Bayi Tya Ariestya Alami ISK, Ketahui Gejalanya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bayi Tya Ariestya Alami ISK, Ketahui Gejalanya

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya orang dewasa, penyakit infeksi saluran kemih atau ISK dapat dialami oleh bayi. Seperti yang dialami putra kedua dari Tya Ariestya yang bernama Kalundra. Kondisi ini membuat bayi yang lahir pada 30 April 2019 harus menjalani proses sirkumsisi atau dikenal dengan istilah sunat.

Baca juga: 6 Kebiasaan Supaya Si Kecil Terhindar dari Infeksi Saluran Kemih

Tentu setiap orangtua menginginkan kondisi bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat. Namun, sebaiknya orangtua mengetahui gejala-gejala yang dialami oleh anak saat terkena infeksi saluran kemih, agar kondisi ini dapat diatasi dan tidak menimbulkan komplikasi pada kesehatan anak.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih terjadi ketika sistem kemih dalam tubuh mengalami infeksi, yang sebagian besar disebabkan bakteri E.coli. Ibu sebaiknya ketahui apa saja bagian tubuh yang termasuk di dalam sistem kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. 

ISK pada anak lebih umum terjadi pada anak wanita dibandingkan anak pria. Ketahui beberapa gejala yang dialami oleh anak dengan kondisi infeksi saluran kemih agar penanganan dapat segera dilakukan, yaitu:

  1. Anak dengan ISK lebih rentan alami demam;

  2. Biasanya anak mengeluh rasa sakit atau nyeri ketika buang air kecil. Jika kondisi ini terjadi pada bayi, kemungkinan terlihat rasa tidak nyaman saat bayi buang air kecil;

  3. Anak mengalami rasa nyeri pada bagian bawah perut;

  4. Frekuensi buang air kecil pada anak meningkat dengan jumlah air seni yang sedikit;

  5. Air seni anak berbau tidak sedap;

  6. Anak mengalami mual yang disertai muntah.

Ibu sebaiknya ketahui faktor yang meningkatkan risiko anak alami infeksi saluran kemih, seperti tidak menjaga kebersihan tangan setelah menggunakan toilet, faktor keturunan, dan riwayat penyakit ginjal. Tidak hanya itu, pada anak laki-laki yang beranjak dewasa dan belum disunat dapat tingkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Baca juga: Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Sampai Tuntas

Jangan ragu untuk periksakan kondisi kesehatan anak pada rumah sakit terdekat ketika anak mengeluhkan kondisi yang menunjukkan gejala infeksi saluran kemih pada kesehatan anak. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter secara online, caranya melalui aplikasi Halodoc saja, ya. Jika ditangani lebih cepat, maka kondisi ini dapat segera diatasi dan anak bisa beraktivitas kembali dengan sehat.

Benarkah Sunat Dapat Atasi Infeksi Saluran Kemih?

Ada beberapa manfaat dari sisi kesehatan yang dirasakan oleh anak laki-laki yang telah disunat, seperti memudahkan membersihkan penis dan mencegah berbagai penyakit yang menyerang kesehatan penis, salah satunya fimosis. Fimosis adalah gangguan kesehatan pada penis yang menyebabkan penumpukan kotoran pada kepala penis. Kondisi ini yang dapat meningkatkan risiko anak laki-laki mengalami infeksi saluran kemih.

Sebaiknya ibu ketahui beberapa pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi infeksi saluran kemih pada anak. Pemeriksaan urine dilakukan untuk memastikan kondisi ISK. Jika anak dipastikan mengalami ISK, maka dilakukan pengobatan menggunakan obat antibiotik jika ISK disebabkan oleh bakteri.

Baca juga: Sering Buang Air Kecil, Bisa Disebabkan 6 Penyakit Ini

Untuk mencegah ISK pada anak, pastikan anak selalu menjaga kebersihan tangan setelah menggunakan toilet dan ingatkan pada anak agar tidak menahan keinginan untuk buang air kecil. Jangan lupa untuk memberikan anak air putih secukupnya setiap hari agar infeksi saluran kemih segera membaik dan tidak menjadi kondisi yang parah atau komplikasi, seperti kerusakan ginjal. Lakukan pemeriksaan rutin agar infeksi saluran kemih yang dialami anak benar-benar dipastikan sudah sembuh. 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. If Your Child Gets a UTI
Kids Health. Diakses pada 2019. Urinary Tracts Infection (UTI)