat berjalan lancar jika memiliki kondisi kesehatan yang baik. Alasannya, masalah kesehatan sedikit bisa memengaruhi kelancaran puasa. Bahkan saat terserang batuk, dibutuhkan penanganan khusus agar tenggorokan tetap terasa nyaman. Batuk bukan sebuah penyakit, melainkan mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari benda asing, seperti debu, asap rokok, atau polusi. Nah, jika kamu mengalami batuk saat puasa, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya!

Baca Juga: Cara Agar Badan Tetap Bugar Saat Puasa

  • Perbanyak Minum Air Putih Saat Berbuka dan Sahur

Salah satu cara utama yang wajib dilakukan saat mengalami batuk saat puasa adalah dengan minum banyak air terutama air hangat di kala sahur dan berbuka. Air hangat mampu membantu mengencerkan lendir dan melegakan tenggorokan. Jadi, hal ini mengurangi rasa tidak nyaman selama menjalani puasa. Selain itu, kamu wajib mengurangi minuman yang mengandung kafein supaya gejala batuk bisa cepat reda.

  • Kurangi Makan Gorengan

Selama bulan Ramadhan, tidak bisa dipungkiri gorengan adalah makanan yang cukup jadi favorit banyak orang. Terlebih saat waktunya berbuka, banyak pedagang yang menjajakan aneka gorengan yang membuat kita tergoda. Tapi saat kamu mengalami batuk saat puasa, sebaiknya mengurangi atau menghentikan terlebih dahulu makan gorengan ini. Hal ini karena gorengan memicu produksi lendir berlebih di tenggorokan. Selain itu, makanan yang digoreng terlalu keras bisa melukai tenggorokan yang membuat kamu terserang radang tenggorokan.

  • Minum Obat Saat Sahur dan Berbuka

Jika batuk saat puasa, kamu wajib untuk mengonsumsi obat saat sahur dan berbuka. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan. Dengan mengonsumsi obat yang tepat, batuk saat puasa bisa sembuh dan tidak bertambah buruk.

Baca Juga: 4 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

  • Istirahat Cukup

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan, satu lagi hal yang penting dilakukan untuk mendukung penyembuhan sakit adalah istirahat. Tidur atau istirahat yang cukup membantu tubuh mengumpulkan energi untuk melawan infeksi. Fungsi tubuhmu berada di titik terendah saat tidur sehingga sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan optimal selama kamu tidur.

  • Sahur dan Berbuka dengan Makanan Bergizi

Saat menjalani ibadah puasa, wajib memerhatikan menu makanan saat berbuka dan sahur. Konsumsilah makanan yang dapat membantu kamu lebih cepat sembuh dari batuk. Misalnya adalah buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Saat batuk, tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C (seperti dari buah jeruk, mangga, dan pepaya) guna meningkatkan kekebalan tubuh. Asupan tinggi protein dan kalori dibutuhkan untuk membantu tubuh melawan infeksi.

  • Gunakan Masker Saat Berada di Luar Ruangan

Debu dan kotoran yang masuk ke saluran hidung dan tenggorokan bisa membuat gejala batuk semakin parah. Oleh karena itu, untuk meringankan gejala kamu wajib menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Batuk Rejan Kambuh

Punya keluhan batuk saat puasa yang cukup mengganggu? Segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan dan saran yang tepat. Kamu bisa bertanya langsung kepada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!