Begini Cara Ajak Anak Menyukai Hewan Sejak Kecil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Ajak Anak Menyukai Hewan Sejak Kecil

Halodoc, Jakarta – Percayakah kamu bahwa hewan mampu memberikan manfaat kesehatan kepada kita? Hal ini bukan mitos belaka, memelihara hewan atau sekedar melihatnya saja ternyata dapat menghilangkan stres dan kecemasan. Hewan sering digunakan untuk memberi kenyamanan dan dukungan emosional kepada pengidap penyakit-penyakit kronis. Manfaat lain yang perlu orangtua ketahui adalah hewan ternyata dapat membantu perkembangan fisik dan kognitif anak, lho!

Baca Juga: 6 Manfaat Punya Hewan Peliharaan untuk Anak

Anak-anak yang telah diperkenalkan dengan berbagai macam hewan sejak kecil terbukti memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik. Berikut ini tips yang bisa orangtua coba untuk mengajak Si Kecil menyukai hewan, yaitu:

  1. Memberikan Pemahaman

Langkah pertama yang perlu orangtua lakukan adalah memberikan Si Kecil pemahaman bahwa hewan termasuk makhluk hidup, sama seperti dirinya. Setelah itu, orangtua bisa mengajari Si Kecil untuk menghormati hewan dengan memperlakukannya secara manusiawi. Pastikan Si Kecil  paham tentang hal yang pantas atau tidak pantas dilakukan yang bisa dilakukan ke hewan. 

  1. Adopsi Hewan Peliharaan

Mengadopsi hewan mungkin menjadi cara efektif dan memberikan dampak yang lebih besar kepada anak-anak. Sebelum mengadopsi hewan, orangtua perlu tahu hewan yang paling disukai Si Kecil. Namun, orangtua harus memastikan bahwa hewan tersebut jinak dan aman saat hidup berdampingan dengan Si Kecil, Setelah memutuskannya, orangtua bisa mengadopsi hewan dari pet shop atau tempat penampungan dan penyelamatan hewan.

Baca Juga: Mengajarkan Tanggung Jawab pada Anak Melalui Hewan Peliharaan

Sebelum mengadopsi hewan tersebut, pastikan Si Kecil maupun hewan peliharaannya mendapatkan vaksin untuk meminimalisir penyakit-penyakit yang berisiko ditularkan hewan. Apabila setelah mengadopsi hewan Si Kecil mengalami gejala alergi atau gejala lainnya, sebaiknya periksakan ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya. Sebelum mengunjungi rumah sakit, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc terlebih dahulu.

  1. Bergabung Menjadi Relawan

Mengajak anak menjadi relawan animal rescue juga bisa meningkatkan perkembangan emosional serta memupuk rasa kasih sayangnya terhadap hewan. Kunjung organisasi yang membantu hewan terlantar untuk mendaftar sebagai relawan. Organisasi ini sering membutuhkan bantuan untuk membawa hewan terlantar ke kondisi yang lebih baik. Bantuan yang diberikan bisa berupa,  sumbangan uang, makanan hewan, obat-obatan untuk hewan, peralatan perawatan hewan atau hanya sekedar mengajak main hewan-hewan tersebut. 

  1. Mengunjungi Kebun Binatang

Mengunjungi kebun binatang adalah tempat yang menarik untuk melihat hewan yang hidup di lingkungan yang nyaman. Mengajak Si Kecil ke kebun binatang juga bisa mengembangkan wawasannya tentang berbagai hewan yang belum pernah diketahui maupun dilihat sebelumnya. 

  1. Dongeng Fabel

Memberikan dongeng tentang hewan sebelum tidur juga bisa membuat Si Kecil menyukai hewan. Beberapa karakter hewan di dalam dongeng biasanya digambarkan sebagai sosok yang baik. Sosok yang baik ini seringkali dapat membuat Si Kecil kagum, sehingga ia mungkin tertarik untuk melihat atau memeliharanya. 

Baca Juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Mulai kenalkan anak kepada hewan untuk menumbuhkan rasa empatinya terhadap hewan sedari kecil. Orangtua bisa memulainya dengan cara-cara yang sederhana, seperti mendongengkannya dengan fabel, memberikannya boneka-boneka hewan atau menonton kartun-kartun hewan. 

Referensi :
Parenting Squad. Diakses pada 2019. How to Teach Your Children to Love Animals.
Scary Mommy. Diakses pada 2019. How To Teach Our Kids To Be Kind To Animals.