• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bayi Sariawan, Ini Cara Mudah Mengobatinya

Bayi Sariawan, Ini Cara Mudah Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sariawan adalah gangguan yang terjadi pada mulut dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat makan atau minum. Penyakit ini ternyata bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa, bayi pun dapat mengalaminya. Sariawan pada bayi ini dapat ditandai dengan anak yang menjadi lebih rewel dan menolak setiap diberikan susu.

Gangguan ini disebabkan oleh jamur yang menetap di mulut dan menyebabkan infeksi, sehingga terjadilah sariawan. Hal ini dapat dideteksi dengan melihat apabila terdapat bintik putih di dalam mulutnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang ampuh untuk mengobati sariawan pada bayi.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan pada Bayi

Cara Mengobati Sariawan pada Bayi

Sariawan adalah infeksi yang terjadi pada mulut dan juga dapat menyerang bayi. Gangguan ini disebabkan oleh jamur dengan jenis Candida albicans yang dapat sangat mengganggu. Faktanya, jamur tersebut banyak terdapat di berbagai bagian tubuh dan tidak menimbulkan gejala. Namun jika jumlahnya banyak, kekebalan tubuh sulit mengatasinya, sehingga menimbulkan infeksi.

Bayi yang baru lahir dapat mengalami gejala sariawan atau tidak lama setelahnya. Selain itu, sariawan juga dapat terjadi ketika bayi menginjak usia beberapa minggu hingga bulan pertama. Selain itu, jika puting susu ibunya mengalami infeksi, bayi yang menyusu juga dapat tertular.

Sariawan juga lebih berisiko terjadi pada bayi disebabkan sistem kekebalan tubuhnya yang masih lemah. Gangguan ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit, sehingga bayi kerap menangis. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara mengobati sariawan pada bayi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Memberikan Kandungan Probiotik

Salah satu cara untuk mengobati sariawan pada bayi adalah dengan memberikannya minuman yang mengandung probiotik seperti yogurt. Jika anak ibu terlalu kecil, cobalah untuk bertanya pada dokter jenis yang aman digunakan. Selain itu, cobalah untuk mengoleskan probiotik pada puting saat memberikan susu pada anak. Kandungan ini dipercaya dapat menghilangkan infeksi yang disebabkan oleh jamur tersebut.

Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Sariawan pada Anak

  1. Mengoleskan Minyak Kelapa

Dengan mengoleskan minyak kelapa pada area yang mengalami sariawan dipercaya ampuh untuk mengobati sariawan yang terjadi pada bayi. Minyak kelapa mengandung asam kaprilat yang dapat menghentikan jamur berkembang biak sehingga sariawan mampu diatasi. Selain itu, ibu juga dapat menerapkan cara sebelumnya yaitu dengan mengoleskan ke puting sebelum menyusui anak.

  1. Berikan Cairan yang Cukup

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk mengobati sariawan pada bayi adalah memastikan jika anak ibu mendapatkan cairan yang cukup. Saat sariawan, bayi akan lebih rewel dan sulit untuk makan, maka dari itu penting sekali untuk menjaga asupan cairan pada tubuhnya. Dengan begitu, gizi anak ibu tetap terjaga hingga sariawan yang terjadi sembuh.

  1. Mengurangi Asupan Gula

Salah satu cara sang ibu mengurangi gangguan sariawan pada anak adalah dengan mengurangi asupan gula pada konsumsi makanan. Ibu yang terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat memperburuk gejala sariawan pada anak sehingga gangguan infeksi tersebut lebih sulit disembuhkan. Maka dari itu, penting untuk melakukan hal tersebut untuk kebaikan anak ibu sendiri.

Dengan melakukan beberapa hal tersebut, diharapkan ampuh untuk mengobati sariawan yang menyerang bayi. Sehingga, gangguan tersebut tidak berlarut-larut terjadi dan nafsu makan anak kembali. Jangan sampai anak ibu kekurangan asupan makanan yang berdampak buruk bagi gizi di tubuhnya.

Baca juga: Sariawan pada Bayi yang Baru Lahir, Berbahayakah?

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara lainnya yang dapat ampuh untuk mengobati sariawan pada bayi. Caranya mudah, ibu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapat kemudahan akses kesehatan!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What happens when babies get oral thrush?
Mama Natural. Diakses pada 2020. Thrush in Babies: Natural Remedies that Work.