• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bawang Putih Bisa Obati Sakit Gigi, Benarkah?

Bawang Putih Bisa Obati Sakit Gigi, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Sakit gigi adalah masalah yang cukup umum terjadi. Setidaknya setiap orang pasti pernah mengalaminya. Sakit gigi dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk gigi berlubang, gusi yang terinfeksi, kerusakan gigi, kebiasaan menggemeretakkan gigi, atau penggunaan flossing yang terlalu kasar. Apa pun penyebabnya, saat sakit gigi menyerang, kamu pasti ingin segera sembuh. 

Saat sakit gigi, memang sebaiknya kamu segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan dan melakukan perawatan tepat. Namun, ada juga pengobatan rumahan yang mungkin bisa membantu meringankan rasa sakit saat kamu menunggu pemeriksaan dari dokter. Salah satunya yang paling sering dilakukan adalah bawang putih.

Baca juga: Benarkah Bawang Putih Dapat Membersihkan Paru-Paru?

Bawang Putih untuk Meredakan Sakit Gigi 

Sebagian besar orang mengenal bawang putih sebagai makanan pokok dalam masakan. Namun, bawang putih juga telah teruji kualitasnya sebagai bahan untuk pengobatan alternatif selama berabad-abad. Ini karena bawang putih mengandung salah satu senyawa paling terkenal, yakni allicin. Senyawa ini bersifat antibakteri dan antimikroba. 

Oleh karena itu, bawang putih diyakini bisa membantu membunuh beberapa bakteri yang terkait dengan sakit gigi. Namun, allicin ini hanya ditemukan dalam bawang putih segar yang telah dihancurkan atau dipotong.

Meski beberapa penelitian telah membuktikan keefektifan bawang putih untuk atasi sakit gigi, kamu juga perlu waspada. Ada beberapa potensi efek samping dari mengonsumsi bawang putih mentah, antara lain: 

  • Perut kembung.
  • Bau mulut.
  • Bau badan.
  • Sakit perut.
  • Memicu maag.
  • Sensasi terbakar di mulut.
  • Refluks asam.
  • Reaksi alergi.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik untuk mengatasi sakit gigi langsung dengan dokter. Kamu juga bisa lho memeriksakannya terlebih dahulu dengan dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan berbagai saran untuk meredakan sakit gigi. 

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Bawang Putih

Cara Alami Lainnya untuk Mengatasi Sakit Gigi

Tak hanya bawang putih, ada beberapa metode alami sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk atasi sakit gigi. Beberapa caranya antara lain:

  • Berkumur Air Garam. Bagi banyak orang, bilasan air garam adalah pengobatan lini pertama yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut. Coba campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.
  • Berkumur Hidrogen Peroksida. Hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah. Pastikan kamu mengencerkan hidrogen peroksida dengan benar. Untuk melakukan ini, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air bagian yang sama dan gunakan sebagai obat kumur, dan ingat untuk tidak menelannya.
  • Kompres Dingin. Kamu dapat menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit gigi, terutama jika ada jenis trauma yang menyebabkan sakit gigi. Kompres dingin akan menyebabkan pembuluh darah di area tersebut mengerut. Ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah. Selain itu, kompres dingin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.
  • Kantung Teh Peppermint. Bahan ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. Untuk melakukannya, biarkan kantung teh bekas menjadi dingin sebelum mengaplikasikannya ke area yang sakit. 
  • Daun Jambu Biji. Daun jambu biji memiliki khasiat antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Mereka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Untuk menggunakan daun biji, kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang telah dihancurkan ke air mendidih untuk menjadikannya obat kumur.

Baca juga: Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah 

Namun ingat, pengobatan terbaik adalah dengan memeriksakan ke dokter. Jadi, yuk manfaatkan fitur chat di Halodoc untuk mendapatkan pertolongan cepat dan tepat saat alami sakit gigi. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can Garlic Treat the Pain from Toothaches?
Healthline. Diakses pada 2020. Home and Natural Remedies for Toothache Pain.
WebMD. Diakses pada 2020. Toothache Home Remedies: What Works and What Hurts.