• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Melembutkan Rambut dengan Bahan Alami

Begini Cara Melembutkan Rambut dengan Bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Melembutkan Rambut dengan Bahan Alami

“Jika kamu merasa cara melembutkan rambut di salon kurang aman karena menggunakan bahan kimia, maka kamu bisa gunakan bahan-bahan alami yang umumnya tanpa efek samping. Bahan-bahan tersebut pun umumnya mudah didapatkan sehingga kamu bisa mengaplikasikannya dengan mudah di rumah.”

Halodoc, Jakarta – Ingin memiliki rambut sehat dan berkilau? Ternyata ada cukup banyak cara melembutkan rambut, dari cara alami yang bisa kamu lakukan di rumahan hingga perawatan rambut ahli seperti pelurusan rambut yang dilakukan di salon kecantikan. 

Namun, untuk setiap wanita, efek dari perawatan rambut ini tergantung pada banyak faktor. Pasalnya setiap rambut memiliki tingkat pertumbuhan yang berbeda; berbagai kualitas rambut, panjang, volume, dan tiap wanita juga merawat rambut mereka dengan cara masing-masing. Jadi, semua ini berdampak pada pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Jika kamu lebih ingin menggunakan bahan alami sebagai cara melembutkan rambut, kamu bisa menggunakan beberapa bahan yang untungnya dapat kamu temukan dengan mudah. Selain itu, cara melembutkan rambut dengan bahan alami juga tergolong lebih aman, dibandingkan perawatan di salon yang menggunakan bahan kimia.

Baca juga: Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami 

Cara Melembutkan Rambut Menggunakan Bahan Alami 

Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan beserta tata cara menggunakannya:

  1. Santan dan Jus Lemon

Untuk menggunakan kedua bahan ini, begini caranya: 

  • Tambahkan satu sendok makan jus lemon segar ke dalam setengah cangkir santan.
  • Campur bersama dan buat pasta halus dan dinginkan campuran semalaman.
  • Keesokan paginya, oleskan campuran tersebut pada rambut dari akar hingga ujung.
  • Kenakan topi mandi untuk menghindari tetesan air.
  • Tunggu selama 30 hingga 45 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan gunakan sampo ringan.

Kamu bisa menggunakan cara ini sekali dalam seminggu. Cara ini cukup efektif karena santan kaya akan minyak lemak dan beberapa vitamin, seperti vitamin B1, B3, B5 dan B6 serta vitamin E. Ia juga mengandung mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium, dan lain-lain. Semua nutrisi ini memberikan nutrisi pada rambut kering dan membuatnya lebih lembut, halus, dan berkilau. Protein dalam santan juga akan membantu membuat rambut lebih halus dan berkilau. 

Sementara itu, jus lemon akan memberikan dorongan vitamin C untuk rambut. Jus lemon membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan menyehatkan serta memperkuat folikel rambut. Ia juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai limonene, yang membantu meremajakan rambut kering dan keriting dan membuatnya lebih halus.

Baca juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Merawat Rambut yang Kering

  1. Telur

Untuk menggunakan telur, zaitun, dan madu sebagai cara melembutkan rambut alami, kamu bisa mengikuti cara ini: 

  • Pisahkan satu putih telur dan kocok dalam mangkuk.
  • Sebagai tambahan, kamu bisa memilih beberapa campuran bahan lain seperti satu sendok makan minyak zaitun dan madu; 3–4 sendok makan minyak almond dan setengah cangkir yoghurt; empat sendok makan susu, dan tiga sendok makan madu; atau 2–3 sendok makan jus lemon segar.
  • Campur bersama dan buat pasta halus.
  • Oleskan ke seluruh rambut dari akar hingga ujung.
  • Tutupi rambut dengan topi mandi dan tunggu selama 30–40 menit sebelum membilasnya dengan sampo ringan. Ulangi sekali dalam seminggu.

Telur kaya akan protein yang membantu memperkuat folikel rambut dan juga mencegah kerusakan akibat kekeringan rambut. Kuning telur juga mengandung vitamin A, yang meningkatkan produksi sebum di kulit kepala dan menjaga kelembapan rambut serta kulit kepala.

Kuning telur juga mengandung asam lemak sehat yang melembapkan dan rehidrasi rambut kering dan dehidrasi dan menutup kutikula yang terbuka, sehingga membantu menghaluskan rambut kasar. Vitamin B dan vitamin E yang ada dalam kuning telur juga akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan cara ini, memastikan pasokan oksigen yang lebih baik ke folikel rambut yang pada gilirannya meremajakan rambut kering dan kusam.

Baca juga: Tips Melebatkan Rambut dengan Cara Alami 

  1. Gel Lidah Buaya 

Untuk menggunakan gel lidah buaya sebagai cara melembutkan rambut di rumah, begini caranya: 

  • Ambil setengah cangkir gel lidah buaya segar dan sebagai tambahkan kamu bisa memilih beberapa campuran lain, seperti tiga sendok makan yoghurt dan dua sendok makan minyak kelapa; atau 1 buah kuning telur beserta 1 hingga 2 sendok makan minyak zaitun yang sedikit hangat: atau sedikit campuran air saja. 
  • Campur bersama dan oleskan campuran ke seluruh rambut dari akar ke ujung.
  • Kenakan topi mandi dan biarkan tetap di rambut selama sekitar satu jam.
  • Cuci bersih dengan sampo ringan dan ulangi setidaknya dua kali dalam seminggu.

Lidah buaya bekerja sebagai kondisioner rambut yang baik, ini berkat sifat pelembapnya yang luar biasa. Lidah buaya kaya akan vitamin, mineral dan berbagai nutrisi lainnya, sehingga memberikan dorongan nutrisi pada folikel rambut dan menghasilkan rambut yang sehat, berkilau, dan halus. 

Selain itu, gel lidah buaya memiliki komposisi kimia yang mirip dengan keratin, yang merupakan protein utama dalam sel-sel rambut. Hal terbaik tentang penggunaan lidah buaya pada rambut adalah dapat menembus batang rambut dan folikel rambut secara efektif, memperbaiki kerusakan dari dalam, dan membuat rambut bersinar dalam kesehatan. Ini merawat kekeringan rambut dari dalam dan menghaluskan rambut dengan indah.

Jika kamu masih ragu, kamu juga bisa tanyakan pada dokter di Halodoc mengenai cara melembutkan rambut yang aman dan terbukti efektif. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan semua tips kesehatan yang kamu butuhkan, kapan dan di mana saja!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Beautiful Hamesha. Diakses pada 2021. How to do Hair Smoothening at Home – 8 Natural Methods.
Femina India. Diakses pada 2021. All You Need To Know About Hair Smoothening At Home.
Her ZIndagi. Diakses pada 2021. How To Do Hair Smoothening At Home Using Natural Ingredient.