Begini Cara Deteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin

Begini Cara Deteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin

Halodoc, Jakarta - Kanker payudara menjadi momok bagi sebagian besar wanita. Namun, ternyata penyakit ini bisa tertangani jika dilakukan deteksi dini. Tidak perlu harus ke dokter, kok, kamu bisa melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri untuk mendeteksi keberadaan sel kanker di payudara. Tidak hanya itu, deteksi ini juga membantu mengidentifikasi gejala dari penyakit lain yang menyerang payudara. 

Sebelum melakukan cara deteksi kanker payudara sendiri, kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan SADARI ini? Ternyata, waktu yang dianjurkan adalah sebelum dan setelah kamu mengalami menstruasi. 

Ini bukan tanpa alasan, ya, kalau pemeriksaan kamu lakukan saat sedang haid, perubahan hormon cenderung membuat kondisi payudara turut berubah, baik dari bentuk maupun ukurannya. Nah, ketika kamu sudah selesai masa haid, ukuran dan bentuk payudara kamu akan kembali ke kondisi normal. Inilah mengapa pemeriksaan payudara disarankan ketika tidak sedang haid. 

Baca juga: 6 Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Deteksi Kanker Payudara Sendiri

Lalu, bagaimana cara deteksi kanker payudara sendiri atau SADARI? Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini yuk!

  • Pertama

Berdirilah di depan cermin, jika memungkinkan ukuran cermin harus cukup besar untuk menampilkan kedua payudara kamu dengan jelas tanpa terpotong. Lalu, lepaskan pakaian bagian atas, termasuk bra yang kamu kenakan. 

  • Kedua

Sekarang, kamu sudah bisa mulai melakukan pemeriksaan atau deteksi kanker payudara sendiri. Ada beberapa poin yang harus kamu amati. Pertama adalah perubahan pada ukuran, bentuk, dan posisi kedua payudara kamu. Lihat apakah keduanya simetris atau tidak. Lalu, perhatikan pula, adakah lekukan di salah satu atau kedua payudara kamu. 

Baca juga: Bukan Kanker, Ini 5 Benjolan pada Payudara yang Harus Diketahui

Selanjutnya, amati bagian puting payudara kamu, apakah kondisinya keluar atau justru masuk. Jangan lupa, perhatikan juga apakah ada kerutan pada salah satu atau kedua payudara kamu. Terakhir, periksa apakah ada benjolan yang kondisinya tidak normal muncul di payudara. Nah, bagaimana caranya?

Kamu bisa memulainya dengan mengangkat satu tangan ke atas, sementara tangan yang lain meraba payudara yang berada di posisi tangan yang terangkat tadi. Lakukan secara bergantian, ya!

  • Ketiga

Tidak hanya dalam posisi berdiri tegak, cara deteksi kanker payudara ini bisa kamu coba ketika sedang mandi maupun berbaring sebelum tidur. Jangan sampai salah, pemeriksaan ini dilakukan bukan dengan ujung-ujung jari, melainkan menggunakan bantalan jarinya. Di bagian puting, pemeriksaan dilakukan dengan gerakan memutar, lanjutkan dengan pemeriksaan bagian atas, dekat tulang dada, dan dekat ketiak. 

Baca juga: Benjolan di Payudara Tak Melulu Berarti Kanker

  • Keempat

Paling terakhir, kembali pada puting payudara. Secara perlahan, remas bagian tersebut dengan dua jari. Perhatikan apakah keluar cairan yang tidak biasa atau abnormal dari bagian puting. Jika iya, kamu harus seger menanyakannya pada dokter. 

Tidak perlu bingung dan panik, kamu bisa langsung bertanya tanpa perlu keluar rumah, mengantre, dan menunggu karena ada aplikasi Halodoc. Aplikasi ini bisa menghubungkan kamu dengan dokter ahli bedah lebih mudah, memberikan solusi terbaik untuk semua permasalahan kesehatan yang sedang kamu alami. Tidak hanya ahli bedah, kamu pun bisa menemukan dokter spesialis lainnya di aplikasi Halodoc. Jadi, yuk download aplikasinya sekarang juga!