Begini Cara Atasi Diare saat Perjalanan Arus Balik Mudik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
begini-cara-atasi-diare-saat-perjalanan-arus-balik-mudik-halodoc

Halodoc, Jakarta – Terkena diare saat sedang dalam perjalanan balik mudik memang paling merepotkan. Pasalnya, kamu tidak bisa bolak-balik kamar mandi dengan leluasa saat sedang dalam perjalanan. Namun nyatanya, diare adalah penyakit yang cukup sering dialami banyak orang saat sedang menempuh perjalanan jauh seperti mudik.

Tubuh yang kelelahan, cuaca yang tidak bersahabat maupun makanan yang dikonsumsi dalam perjalanan adalah beberapa penyebab kamu bisa mengalami diare saat pulang mudik. Lalu, bagaimana cara mengatasi diare saat mudik yang sangat menyiksa? Cari tahu jawabannya di sini.

Bila dalam perjalanan balik mudik, kamu tiba-tiba saja sakit perut dan buang air besar (BAB) lebih dari tiga kali dalam sehari dengan feses bertekstur lembek atau cair, itu artinya kamu mengalami diare. Selain bikin kamu enggak nyaman karena harus bolak-balik kamar mandi, diare juga bisa membuat kamu lemas dan dehidrasi karena banyaknya cairan yang keluar. Karena itu, segera atasi diare saat mudik dengan cara-cara ini:

1. Konsumsi Makanan yang Lunak

Diare yang menyerang saat dalam perjalanan balik mudik biasanya disebabkan oleh keracunan makanan (food poisoning) akibat mengonsumsi makanan yang sudah tercemar oleh bakteri atau virus. Jenis makanan yang mengandung protein hewani, seperti ayam, daging, ikan (seafood) memang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi. Namun, bila kurang higienis mengolahnya, bakteri akan lebih mudah berkembang, sehingga menyebabkan diare.

Bila sudah terlanjur mengalami diare, kamu dianjurkan untuk menghindari makanan padat, pedas, berlemak, berminyak, dan berserat tinggi. Sebaliknya, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lunak, berprotein tinggi, dan rendah serat yang lebih mudah dicerna oleh perutmu yang sedang sakit.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari saat Diare

2. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih adalah hal penting yang perlu kamu lakukan saat terserang diare saat balik mudik. Hal ini untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi akibat banyaknya cairan yang keluar melalui buang air besar yang terlalu sering. Selain air putih, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air kelapa, air kaldu, minuman berelektrolit atau oralit.

Kamu bisa membeli oralit kemasan di apotek terdekat lalu larutkan dalam segelas air. Minuman berelektrolit juga bisa didapatkan dengan mudah di supermarket terdekat yang kamu temui selama perjalanan balik mudik.

3. Yoghurt

Cara lainnya untuk meredakan diare saat balik mudik adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Kandungan dalam probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri sehat untuk melawan kuman dalam saluran pencernaan kamu. Namun, bagi kamu yang memiliki alergi atau tidak cocok terhadap yoghurt, sebaiknya tidak menggunakan cara ini, karena dapat memperparah diare.

Baca juga: Ini Alasan Pentingnya Konsumsi Makanan Kaya Prebiotik

4. Teh Hitam

Minum teh hitam juga bisa membantu meredakan diare saat mudik. Hal ini karena teh hitam mengandung tanin yang akan memicu efek astringen atau menurunkan kadar air dalam kotoran sekaligus menurunkan keinginan untuk BAB. Kalau bisa, minumlah teh hitam yang dicampur dengan chamomile. Namun, bila susah mencari teh hitam dalam perjalanan balik mudik, minum segelas teh pahit hangat juga sudah cukup membantu meredakan diare.

5. Minum Obat Antidiare

Bila diare tidak juga kunjung membaik, segeralah minum obat diare. Loperamide adalah salah satu obat yang ampuh dan cepat dalam menghentikan diare. Obat antidiare ini bekerja dengan cara memperlambat aktivitas usus besar, sehingga makanan dapat ditahan lebih lama. Kemudian, usus akan menyerap lebih banyak air dan tinja pun menjadi lebih padat. Loperamide tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak.

Baca juga: Kena Diare Saat Mudik, Pastikan Obat Ada Komposisi Ini

Itulah cara atasi diare yang mengganggu saat perjalanan balik mudik. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama mudik. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.