• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Efektif Cegah Otitis Eksterna

Begini Cara Efektif Cegah Otitis Eksterna

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Peradangan dapat terjadi di seluruh bagian tubuh, termasuk juga telinga. Salah satu gangguan yang dapat menyerang telinga adalah otitis eksterna. Hal ini terjadi disebabkan oleh bakteri, alergi, atau virus yang menyebabkan infeksi kulit tipis pada saluran telinga luar. Bagian saluran telinga luar manusia terdiri dari gendang telinga hingga bagian luar telinga.

Otitis eksterna dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya yang dapat menyebabkan telinga terserang penyakit kulit kronis. Maka dari itu, pencegahannya sangat perlu dilakukan untuk menghindarinya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah otitis eksterna terjadi!

Baca juga: Ketahui Perbedaan Otitis Eksterna Sirkumskripta dan Otitis Eksterna Difus

Cara Mencegah Otitis Eksterna Menyerang

Otitis eksterna adalah gangguan pada telinga yang disebabkan oleh infeksi, tetapi juga dapat terjadi karena proses dermatologis sistemik yang tidak menular. Seseorang yang mengalami gangguan ini akan merasakan ketidaknyamanan yang terbatas pada saluran pendengaran bagian luar. Dengan gejala yang paling khas adalah eritema dan pembengkakan pada telinga.

Peradangan pada telinga ini umumnya menyerang anak-anak dengan usia 6 bulan hingga 3 tahun, meski juga dapat terjadi pada orang dewasa. Otitis eksterna dapat terjadi ketika seseorang terlalu sering membersihkan telinga, sehingga mencegah kotoran telinga melindungi bagian dalam dari bakteri yang mampu menimbulkan infeksi di telinga bagian dalam.

Seseorang juga dapat mengidap otitis eksterna karena terlalu sering berenang, sehingga cairan tinggal di dalam telinga yang menimbulkan gangguan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara mencegah gangguan pada telinga tersebut untuk terjadi. Berikut beberapa pencegahan otitis eksterna yang efektif dilakukan:

  1. Jaga Telinga Tetap Kering

Cara pertama yang dapat diterapkan untuk mencegah terjadinya otitis eksterna adalah dengan menjaga telinga tetap kering. Pastikan hal tersebut setelah kamu mandi atau berenang. Kamu juga harus memastikan hanya mengeringkan telinga bagian luar, usap perlahan dan lembut dengan handuk agar tidak lembap yang membuat bakteri dapat tumbuh.

Kamu juga dapat mengangkat kepala ke samping untuk membantu air keluar dari saluran telinga. Alternatif lainnya untuk mengeringkan telinga adalah dengan penggunaan pengering rambut dan pengaturan suhunya yang paling rendah. Jangan gunakan alat tersebut terlalu dekat, paling tidak setengah meter dari telinga.

Baca juga: Ini Bedanya Otitis Eksterna Sirkumskripta dan Difusa pada Infeksi Telinga Luar

  1. Gunakan Obat Tetes Telinga

Cara mencegah otitis eksterna lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan obat tetes telinga sebelum atau sesudah berenang. Kamu dapat menggunakannya untuk membantu telinga kering dan mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan seseorang mengalami peradangan telinga yang berdampak pada infeksi.

Apabila kamu mempunyai pertanyaan terkait cara mencegah otitis eksterna, dokter dari Halodoc dapat menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan. Caranya terbilang mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone untuk kemudahan dalam akses kesehatan.

  1. Hindari Memasukkan Benda ke Telinga

Jangan pernah memasukkan suatu benda apa pun ke telinga yang bertujuan untuk menggaruk atau menggali kotoran telinga selain korek kuping. Penggunaan benda-benda yang tidak sesuai fungsinya dapat menimbulkan iritasi kulit di dalam telinga hingga merusak kulit. Maka dari itu, pastikan tidak menggunakan benda-benda sembarangan untuk mengorek telinga.

  1. Lindungi Telinga dari Iritasi

Kamu juga dapat memastikan telinga tidak mudah terkena iritasi sebagai cara mencegah otitis eksterna. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara meletakkan bola kapas di telinga saat kamu menggunakan produk-produk kecantikan tertentu, seperti semprotan rambut dan pewarna rambut.

Baca juga: 3 Cara Tangani Otitis Eksterna di Rumah

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebagai cara mencegah otitis eksterna agar tidak terjadi. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan tersebut, kamu dapat melindungi telinga dari peradangan yang dapat berdampak pada infeksi. Hal yang paling penting adalah selalu jaga telinga tetap kering dan jangan memasukkan benda-benda yang tidak layak ke bagian pendengaranmu.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Swimmer's ear
AAFP. Diakses pada 2020. Otitis Externa: A Practical Guide to Treatment and Prevention