• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Efektif agar Darah Haid Keluar Deras
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Efektif agar Darah Haid Keluar Deras

Begini Cara Efektif agar Darah Haid Keluar Deras

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 April 2022

“Ada banyak faktor yang membuat seseorang mencari tahu cara agar darah haid keluar deras. Faktanya, ada beberapa tips yang bisa dicoba, seperti konsumsi obat-obatan, hingga mengelola stres dengan baik.”

Begini Cara Efektif agar Darah Haid Keluar Deras

Halodoc, Jakarta – Mengetahui cara agar darah haid keluar deras terkadang bisa membantu. Misalnya, saat ingin liburan atau melakukan aktivitas tertentu, wanita cenderung ingin “lebih bebas”. Karena itu, banyak cara yang dilakukan agar darah yang keluar lebih deras sehingga haid bisa cepat selesai. Darah haid yang deras juga bisa membantu memastikan siklus yang terjadi berjalan seperti semestinya.

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu haid lebih cepat selesai. Haid alias menstruasi sendiri umumnya berlangsung selama 2–7 hari. Namun, siklus menstruasi terkadang bisa berubah karena beberapa faktor, termasuk faktor pertambahan usia. Durasi haid terkadang juga dipengaruhi oleh faktor berat badan, stres, serta kondisi hormon di dalam tubuh.

Lakukan Ini Agar Darah Haid Keluar Deras 

Darah haid yang lancar sering dijadikan tolok ukur kondisi kesehatan wanita. Dengan menjalani gaya hidup sehat, sebenarnya bisa membantu mewujudkan hal tersebut. Namun, terkadang ada hal lain yang membuat seseorang ingin darah haidnya keluar lebih deras. Tenang, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya, antara lain: 

  1. Konsumsi Obat

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya KB hormonal. Jenis obat ini bisa digunakan untuk mengatur siklus menstruasi. Namun, mengonsumsi obat-obatan untuk haid harus berdasarkan resep dokter atau rekomendasi dari tenaga medis. 

  1. Vitamin C

Kamu juga bisa mempercepat durasi haid dengan mengonsumsi vitamin C. Sebab, jenis vitamin ini bisa membantu mengurangi kadar progesteron, sehingga peluruhan lapisan rahim menjadi lebih cepat. Hal ini akan berdampak pada derasnya darah yang keluar serta durasi haid yang lebih singkat.

Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk membeli vitamin atau obat-obatan lain yang dibutuhkan. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Tidak perlu repot! Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!  

  1. Aktivitas Fisik 

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga selama haid juga dianjurkan. Hal ini bisa membantu meringankan gejala menstrusi dan mempersingkat durasinya. Aktif secara fisik nyatanya bisa membantu melancarkan haid sehingga darah yang keluar akan lebih deras. 

  1. Kelola Stres 

Mengelola stres dengan baik akan sangat berdampak pada siklus menstruasi. Saat seseorang terlalu stres, haid bisa terhambat dan membuat darah yang keluar lebih sedikit. 

Itulah beberapa tips dan cara agar darah haid keluar deras. Jika mengalami masalah dengan siklus menstruasi, jangan tunda pemeriksaan ke dokter agar segera mendapat penanganan medis. 

Referensi: 

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Menstrual Cycle. 
Healthline. Diakses pada 2022. Can I Make My Period End Faster?
WebMD. Diakses pada 2022. Stop Your Periods with Continuous Birth Control. trol.