Begini Cara Atasi Jerawat Punggung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
jerawat punggung, cuka apel

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu adalah seseorang yang memiliki banyak jerawat di daerah punggung? Jerawat pada daerah punggung dapat terjadi karena punggung memiliki banyak kelenjar sebasea yang memproduksi minyak. Dengan adanya kelenjar ini, otomatis daerah punggung juga dapat mengalami jerawat. Mengatasi jerawat pada punggung akan lebih sulit dibandingkan dengan mengatasi jerawat pada wajah. 

Baca juga: 3 Pengobatan Alami Atasi Jerawat

Jerawat sendiri merupakan sel kulit mati, minyak berlebih, serta kotoran yang menyumbat pori-pori. Ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, minyak berlebih, serta kotoran, otomatis bakteri akan tumbuh pada daerah tersebut dan menimbulkan peradangan, sehingga terjadilah jerawat. Jadi, jika kamu mengalami jerawat pada punggung, kamu bisa mengatasi dengan beberapa bahan alami di bawah ini.

1. Teh Hijau

Dalam teh hijau terkandung senyawa katekin yang memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain bersifat antibakteri, dalam teh hijau juga terkandung anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Kamu bisa mencampurkan teh hijau ke dalam seduhan air hangat, kemudian oleskan pada bagian punggung yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini dua kali sehari untuk hasil maksimal.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Metode Alami

2. Oatmeal

Oatmeal mampu membantu membersihkan pori-pori kulit dan menyerap minyak berlebih pada kulit. Oatmeal dapat dijadikan pembersih kulit alami yang dapat membantu mengelupaskan sel kulit mati, serta menenangkan kulit yang sedang meradang akibat jerawat.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok oatmeal dengan sedikit air, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat dengan gerakan melingkar secara berulang. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Cuka Apel

Cuka apel dapat dijadikan salah satu bahan alami untuk perawatan kulit yang dapat menangani semua masalah pada kulit, termasuk jerawat. Dalam cuka apel terkandung sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu menyeimbangkan pH kulit untuk menjaga kulit dari berbagai masalah.

Kamu dapat mencampurkan satu sendok cuka apel dengan satu gelas air, kemudian usapkan pada area punggung yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari sebanyak satu kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

4. Madu

Kandungan yang terdapat dalam madu dapat menghindari serta menenangkan daerah yang berjerawat. Madu juga dapat berperan sebagai antibiotik dan antibakteri alami yang dapat mengurangi masalah jerawat pada kulit, serta mencegah infeksi.

Kamu dapat mengoleskannya langsung ke daerah punggung yang berjerawat, kemudian diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, ulangi cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

Baca juga: Uniknya Cara Hilangkan Jerawat ala Wanita Korea

Karena bahan-bahan di atas merupakan bahan alami, jadi hasilnya belum bisa kamu rasakan hanya dengan sekali pemakaian. Lakukan cara-cara di atas secara rutin, guna mendapatkan hasil yang maksimal. Jika kamu mengalami kendala dalam mengatasi masalah jerawat di punggung menggunakan bahan-bahan di atas, diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Karena penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!