• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bayi Alami Kembung, Ibu Lakukan 5 Hal Ini

Bayi Alami Kembung, Ibu Lakukan 5 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Meski bayi memiliki perut yang kecil, tetapi ia juga bisa mengalami perut kembung, lho. Kondisi ini merupakan hal yang biasa bagi bayi untuk mengeluarkan gas 1321 kali dalam sehari. Pasalnya, bayi memang memiliki banyak peluang untuk menelan udara, seperti saat mereka menyusu ASI melalui payudara ibu, menyusu melalui botol, dan menangis. 

Baca juga: Perkembangan Bayi 16 Bulan

Tentunya, kondisi ini akan menyebabkan bayi merasa tidak nyaman sehingga kerap menjadi lebih rewel dibandingkan kondisi biasanya. Nah, tidak ada salahnya ibu ketahui beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan tepat dalam artikel ini!

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Bukan hanya ibu yang perlu beradaptasi dengan kondisi baru. Nyatanya, bayi pun melakukan hal serupa dengan kehidupan barunya. Umumnya, bayi akan terus menangis jika merasa tidak nyaman, tetapi sebaiknya perhatikan tanda-tanda bayi rewel akibat perut kembung.

Selain menjadi lebih rewel, bayi yang mengalami perut kembung akan terlihat lebih sering menggeliat, mengangkat kaki hingga ke dada, mengalami penurunan nafsu makan, dan terlihat tidak nyaman sepanjang hari. Kondisi ini juga akan disertai dengan kesulitan tidur pada bayi.

Lalu, apa penyebab perut kembung pada bayi? Kondisi ini bisa dipicu akibat bayi menelan udara terlalu banyak saat minum susu ataupun menangis. Selain itu, mengalami kondisi intoleransi makanan atau minuman tertentu juga bisa menyebabkan anak mengalami perut kembung.

Segera periksakan kondisi bayi jika gejala perut kembung disertai dengan diare, ruam pada kulit, munculnya darah pada feses, hingga berat badan yang tidak meningkat.

Baca juga: Newborn, Waspada Sindrom 4 Bulan pada Bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Meskipun kondisi ini cukup normal dialami bayi, tetapi tidak ada salahnya lakukan beberapa cara tepat mengatasi perut kembung pada bayi. Dengan begitu, bayi akan merasa lebih nyaman.

1. Periksa Posisi Menyusui

Ketika ibu menyusui bayi langsung ke payudara atau melalui botol, cobalah untuk menjaga agar kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Dengan begitu, susu akan turun ke dasar perut dan udara naik ke atas, dan bayi akan lebih mudah untuk bersendawa. Bila perlu, gunakan bantal menyusui untuk menyangga kepala bayi. 

2. Buat Bayi Bersendawa

Salah satu cara termudah untuk mengatasi sakit perut akibat kembung pada bayi adalah dengan sendawa. Bayi perlu bersendawa selama dan setelah menyusui. Jika bayi tidak langsung bersendawa sesaat setelah menyusui, coba baringkan dalam posisi telentang selama beberapa menit. Coba beberapa kali hingga bayi bersendawa. 

3. Ganti Peralatan Menyusui

Jika ibu terbiasa memberi susu dengan botol, cobalah untuk mengganti peralatannya. Ibu bisa berganti menyusui bayi dengan puting yang memiliki aliran lebih lambat. 

4. Berikan Pijatan Lembut

Pijat bayi dengan lembut pada perut mungilnya untuk membantu mengeluarkan gas. Setidaknya ini dapat membantu perutnya merasa lebih baik. Gerakkan kaki bayi ke depan dan ke belakang (seperti gerakan mengayuh sepeda) saat ia telentang. 

Ibu juga bisa meletakkan bayi dengan posisi tengkurap, kemudian gosok punggungnya. Ini juga dapat membantu melepaskan tekanan gas. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu mengeluarkan gas di perut bayi. 

5. Tummy Time

Membiarkan bayi tengkurap dapat memberikan tekanan ekstra pada perut bayi. Cara ini juga dapat membantu bayi mengeluarkan sebagian gas di perutnya. 

Baca juga: Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Usia 4–6 bulan

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang tepat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan anak dengan download Halodoc agar ibu dapat bertanya langsung pada dokter anak setiap keluhan kesehatan yang dialami oleh anak kapan saja dan dimana saja!

 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Infant Gas: How to Prevent and Treat It.
Baby Center. Diakses pada 2021. Gassy tummy.
What to Expect. Diakses pada 2021. Have a Gassy Baby? What to Know About Infant Gas Symptoms, Remedies, and Causes.
Healthline. Diakses pada 2021. Baby Gas: Relief and Prevention.
Parents. Diakses pada 2021. Signs Your Baby Has Gas and How to Treat It.