04 February 2019

Begini 8 Cara Cegah Kanker Payudara Menyerang

Begini 8 Cara Cegah Kanker Payudara Menyerang

Halodoc, Jakarta - Sebagai salah satu jenis kanker yang menyerang wanita, kanker payudara bisa disebut sebagai momok yang tak pernah usai. Kanker ini terjadi ketika sel-sel kanker tumbuh pada jaringan payudara, yang dapat menyebar ke jaringan atau organ tubuh lainnya. Tak jarang pula, kanker ini membahayakan nyawa pengidapnya. Oleh sebab itu, beberapa cara cegah kanker payudara ini mungkin penting untuk disimak.

1. Jaga Berat Badan Ideal

Kamu mungkin kerap mendengar anjuran untuk menjaga berat badan ideal untuk tetap sehat dan bugar, bukan? Meski belum diketahui pasti kaitannya dengan kanker payudara, wanita yang mengalami obesitas, terutama setelah masa menopause, memiliki risiko yang cukup tinggi untuk terserang kanker ini, dibanding mereka yang memiliki berat ideal.

Perubahan berat badan dan waktu terjadinya kenaikan berat badan ini diduga berkaitan dengan keadaan hormon estrogen dan insulin di dalam tubuh. Melihat risiko ini, menjaga berat badan tetap ideal adalah salah satu cara mencegah kanker payudara yang dapat dilakukan.

Baca juga: Kenali 6 Ciri Kanker Payudara

2. Miliki Pola Makan Sehat

Pola makan sehat dengan mengutamakan asupan buah, sayuran, kacang-kacangan termasuk kacang kedelai, minyak sehat, dan antioksidan yang tinggi, dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Wanita yang sudah terkena kanker payudara pun hidupnya dapat lebih berkualitas, jika menghindari makanan berlemak. Daging berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, dan minyak adalah berbagai jenis makanan yang harus dihindari sebagai usaha pencegahan kanker payudara.

3. Selalu Luangkan Waktu untuk Olahraga

Aktif secara fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, risiko kanker payudara meningkat pada wanita yang sudah bertahun-tahun tidak pernah mengolah fisiknya lagi. Standar untuk melakukan olahraga intensitas sedang (seperti bersepeda dan jalan cepat) adalah selama 2 jam 30 menit per minggu.

Baca juga: Memakai Deodoran Bisa Sebabkan Kanker Payudara, Mitos atau Fakta

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Wanita yang pernah menjadi perokok saja masih memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 6-9 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali. Kondisi yang lebih buruk pun bisa dialami jika masih aktif merokok, yaitu 7-13 persen lebih berisiko untuk terkena kanker payudara.

5. Membatasi Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol satu gelas tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 7-12 persen. Potensi terkena kanker payudara akan lebih tinggi jika biasa minum minuman beralkohol lebih dari segelas per hari. Hal ini dapat terjadi karena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. Karena itu, mengurangi konsumsi alkohol juga merupakan salah satu cara mencegah kanker payudara. Bahkan jika memungkinkan, disarankan untuk menghentikannya sama sekali.

6. Busui, Jangan Lewatkan Waktu untuk Menyusui

Bagi wanita yang sedang dalam masa menyusui, hal ini dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara hingga 22 persen. Sejauh ini belum diketahui pasti mengapa menyusui dapat mencegah kanker payudara. Namun, diduga menyusui dapat membantu keseimbangan hormon, mencegah paparan zat pemicu kanker, dan menghindari kerusakan sel payudara.

Baca juga: Tanda Kanker Payudara pada Pria

7. Hindari Paparan Zat Kimia

Ada beberapa hal yang mungkin membuat seseorang terpapar radiasi tingkat tinggi, misalnya menjalani pemeriksaan CT scan, bekerja di fasilitas kesehatan yang menggunakan radiasi, dan terpapar asap kendaraan atau bahan-bahan kimia. Paparan zat kimia itu sedikit banyak dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Oleh karena itu, lindungi diri dari paparan tersebut dan hindari semaksimal mungkin.

8. Kenali Perubahan-Perubahan yang Ada

Hal paling umum untuk mengenali perubahan pada payudara adalah dengan melakukan pemeriksaan secara mandiri yang disebut SADARI, yaitu dengan meraba payudara sendiri untuk mendeteksi adanya kelainan. Jangan malas melakukannya sebab pemeriksaan ini sangat penting untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini.

Selain pemeriksaan secara mandiri, dianjurkan juga untuk melakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin. Dokter akan melakukan pemeriksaan mammogram atau USG payudara untuk memeriksa kondisi kelenjar payudara. Tujuannya adalah apabila ada tanda-tanda kanker payudara, dapat segera tertangani.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara cegah kanker payudara, yang perlu untuk diketahui. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!