• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bawang Putih Bisa Menghilangkan Kutu Rambut, Ini Caranya

Bawang Putih Bisa Menghilangkan Kutu Rambut, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Memiliki rambut berkutu bukan hanya merasa tidak nyaman karena rasa gatalnya, tetapi juga dapat menciptakan sensasi rasa panas di kulit kepala. Hal yang pasti dialami adalah, hilangnya rasa tidak percaya diri saat melakukan aktivitas. Sebenarnya, rasa gatal yang dialami bukan berasal dari kutu rambut yang menggigit kulit kepala.

Rasa gatal muncul akibat reaksi alergi kulit kepala terhadap parasit tersebut. Kutu rambut adalah parasit menular yang dapat ditularkan melalui kontak langsung. Caranya adalah saat rambut dengan rambut saling bersentuhan. Hal tersebut dapat membuat kutu merayap dan berpindah tempat. Bukan hanya kontak langsung saja, penularan juga bisa terjadi akibat adanya kontak tidak langsung.

Kontak tidak langsung biasanya terjadi saat kamu meminjam barang, seperti sisir, handuk, bantal, atau barang lain yang telah terkontaminasi telur atau kutu rambut. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut, salah satunya dengan menggunakan bawang putih. Bagaimana cara mengatasi kutu rambut dengan bawang putih? Begini cara selengkapnya.

Baca juga: Ini Bahayanya Kutu Rambut yang Tidak Segera Dibasmi

Mengatasi Kutu Rambut dengan Bawang Putih

Jika kamu belum mengetahui, aroma bawang putih yang menyengat bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir dan melenyapkan kutu rambut. Begini cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang putih:

  1. Haluskan 10 siung bawang putih.
  2. Campurkan bawang halus dengan 3 sendok teh air jeruk nipis.
  3. Oleskan pada kulit kepala hingga merata.
  4. Pakai tutup kepala dan biarkan selama 30 menit.
  5. Bilas rambut hingga bersih.

Begitulah cara mengatasi kutu rambut dengan menggunakan bawang putih. Namun, bukan hanya bawang putih saja bahan alami yang mampu mengatasi kutu rambut. Berikut sejumlah bahan alami lainnya yang mampu mengusir rambut dari kulit kepala.

Baca juga: Si Kecil Kena Kutu Rambut, Ini Cara Mengobatinya

Bahan Alami Lain untuk Mengatasi Kutu Rambut 

Jika kamu adalah satu satu orang yang memiliki kutu rambut, jangan terburu-buru menentukan pilihan untuk mencukur habis rambut di kepalamu, ya. Selain menggunakan bawang putih, kamu juga bisa memakai sejumlah bahan alami berikut ini guna mengatasi kutu rambut:

1.Bawang Merah

Menghilangkan kutu dengan bawang merah dapat dilakukan dengan menghaluskannya terlebih dulu. Kemudian, campurkan dengan minyak zaitun atau minyak kemiri. Aplikasikan bahan tersebut di kulit kepala. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

2.Minyak Zaitun

Minyak zaitun bukan hanya baik bagi kecantikan wajah saja, tetapi juga ampuh dalam mengusir kutu rambut. Caranya dengan keramas terlebih dulu dan keringkan rambut. Kemudian, oleskan minyak zaitun dan pijat dengan lembut. Diamkan semalaman, lalu bilas dengan bersih keesokan harinya.

3.Air Perasan Jeruk Lemon

Air lemon mengandung vitamin C yang dapat mengusir kutu rambut dari kulit kepala. Kandungan asam di dalamnya dapat memaksimalkan proses pengusiran kutu. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa memeras 2 buah lemon. Tambahkan air sebanyak 100 mililiter. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit kepala, diamkan selama 40 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

Baca juga: Ini 3 Alasan Kutu Rambut Menular

Sebenarnya, selain menggunakan bahan alami, orang-orang banyak yang menggunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu. Sisir ini memiliki jarak yang sangat rapat antar gigi-giginya. Caranya dapat dilakukan dengan membasahi rambut terlebih dulu. Dalam keadaan basah kutu akan sulit untuk bergerak, sehingga mudah terperangkap dalam serit.

Jika sejumlah langkah tersebut tidak dapat menghilangkan kutu, kamu dapat meminta bantuan dokter di aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah lainnya. Jangan anggap sepele, ya. Pasalnya, rasa gatal yang ditimbulkan amat sangat membuat kamu menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas.

Referensi:
Bright Sight. Diakses pada 2020. I Suffered From Head Lice Until I Discovered Home Remedies That Really Worked.
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies for Head Lice: What Works?