Begini 7 Cara Tepat Atasi Sakit Punggung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini 7 Cara Tepat Atasi Sakit Punggung

Halodoc, Jakarta - Sakit punggung sebenarnya bukan masalah yang dimonopoli orang lansia saja. Faktanya, banyak kok orang anak-anak hingga orang dewasa yang mesti berhadapan dengan nyeri punggung. 

Penyebab sakit punggung beragam, mulai dari cedera, kelainan tulang, mengangkat beban berat, posisi duduk atau berkendara yang keliru, hingga berat badan yang berlebih. 

Nah, pertanyaannya sederhana, bagaimana sih cara mengatasi sakit punggung? 

Baca juga: 6 Penyakit yang Bisa Sebabkan Nyeri Punggung

1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Sama seperti penyakit pada umumnya yang berkaitan dengan nyeri atau sakit punggung, obat-obatan pereda nyeri terkadang bisa menjadi solusinya. Contohnya, parasetamol yang bisa meredakan nyeri dan dijual bebas.

Di samping itu, kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang diresepkan oleh dokter. Hal yang perlu diingat, perhatikan efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi. Misalnya, sakit maag, gangguan fungsi ginjal, hingga alergi. 

2. Kenakan Sepatu yang Nyaman

Beberapa masalah seperti sakit punggung, berawal dari bawah ke atas. Sebab, beberapa alas kaki memang diduga dapat memicu terjadinya nyeri punggung. Seperti high heel yang membuat berat tubuh bergeser pada bantalan kaki dan punggung pun harus harus lebih ke belakang untuk menjaga keseimbangan tubuh. 

Oleh sebab itu, gunakanlah sepatu yang nyaman. Misalnya, sepatu flat dan kets yang memiliki sol (bagian bawah) yang empuk atau bisa menyerap benturan dengan baik. 

Baca juga: Awas, Ini Penyebab dan Jenis Sakit Punggung yang Perlu Diketahui

3. Miliki Kasur Berkualitas Baik 

Kasur punya pengaruh yang besar terhadap tubuhmu, sebab tempat tidur ini jadi tempat kamu meletakan seluruh anggota tubuh untuk beristirahat selama 6–9 jam tiap harinya. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memiliki kasur dengan kualitas baik. Karena itu, kasur yang amat keras atau lembek (cekung) bisa memengaruhi kesehatan tulang punggung. 

Menurut seorang dokter dari University of Michigan Back & Pain Center, kasus berkualitas memang tak akan dapat menyembuhkan nyeri punggung. Namun, sejumlah penelitian menyebutkan, pengidap sakit punggung yang tidur di kasur berkualitas, kondisinya lebih baik daripada mereka yang tidur di kasur dengan kualitas rata-rata. 

4. Pertimbangkan Terapi Fisik

Cara mengatasi sakit punggung juga bisa melalui terapi fisik. Di sini, seorang terapi fisik akan mengajarkan kita peregangan untuk mengatasi sakit punggung. Di samping itu, mereka juga akan mengajarkan kita beberapa latihan yang bisa memperbaiki keseimbangan tubuh yang mungkin menjadi penyebab sakit punggung. 

Hal yang perlu diingat, ahli terapi fisik mungkin juga akan menyertai teknik perawatan lain, seperti terapi ultrasonik atau stimulasi listrik. Namun, terapi-terapi ini dilakukan bergantung pada penyebab dan keparahan nyeri punggung yang kamu alami.

5. Tetap Aktif Bergerak

Umumnya, orang yang mengidap sakit punggung maunya berbaring atau beristirahat hingga sakit mereka. Padahal, tetap aktif, atau melakukan aktivitas ringan bisa mempercepat waktu penyembuhan. Misalnya, olahraga ringan seperti berjalan kaki bisa membantu pemulihan nyeri punggung. Hal yang perlu diingat, hindarilah aktivitas berat, apalagi yang bisa membebani kerja punggung. Kamu bisa bertanya kepada dokter mengenai aktivitas ringan yang cocok untuk membantu mempercepat pemulihan nyeri punggung. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Ini Tindakan Medis untuk Atasi Nyeri Punggung Kronis

6. Perhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur juga bisa membantu untuk mengatasi sakit punggung. Posisi tidur tertentu bisa mengurangi tekanan pada punggung. Misalnya, bila pengidap sakit punggung terbiasa tidur terlentang, cobalah tempatkan bantal di bawah lutut.

7. Terapkan Pola Hidup Sehat

Cobalah adopsi pola hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi seimbang, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga. Selain itu, bagi kamu yang mengidap obesitas, cobalah turunkan berat badan. Sebab, obesitas bisa menyebabkan bahkan memperburuk nyeri punggung. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter  melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 10 Effective Ways to Find Lower Back Pain Relief, According to Doctors.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Diseases & Conditions. Back Pain.