• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Atasi Luka Bakar Ringan di Rumah

Begini Cara Atasi Luka Bakar Ringan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Atasi Luka Bakar Ringan di Rumah

Halodoc, Jakarta – Selama masa pandemi, banyak orang mencoba melakukan hal baru untuk mengisi waktu luang mereka saat di rumah saja. Salah satu hal baru yang dicoba banyak orang, terutama para wanita, saat pandemi adalah belajar memasak

Berkat kecanggihan teknologi, sekarang kamu bisa belajar memasak dengan mudah. Misalnya, dengan menonton video tutorial memasak di YouTube maupun melihat resep secara online. Namun, bagi kamu yang baru pertama kali memasak, sebaiknya berhati-hati ketika mencoba kegiatan baru ini. Saat menggoreng, atau memasukkan bahan-bahan makanan ke air mendidih di dalam panci, maupun menangani peralatan masak yang serba panas, kamu berisiko mengalami luka bakar bila tidak berhati-hati.

Meski begitu, jangan sampai hal itu menghalangi untuk mengembangkan skill yang baru di masa pandemi ini, ya. Kamu bisa kok, mengatasi luka bakar ringan akibat memasak dengan perawatan di rumah.

Baca juga: Jaga Kesehatan Mental dengan Lakukan Hobi saat PSBB

Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan di Rumah

Luka bakar ringan biasanya bisa sembuh total dalam waktu sekitar 1-2 minggu dan jarang menyebabkan jaringan parut. Pengobatan untuk luka bakar ringan bertujuan untuk mengurangi rasa sakit, mencegah infeksi, dan menyembuhkan luka lebih cepat. Berikut ini cara mengatasi luka bakar ringan di rumah yang bisa dilakukan:

1. Bilas dengan Air Dingin

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengalami luka bakar ringan adalah membilas area tubuh yang terluka di bawah air dingin yang mengalir selama sekitar 20 menit. Kemudian, bersihkan area tersebut dengan sabun berbahan ringan dan air.

2. Kompres Dingin

Meletakkan kompres dingin atau kain bersih yang dibasahi dengan air dingin di atas area luka bakar bisa membantu meredakan nyeri dan bengkak. Kamu bisa mengaplikasikan kompres dingin dengan jarak waktu 5-15 menit. Namun, hindari menggunakan kompres dingin terlalu lama atau terlalu sering, karena bisa membuat luka bakar lebih teriritasi.

Baca juga: Bolehkah Mengobati Luka Bakar dengan Pasta Gigi?

3. Hindari Paparan Sinar Matahari

Agar luka bakar ringan yang kamu alami bisa cepat sembuh, lindungi area yang terluka agar tidak terkena sinar matahari langsung. Kulit yang terbakar sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, tutupi area yang terluka dengan pakaian.

4. Jangan Pecahkan Lepuhan Luka 

Meskipun sangat menggoda, hindari memecahkan lepuhan yang muncul pada luka bakar ringan, karena bisa menyebabkan infeksi. Selain infeksi, memecahkan lepuhan luka juga akan menyebabkan bekas luka yang sulit hilang. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan Dermatix Ultra untuk mengatasi bekas luka.

5. Gunakan Dermatix Ultra untuk Bekas Luka

Dermatix Ultra sudah teruji secara klinis mampu meratakan, menghaluskan dan memudarkan bekas luka bakar ringan, seperti akibat terpercik minyak goreng saat memasak, hingga 80 persen*. Gel topikal ini juga lebih cepat kering dan tidak terasa lengket, sehingga kamu bisa melanjutkan aktivitas dengan nyaman.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, oleskan pada area bekas luka bakar ringan dua kali sehari selama 8 minggu. Hasilnya, tampilan bekas luka bakar kamu perlahan-lahan akan memudar dan jadi lebih halus. 

Baca juga: 3 Pertolongan Pertama Luka Bakar yang Ternyata Salah

Itulah beberapa cara mengatasi luka bakar ringan di rumah yang bisa dilakukan. Bila luka bakar yang kamu alami terasa cukup menyakitkan atau muncul lepuhan yang membuat kamu khawatir, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

Sekarang, kamu bisa berobat ke dokter tanpa perlu antre dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play. 


*Berdasarkan studi observasi berskala besar - MUIH Centre Study oleh Dr. M. Sepermanesh. Kompedium Dermatologie 2006: 1: 30-32.


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Burns.