05 June 2018

Begini 5 Trik Agar Tetap Fit Selama Puasa

Begini 5 Trik Agar Tetap Fit Selama Puasa

Halodoc, Jakarta – Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan selama beberapa jam. Itu sebabnya, penting bagi kamu untuk mengatur gaya hidup agar tidak lemas, lesu dan tetap fit selama puasa. Bagaimana caranya? Yuk, cari tahu lima trik agar tetap fit selama puasa berikut ini! (Baca juga: Tips Agar Si Kecil Tetap Fit saat Puasa)

1. Rutin Melakukan Sahur

Sahur bukan sekadar “formalitas” saja, melainkan juga bekal untuk tubuh selama berpuasa. Ini karena saat sahur, tubuh akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk melancarkan aktivitas berpuasa. Jika dilewatkan, sahur tidak hanya membuat kamu cepat lapar, namun juga rentan mengalami dehidrasi, bau mulut, mudah lelah, cepat merasa lapar, hingga masalah pencernaan. (Baca juga: Alasan Makan Sahur Tak Boleh Ditinggalkan)

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Untuk mencegah dehidrasi, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa dengan menerapkan pola 2-4-2, yaitu minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. (Baca juga: Aturan Minum Air Putih saat Puasa)

3. Istirahat saat Merasa Lelah

Rasa lapar dan haus tak jarang membuat kamu mudah mengantuk dan lelah. Jadi, tidak ada salahnya untuk kamu beristirahat sejenak dari aktivitas yang kamu lakukan. Sediakan waktu setidaknya 5-10 menit untuk beristirahat, misalnya di waktu kosong atau istirahat kantor.

4. Olahraga

Puasa bukanlah alasan untuk malas berolahraga. Sebab, olahraga justru bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat puasa. Selama puasa, waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah 60 sebelum berbuka atau setelah salat tarawih. Ini karena di waktu tersebut, keluarnya cairan dari tubuh setelah berolahraga bisa langsung digantikan saat kamu berbuka puasa. (Baca juga: Harus Tahu, Manfaat Olahraga Ringan Saat Puasa)

5. Atur Pola Makan

Demi kelancaran puasa, ada beberapa hal yang kamu perlu perhatikan saat sahur dan berbuka. Diantaranya adalah:

  • Berbuka dengan perlahan. Sebab, makan berlebihan bisa mengganggu metabolisme tubuh dan membuat kamu mengantuk sehingga bisa mengganggu aktivitas harianmu. Awali waktu berbuka dengan mengonsumsi makanan ringan seperti buah kurma, sup, kolak, atau makanan pembuka lain sebelum kamu mengonsumsi makanan utama.
  • Prioritaskan pilihan makanan. Saat sahur dan berbuka, pilihlah makanan yang sehat dan bergizi. Dan sebisa mungkin, batasi konsumsi gula, garam, kafein, gorengan, makanan berlemak, dan makanan lain yang bisa mengganggu kelancaran berpuasa.
  • Membagi pola makan. Saat malam hari, kamu dianjurkan untuk membagi pola makan menjadi tiga waktu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Yaitu saat berbuka, tengah malam (setelah tarawih), dan sahur.

5. Tidur yang Cukup

Bukan hanya pola makan yang berubah saat puasa, melainkan juga pola tidur. Oleh sebab itu, kamu perlu mengatur strategi agar kebutuhan tidur kamu tercukupi. Misalnya dengan tidur dan bangun pada jam yang sama untuk mengatur siklus sirkadian (jam biologis) tubuh secara alami.

Nah, itulah trik agar tetap fit selama puasa. Kalau kamu punya masalah kesehatan dan perlu bicara dengan dokter, yuk gunakan aplikasi Halodoc. Setelah download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Kamu bisa langsung menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!