• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Memulai Diet Keto untuk Pemula

Begini Cara Memulai Diet Keto untuk Pemula

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Memulai Diet Keto untuk Pemula

“Jika dilakukan dengan langkah yang tepat, diet keto dapat membantu kamu mendapatkan berat badan yang diinginkan. Sama seperti dengan pola diet lainnya, jika tidak dilakukan secara hati-hati, diet keto dapat memicu gangguan kesehatan pada seseorang. Jika ingin memulai, bagaimana sebaiknya diet keto dilakukan?”

Halodoc, Jakarta – Memiliki bentuk dan bobot tubuh ideal sudah pasti menjadi impian semua orang. Bahkan, banyak orang yang memutuskan diet jika dirasa berat badannya melesat dari yang diinginkan. Ada berbagai jenis diet yang bisa dilakukan, salah satunya adalah diet keto.

Jika kamu baru mulai mencoba diet keto, induksi adalah fase pertama yang harus dilakukan. Caranya dengan berhenti makan jam 8 malam, dan makan lagi keesokan harinya jam 12 siang. Fase induksi ini dilakukan selama 7 hari. Setelah fase induksi, begini cara memulai diet keto bagi pemula:

Baca juga: 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet

1. Disiplin dalam Menerapkannya

Cara memulai diet keto yang pertama adalah disiplin dalam penerapannya. Segala peraturan perlu ditaati, termasuk mengurangi asupan karbohidrat dan gula. Jika tetap mengonsumsi asupan karbohidrat dan gula, maka diet tidak akan berhasil, karena lemak dalam tubuh tidak dapat bertransmisi menjadi energi.

2. Mengalami Flu Keto

Di masa induksi, biasanya peserta diet akan mengalami flu keto. Kondisi tersebut ditandai dengan badan lemas dan kepala pusing. Flu keto terjadi akibat tubuh sedang menyesuaikan diri dengan hilangnya asupan karbohidrat. Tubuh juga mulai membiasakan diri membakar lemak sebagai sumber energi.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Mudah Naik

3. Jaga Asupan Tubuh

Saat mengalami ketosis, ginjal akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan lebih banyak cairan dan elektrolit. Ketosis sendiri adalah kondisi saat tubuh kekurangan asupan karbohidrat untuk dibakar menjadi energi.  Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi asupan sodium dan potasium, serta perbanyak minum air putih selama menjalani diet.

4. Perhatikan Riwayat Kesehatan

Jika kamu adalah pengidap tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, masalah pada empedu, atau penyakit kronis lainnya, sebaiknya diskusikan dulu dengan ahli gizi sebelum memulai diet keto.

5. Tulis Menu Makanan

Saat fase induksi berlangsung, kamu disarankan untuk memasukkan 20 gram karbohidrat saja ke dalam tubuh. Sedangkan untuk asupan lemak, kamu bisa mendapatkannya melalui daging sapi, ayam, kalkun, dan steak, bukan makanan olahan seperti sosis, nugget, dan bakso.

Baca juga: Benarkah Diet Sup Kubis Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat?

Itulah beberapa cara memulai diet keto bagi pemula. Kembali lagi, metabolisme tubuh masing-masing orang berbeda. Jika kamu tidak cocok melakukan diet keto, masih ada banyak metode diet lainnya yang dapat dicoba, seperti diet vegan, diet vegetarian, diet mediterania, diet rendah karbohidrat, dan lain-lain.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Steps Beginners Should Take Before Trying the Keto Diet.

Healthline. Diakses pada 2021. The Ketogenic Diet: A Detailed Beginner’s Guide to Keto.

Diet Doctor. Diakses pada 2021. A keto diet for beginners.