• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Atasi Masalah Jerawat di Punggung

Begini Cara Atasi Masalah Jerawat di Punggung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Jerawat di area yang terlihat seperti wajah saja sulit sekali dihilangkan. Bagaimana jika jerawat muncul di punggung? Pada dasarnya, jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk punggung. Penyebabnya sendiri adalah minyak berlebihan, serta penumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan dengan baik. Keduanya membuat bakteri pada kulit menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit, sehingga folikel rambut membengkak.

Baca juga: Makanan Berminyak Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

Sebelum mengetahui bagaimana langkah mengatasi jerawat di punggung, sebaiknya kamu lebih dulu mencari tau apa saja yang menjadi penyebab jerawat di punggung. Berikut ini beberapa penyebab munculnya jerawat di area tersebut:

  1. Gen. Jerawat dapat muncul karena adanya gen dari keluarga. 
  2. Pengobatan. Jerawat dapat muncul karena efek samping pemakaian obat-obatan.
  3. Hormon. Jerawat dapat muncul jika tubuh terjadi perubahan hormonal, seperti saat menstruasi dan kehamilan.
  4. Keringat. Jerawat dapat muncul karena keringat dan pakaian yang ketat. 
  5. Stres. Stres memicu peningkatan kadar hormon kortisol, sehingga produksi minyak pada kulit meningkat.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Jenis Infeksi Kulit yang Mirip dengan Jerawat

Setelah mengetahui beragam penyebabnya, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana langkah mengatasi jerawat di punggung. Berikut ini beberapa langkah mengatasi jerawat di punggung:

1. Konsumsi Makanan Sehat 

Kamu perlu mengetahui jika kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat akan berdampak pada tubuh. Selain memicu sejumlah penyakit berbahaya, kamu rentan mengalami jerawat. Makan sembarangan akan memicu melonjaknya gula darah yang berujung pada jerawat. Setelah mengetahuinya, coba untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, serta biji-bijian.

2. Mandi Setelah Beraktivitas

Kamu disarankan mandi setelah beraktivitas untuk mengatasi jerawat di punggung. Membiarkan keringat dan sel kulit mati menumpuk di kulit dapat menyumbat folikel rambut, sehingga jerawat akan terbentuk. 

3. Pakai Pakaian Longgar

Menggunakan pakaian ketat menjadi salah satu pemicu jerawat pada punggung. Hal tersebut dikarenakan, keringat membuat kulit menjadi lembap. Memakai pakaian ketat juga tidak baik untuk sirkulasi udara. Jadi, pilihlah pakaian longgar agar kulit bisa bernapas.

4. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Rutin melakukan eksfoliasi scrub menjadi langkah mengatasi jerawat di punggung selanjutnya. Jangan lupa untuk memilih scrub dengan kandungan asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit. Jika dilakukan secara rutin, langkah ini dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

5. Gunakan Sunscreen Sesuai Kulit

Jika kamu suka memakai pakaian yang terbuka, melindungi kulit dari matahari dengan menggunakan sunscreen diperlukan. Sebelum menggunakannya, kamu perlu mengetahui jenis kulit sendiri. Jika jenis kulitmu berminyak, penggunaan sunscreen dengan kandungan minyak dapat menyumbat pori-pori. Jadi, pastikan untuk memilih produk yang bebas minyak dan ringan di kulit, ya.

Baca juga: Jerawat Baru Muncul, Apa yang Harus Dilakukan?

Itulah sejumlah langkah mengatasi jerawat di punggung. Jika sejumlah cara tersebut tidak dapat mengatasi masalah kulit yang kamu alami, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk melakukan langkah penanganan, ya. Jerawat di punggung memang tidak memengaruhi penampilan jika kamu memakai baju tertutup. Namun, kondisi ini akan membuat kamu risih saat bercermin. Jadi, atasi dengan baik, ya.

Referensi:
Aad.org. Diakses pada 2021. BACK ACNE: HOW TO SEE CLEARER SKIN.
Medical News Today. Diakses pada 2021. How to get rid of acne on the back.
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Back Acne.