• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Atasi Stres dalam Pernikahan

Begini Cara Atasi Stres dalam Pernikahan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak orang mengira bahwa hidup akan lebih bahagia bila sudah menikah. Nyatanya, dunia pernikahan pun memiliki masalah dan tantangannya sendiri lho. Bagaimanapun, pernikahan adalah menyatukan dua orang dengan kepribadian yang berbeda. Itulah mengapa konflik dan masalah rumah tangga wajar seringkali tidak terelakkan oleh pasangan yang sudah menikah. 

Meski demikian, kamu dan pasangan sebaiknya jangan membiarkan saja masalah dalam pernikahan berlarut-larut tanpa terselesaikan dengan baik. Sebab, hal itu dapat membuat kamu menjadi stres dan akhirnya hubungan dengan pasangan menjadi terancam. Karena itu, kamu yang sudah menikah perlu tahu bagaimana caranya mengatasi stres dalam pernikahan dengan baik. Dengan begitu, kamu pun bisa mempertahankan pernikahan yang mesra, sehat, dan langgeng. 

Baca juga: Berencana Menikah? Ini 8 Hal yang Wajib Dipelajari

Jaga Komunikasi Tetap Terbuka dengan Pasangan

Dalam keadaan stres, kebanyakan orang cenderung menyembunyikan perasaannya dan memendamnya dalam-dalam sampai suatu saat dapat meledak bila dipicu oleh ketidaksepakatan yang sepele. Namun, cara tersebut tidak baik bila kamu menginginkan pernikahan yang langgeng dan berkembang. Untuk mendapatkan pernikahan yang sukses, pasangan harus saling terbuka satu sama lain dan membicarakan segala sesuatunya dengan jujur. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk menciptakan keterbukaan:

      • Bicarakanlah pendapat atau apapun yang ada di pikiran kamu tentang segala sesuatu dengan pasangan, baik itu hal yang buruk, baik, maupun parah.

      • Dengarkanlah apapun yang pasangan kamu katakan dengan sikap yang menerima.

      • Berusahalah untuk menjadi teman terbaik bagi pasangan dengan mendukungnya tanpa syarat dan kepercayaan yang penuh serta kejujuran.

Atasi Masalah Keuangan dengan Kerja Sama dan Komunikasi Terbuka

Keuangan dikatakan sebagai salah satu sumber masalah dalam pernikahan. Itulah mengapa dalam menghadapi semua tantangan finansial, diperlukan kerja sama dan komunikasi yang seterbuka mungkin. Katanya, pasangan yang saling mencintai akan saling mendukung baik di saat dompet tebal maupun tipis. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ambil:

      • Selalu bicarakan dengan jujur dan transparan tentang kondisi keuangan saat ini pada pasangan, baik itu utang, tagihan yang harus dibayar, dan lain-lain.

      • Tentukan dan susun anggaran keuangan bersama-sama dengan pasangan.

      • Jangan pernah membeli sesuatu yang sangat mahal tanpa membicarakannya terlebih dulu dengan pasangan.

Jangan Saling Menyalahkan saat Keadaan Sulit

Ada kecenderungan alami dalam masa-masa sulit untuk menyalahkan pasangan atas kemalangan dan stres yang kamu alami, tetapi cara tersebut tidaklah menyelesaikan apa-apa dan malah akan merusak hubungan. 

      • Tidak peduli bagaimana perasaan kamu, usahakanlah untuk selalu memperlakukan pasangan kamu dengan hormat dan cinta.

      • Dibanding saling menyalahkan, pikirkanlah bagaimana kamu dapat berkontribusi untuk menyelesaikan masalah dan apa yang bisa kamu perbaiki di masa depan.

Baca juga: 10 Tahun Menikah, Waspada 4 Masalah Rumah Tangga Ini

Jangan Mengasihani Diri Sendiri

Tidak ada masalah yang bisa diselesaikan dengan mengasihani diri sendiri atau situasi kamu. Pasangan yang sukses adalah mereka yang berani menghadapi tantangan dan bekerja sama untuk mencari solusi. Memang tidak mudah, tetapi berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu coba lakukan:

      • Duduk bersama pasangan untuk mencari solusi untuk masalah kalian dan tentukan rencana apa yang bisa kalian ambil untuk mengatasi masalah tersebut.

      • Rayakan kesuksesan setiap kali kamu dan pasangan menyelesaikan setiap langkah dari rencana. Cara ini akan membuat kamu merasa bergerak sedikit lebih maju pada penyelesaian masalah dan dapat membantu menghilangkan rasa mengasihani diri sendiri.

Berusahalah Menjaga Kemesraan Setiap Hari

Pikirkan upaya yang dapat kamu lakukan untuk bersenang-senang dan bermesraan dengan pasangan di tengah-tengah kesibukanmu. Dengan begitu, kamu dapat diingatkan kembali dengan alasan jatuh cinta pada pasangan, meskipun sedang dilanda masalah.

Baca juga: Habis Nikah Masih Romantis, Kenapa Tidak?

Nah, itulah cara mengatasi stres dalam pernikahan. Bila kamu sedang menghadapi masalah dalam pernikahan dan bingung harus mencari bantuan ke mana, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa curhat ke psikolog terpercaya melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. 

Referensi:
Your Tango. Diakses pada 2020. A Stressful Marriage Can Kill You: 9 Strategies for Coping.