• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini 4 Cara Mengatasi Darah Rendah Tanpa Obat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini 4 Cara Mengatasi Darah Rendah Tanpa Obat

Begini 4 Cara Mengatasi Darah Rendah Tanpa Obat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Mei 2022

“Tidak hanya obat, mengonsumsi jenis makanan tertentu membantu mengatasi darah rendah. Daging merah adalah salah satu sumber zat besi yang baik untuk meningkatkan tekanan darah buat pengidap darah rendah.”

Begini 4 Cara Mengatasi Darah Rendah Tanpa Obat

Halodoc, Jakarta –  Ada banyak penyebab darah rendah, mulai dari dehidrasi, terlalu lama berbaring di tempat tidur, kehamilan, mengidap diabetes, hingga memiliki penyakit jantung. Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi kondisi ini?

Selain mengonsumsi obat, ada cara mengatasi darah rendah yang bisa kamu lakukan. Itu bisa lewat konsumsi makanan tertentu, beristirahat, termasuk juga jangan bangun terlalu cepat dari posisi duduk. Yuk, simak cara mengatasi darah rendah tanpa obat di sini!

Cara Mengatasi Darah Rendah Tanpa Obat

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi darah rendah tanpa perlu mengonsumsi obat, yaitu:

1. Makan Daging Merah

Daging merah adalah salah satu sumber zat besi yang  baik untuk meningkatkan tekanan darah buat pengidap darah rendah. Zat besi membantu sel darah merah mengantarkan oksigen dari paru-paru ke sel-sel di seluruh tubuh. 

Setelah oksigen dikirim, zat besi membantu sel darah merah membawa limbah karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk dihembuskan. Zat besi juga berperan dalam banyak reaksi kimia penting dalam tubuh.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih juga dapat mengatasi darah rendah. Minum lebih banyak air dapat meningkatkan volume darah dan membantu mencegah dehidrasi. Keduanya penting dalam mengobati hipotensi. 

3. Menghindari Olahraga Tertentu

Perubahan postur secara tiba-tiba dapat menyebabkan darah rendah. Sebab itu, buat kamu yang punya darah rendah, ada baiknya untuk menghindari gerakan tiba-tiba, atau olahraga yang membuat kepala sejajar atau berada di bawah jantung. Kamu tetap bisa melakukan olahraga kardio, asal setelahnya melakukan pendinginan supaya sirkulasi darah bisa kembali seperti semula.

4. Tambah Asupan Natrium

Menambahkan jenis makanan yang mengandung lebih banyak natrium dapat membantu meningkatkan darah rendah. Namun, jangan terlalu berlebihan ya, soalnya bisa memberikan beban ekstra pada jantung dan pembuluh darah. 

Udang, jus dalam kemasan, sup kaleng, dan kaldu adalah makanan mengandung natrium yang direkomendasikan untuk pengidap darah rendah.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi darah rendah tanpa obat. Kalau butuh pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya, tanyakan saja langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Rxlist.com. Diakses pada 2022. Iron
National Institutes of Health. Diakses pada 2022. Lack of iron regulating protein contributes to high blood pressure of the lungs
Longevitypt.com.au. Diakses pada 2022. Can You Exercise If You Have Low Blood Pressure?
Science Daily. Diakses pada 2022. Drinking Water Could Be Beneficial To Patients With Low Blood Pressure