• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Agar Tidak Mengantuk saat Berkendara
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Agar Tidak Mengantuk saat Berkendara

Begini Cara Agar Tidak Mengantuk saat Berkendara

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Februari 2022

“Faktanya, ada banyak kasus kecelakaan akibat supir mengantuk. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara agar tidak mengantuk saat berkendara. Caranya sebenarnya cukup sederhana, seperti cukup tidur, memutar musik, atau meminum minuman berkafein seperti kopi.”

Begini Cara Agar Tidak Mengantuk saat Berkendara

Halodoc, Jakarta – Mengemudi dalam keadaan mengantuk mungkin terdengar seperti hal yang cukup umum. Namun, kamu harus menemukan cara agar tidak mengantuk saat berkendara karena efeknya bisa fatal. Ini bisa sama fatalnya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk atau dalam pengaruh obat-obatan.

Ingat, ada banyak sekali kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat supir dalam keadaan mengantuk. Nah, berikut ini adalah beberapa cara agar tidak mengantuk saat kau berkendara:

Cara Agar Tidak Mengantuk Ketika Berkendara

Berikut ini cara-cara yang tepat untuk kamu lakukan:

  1. Berkendara dengan Seorang Teman

Terkadang, kamu hanya perlu power nap atau tidur kilat berkualitas untuk dapat berfungsi kembali dengan baik dan melanjutkan menyetir. Jadi, cobalah mengemudi dengan seorang teman, terutama jika kamu sedang menempuh perjalanan panjang.

Dengan begini, kamu bisa memintanya untuk menyetir mobil dahulu selagi kamu tidur singkat. Nyatanya ini adalah strategi umum yang digunakan oleh pengemudi jarak jauh, terutama orang-orang yang mengendarai trailer traktor selama 12 hingga 15 jam dalam satu hari. 

  1. Tidur Siang Dulu

Tidak ada yang bisa menggantikan tidur yang berkualitas, bahkan jika itu hanya untuk beberapa jam saja. Pertama dan terpenting sebagai cara agar tidak mengantuk adalah mencoba untuk mendapatkan jumlah tidur yang sehat, sehingga  kamu cukup terjaga untuk perjalanan yang akan ditempuh nantinya. 

Namun jika itu tidak memungkinkan, tidur siang setidaknya selama 15 hingga 30 menit sebelum kamu harus mengemudi juga bisa membantu. Selain itu, menurut U.S. National Sleep Association, tidur siang sebelum mengemudi bisa memberikan banyak manfaat bagi kondisi mental selama mengemudi.

  1. Putar Lagu

Beberapa musik favorit dapat membantu kamu untuk fokus dan tetap waspada. Jadi, mainkan beberapa lagu yang kamu tahu liriknya sehingga kamu bisa bernyanyi bersama dan merangsang otak. Baik itu pop, rock, punk, maupun folk, musik nyatanya telah dikaitkan dengan kewaspadaan mental, yang dapat membantu kamu tetap fokus di jalan.

  1. Minum Kafein

Kafein adalah stimulan paling populer dan legal di seluruh dunia. Ia bisa menjadi cara agar tidak mengantuk selama berkendara. Sebuah studi juga menemukan bahwa bahkan hanya satu cangkir kopi dapat membantu mengurangi efek kurang tidur, yang dapat mencegah kamu mengantuk saat mengemudi. Selain itu, kafein bahkan dapat menurunkan risiko kecelakaan saat berkendara jauh.

Selaon beberapa cara di atas, pastikan kamu tidak memulai perjalanan terlalu larut sehingga membuat kamu mudah mengantuk. Mulailah saat kamu dalam kondisi segar dan waspada.

Perhatikan juga postur tubuh, angkat kepala dan jangan membungkuk. Pastikan juga untuk beristirahatlah setidaknya setiap 2 jam. Berhenti di tempat yang aman untuk berjalan-jalan dan melakukan peregangan.

Bahaya Mengemudi saat Mengantuk

Ingat, mengemudi dalam keadaan mengantuk bisa sama berbahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk. Sebuah studi menemukan bahwa mengemudi dalam keadaan mengantuk menyebabkan gangguan serupa dengan mengemudi di bawah pengaruh alkohol. 

Mengantuk akan mengurangi beberapa fungsi tubuh utama yang diperlukan untuk mengemudi yang aman, termasuk:

  • Tekanan darah;
  • Detak jantung;
  • Akurasi penglihatan;
  • Kemampuan mata untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan;
  • Waktu reaksi terhadap suara dan lampu;
  • Persepsi kedalaman;
  • Kemampuan untuk menilai kecepatan.

Jika kamu sering mengantuk saat mengemudi, kamu harus mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter. Atau kamu juga bisa cek kebutuhan kesehatan di Halodoc untuk mendapatkan obat tidur sehingga kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas sebelum mengemudi. Pesanan obat kamu juga bisa dikirimkan kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Stay Awake While Driving Long Distances or at Night.
Medical Center Rochester – University of Rochester. Diakses pada 2022. Stay Awake Behind the Wheel.
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. How To Stay Awake on the Road.
Very Well Health. Diakses pada 2022. How to Avoid Falling Asleep While Driving.