• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini 6 Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Tanpa Tersedak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini 6 Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Tanpa Tersedak

Begini 6 Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Tanpa Tersedak

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Agustus 2022

“Dahak biasanya terjadi bersamaan dengan batuk, berupa lendir yang seperti menyangkut di tenggorokan. Ada beberapa cara mengeluarkan dahak yang bisa kamu coba, seperti minum air lebih banyak, menggunakan minyak kayu putih, dan berkumur air garam.”

Begini 6 Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Tanpa TersedakBegini 6 Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Tanpa Tersedak

Halodoc, Jakarta – Dahak merupakan lendir yang sebenarnya memang diperlukan tubuh untuk membantu memberikan kelembapan, sekaligus perlindungan pada saluran napas dari kontaminasi bakteri dan virus. Akan tetapi, saat dahak menjadi terlalu banyak, tentunya akan sangat mengganggu. Alhasil, secara alami kamu akan berusaha untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan. 

Tubuh yang sehat tetap membutuhkan lendir dalam jumlah yang sedikit. Apabila dahak diproduksi secara berlebihan, biasanya disebabkan karena beberapa kondisi berikut:

  • Infeksi, seperti pilek,flu, dan sakit tenggorokan.
  • Alergi.
  • Iritasi pada hidung, tenggorokan, atau paru-paru.
  • Masalah pada pencernaan, seperti penyakit refluks gastroesofageal.
  • Kebiasaan merokok.
  • Gangguan pada paru-paru, seperti pneumonia, kanker paru-paru, cystic fibrosis, atau penyakit paru obstruktif kronis.

Cara Mengeluarkan Dahak Tanpa Tersedak

Mengeluarkan dahak sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun, kebanyakan orang justru tersedak ketika melakukannya. Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara mengeluarkan dahak yang tepat:

  1. Mengonsumsi Lebih Banyak Air

Tubuh perlu tetap terhidrasi untuk menjaga lendir tidak berkumpul. Ketika kamu terserang pilek, minum lebih banyak air dapat mengencerkan lendir dan membantu sinus mengalir lebih lancar. Selain itu, seseorang dengan alergi musiman juga perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk menghindari dahak.

  1. Menjaga Udara Tetap Lembap

Udara kering dapat dengan mudah mengiritasi hidung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan lebih banyak lendir terbentuk sebagai pelumas. Alternatifnya, gunakanlah humidifier untuk melembapkan udara.  Menggunakan humidifier di kamar tidur tidak hanya membantu meningkatkan kualitas tidur, tetapi juga menjaga hidung tetap bersih dan mencegah sakit tenggorokan.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Cara mengeluarkan dahak berikutnya bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ini dapat membantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi sekaligus membantu membersihkan sisa lendir. Kamu hanya perlu satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian gunakan sebagai obat kumur alami sebanyak beberapa kali dalam sehari.

  1. Menggunakan Kayu Putih

Produk kayu putih telah lama digunakan sebagai cara alami untuk meredakan batuk dan mengurangi lendir. Penggunaannya biasanya langsung dioleskan ke dada. Beberapa tetes minyak kayu putih juga dapat ditambahkan ke dalam diffuser, atau air hangat untuk membantu membersihkan hidung.

  1. Tidak Merokok dan Menghindari Asap Rokok

Kebiasaan buruk merokok maupun terpapar asap rokok sama-sama dapat menyebabkan tubuh membuat lendir lebih banyak, untuk melindungi hidung dan tenggorokan. Untuk menghindari dahak berlebih, pastikan kamu tidak merokok dan menghindari paparan asapnya. 

  1. Mengonsumsi Bahan Alami untuk Menunjang Kesehatan Pernapasan

Cobalah untuk mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung lemon, jahe, dan bawang putih. Ketiga bahan tersebut diyakini efektif untuk obat pilek, batuk, dan lendir berlebihan. Selain itu, makanan pedas yang mengandung capsaicin juga dapat membantu membersihkan sinus, dan membuat lendir lebih mudah mengalir.  

Itu tadi beberapa cara mengeluarkan dahak yang bisa kamu lakukan tanpa meningkatkan risiko tersedak. Jika belum membaik, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan kesehatan. Manfaatkan Layanan Janji Medis untuk memudahkan cek kesehatan di aplikasi Halodoc, kamu bisa download aplikasinya di Play Store maupun App Store. 

Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2022. Home remedies for phlegm and mucus.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Phlegm: Tips, Home Remedies, and Medications to Try.
Men’s Health. Diakses pada 2022. How to Clear Phlegm From Your Throat.