• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Beda Dengan Anjing, Ini Alasan Kucing Menjulurkan Lidah

Beda Dengan Anjing, Ini Alasan Kucing Menjulurkan Lidah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Kucing cenderung melakukan segala macam hal aneh, yang lucu sekaligus membingungkan. Salah satunya adalah menjulurkan lidah tanpa alasan yang jelas. Jika anjing menjulurkan lidah untuk mengatur suhu tubuhnya dengan membuang panas yang berlebihan, apa alasan kucing melakukannya?

Ada banyak alasan mengapa kucing menjulurkan lidah. Beberapa di antaranya cukup sederhana dan alami. Namun, beberapa lainnya agak mengganggu karena mungkin menunjukkan masalah kesehatan yang tidak terdiagnosis. 

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

Berbagai Alasan Kucing Menjulurkan Lidah

Sebelum mulai panik bahwa ada yang salah dengan kucing kamu hanya karena ia sering menjulurkan lidah, ketahui beberapa kemungkinan alasannya berikut ini:

1.Mengotak-atik Rasa dan Tekstur

Kucing mungkin menjulurkan lidah karena sedang mengutak-atik rasa atau tekstur sesuatu yang menempel di mulutnya. Seperti yang diungkapkan Pam Johnson-Bennet, ahli perilaku kucing, bahwa kucing memiliki preferensi kuat tidak hanya pada rasa, tetapi juga tekstur. 

Kucing mungkin suka mengutak-atik beberapa helai rambut, sisa-sisa makanan, atau partikel benda asing di mulutnya. Ia mungkin menjulurkan lidahnya berulang kali atau mungkin membiarkannya keluar sebentar.

2.Rahang Mengendur

Ini adalah alasan umum lainnya bagi beberapa kucing untuk menjulurkan lidah, terutama saat mereka tidur. Ini juga bisa terjadi ketika mereka telah dibius. Sama seperti seseorang yang membuka mulutnya saat tidur, tubuh hewan juga bisa sangat rileks sehingga rahangnya akan mengendur, sehingga kamu melihat ujung lidah keluar dari mulut kucing.

3.Makanan Tersangkut di Sela-Sela Gigi

Seekor kucing akan sering menjulurkan lidahnya berulang kali jika sisa makanan tersangkut di antara giginya. Banyak pemilik kucing yang mengabaikan kebersihan gigi kucing mereka. Hal ini bisa membuat kucing sering menjulurkan lidahnya, bahkan juga menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

4.Masalah Kesehatan Tertentu

Selain berbagai alasan tadi, penyebab kucing menjulurkan lidah juga bisa karena ada masalah kesehatan yang diidapnya, seperti:

  • Masalah gigi. Selain partikel makanan yang tersangkut, masalah gigi lainnya bisa membuat kucing menjulurkan lidah. Rasa tidak enak dan luka akibat penyakit gusi, abses, karies, gigi berlubang dan lain sebagainya dapat memicu perilaku ini.
  • Demensia senior. Ya, kucing bisa mengalami demensia seperti halnya manusia. Salah satu tanda demensia senior pada kucing adalah ketidakmampuan menjaga lidah agar tidak menjulur keluar.
  • Infeksi. Entah itu disebabkan oleh periodontitis, lesi atau hal lainnya, peradangan dan infeksi dapat membuat kucing menjulurkan lidahnya.
  • Stomatitis. Meski kurang umum daripada alasan yang disebutkan sebelumnya, stomatitis pada kucing benar-benar merupakan kondisi kesehatan yang parah. Kondisi ini juga seringkali bisa membuat kucing menjulurkan lidahnya, berliur, kehilangan nafsu makan, dan terengah-engah.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Jika kamu memiliki kecurigaan tentang kesehatan kucing, jangan menduga-duga atau mendiagnosis sendiri. Gunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakannya dengan dokter hewan lewat chat, atau buat janji temu dengan dokter di klinik hewan.

Dokter hewan adalah satu-satunya yang dapat menentukan apakah ada masalah kesehatan yang dialami kucing kamu. Semakin cepat dokter menemukan masalah kesehatan pada kucing yang selama ini tidak terdiagnosis, semakin besar peluang kucing untuk mendapatkan perawatan yang berhasil.

Referensi:
Catological. Diakses pada 2021. Why Do Cats Stick Their Tongues Out? (+ 6 Surprising Cat Tongue Facts).
The Happy Cat Site. Diakses pada 2021. Why Do Cats Stick Their Tongue Out? A Complete Guide.