• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menanamkan Afirmasi Positif bagi Ibu Hamil

Begini Cara Menanamkan Afirmasi Positif bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Menanamkan Afirmasi Positif bagi Ibu Hamil

“Selama hamil, ibu mungkin cemas dan khawatir akan banyak hal. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan afirmasi positif, yakni pernyataan yang digunakan untuk menanamkan rasa positif terutama terkait kehamilan. Dengan mengulangnya setiap hari, maka manfaatnya akan bisa dirasakan.”

Halodoc, Jakarta – Afirmasi adalah pernyataan yang digunakan oleh seseorang dengan sengaja untuk menanamkan rasa positif dan tujuan dalam pikiran tentang subjek tertentu. Kamu pun dapat menggunakan frasa dan kalimat pendek ini untuk membantu diri fokus dan menerima pesan positif yang ingin kamu ingat.

Afirmasi positif akan sangat membantu selama kehamilan. Ini akan membantu ibu hamil mengelola ketakutan atau keraguan yang mungkin mereka alami. Hal ini akan memungkinkan ibu hamil untuk mereka menjalani sembilan bulan kehamilan dengan lebih tenang dan menyenangkan.

Baca juga: Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Self-Image

Beberapa Jenis Afirmasi Positif Selama Kehamilan 

Cara menanamkan afirmasi positif ini adalah dengan diulang setiap hari. Alhasil, afirmasi positif dapat membantu wanita mengubah perasaan negatif terkait kehamilan mereka menjadi perasaan positif.

Melihat afirmasi pada catatan di sekitar rumah, mobil, atau meja juga dapat membantu. Jadi, ibu hamil bisa terhindar dari rasa cemas.  Selain itu, berikut ini adalah beberapa contoh afirmasi yang dibuat khusus untuk wanita hamil:

“Saya menyambut baik dan menerima perubahan yang terjadi dalam tubuh saya.”

“Tubuhku yang sedang hamil tetap terlihat cantik.”

“Tubuh saya tahu bagaimana cara memberi makan dan membantu pertumbuhan bayi.”

“Bayi di dalam kandungan merasakan cinta yang aku miliki.”

“Bayi dan diri saya akan selalu sehat dan kuat.”

“Tubuh saya sudah siap untuk melahirkan.”

Baca juga:  6 Cara Mengatasi Ketakutan yang Biasa Dialami Ibu Hamil

Afirmasi Harus Bersifat Pribadi

Mungkin afirmasi tidak satu ukuran cocok untuk semua. Agar benar-benar bermanfaat, mereka perlu berbicara secara pribadi dengan setiap individu, mengatasi ketakutan dan kekhawatirannya yang berbeda-beda. 

Selain contoh yang diberikan sebelumnya, kamu juga bisa meminta saran dari psikolog mengenai jenis afirmasi yang bisa diulangi setiap hari. Ingat, afirmasi akan mendorong pola pikir yang sehat. 

Jika kamu ingin meminta bantuan psikolog dalam menanamkan afirmasi positif yang sangat berguna selama hamil, maka kamu bisa coba langsung bertemu dengan psikolog di rumah sakit. Kamu bisa buat janji lewat Halodoc supaya lebih mudah karena dengan begini kamu jadi tak perlu lagi antre lama di rumah sakit.

Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Khawatir Menjelang Waktu Persalinan

Mengapa Afirmasi Positif Sangat Baik Dilakukan Saat Kehamilan?

Meskipun tidak ada jaminan bahwa afirmasi benar-benar akan mengubah hasil kehamilan, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa afirmasi dapat mengurangi stres dan kecemasan. Hal ini kemudian membantu ibu hamil dan mempermudah mereka untuk istirahat, makan, dan menghindari masalah seperti sakit kepala dan kelelahan. Ditambah lagi, pikiran positif cenderung menumbuhkan perasaan positif, yang dapat membantu membuat pengalaman kehamilan lebih menyenangkan dan santai.

Studi menunjukkan bahwa menggunakan afirmasi positif berdampak pada jalur otak, meningkatkan aktivitas di area pikiran yang bertanggung jawab atas harga diri, pengaturan diri, dan nilai utama. Para peneliti percaya bahwa melakukan latihan rutin untuk mengatakan pernyataan yang meneguhkan dapat secara efektif mengalihkan fokus, dari emosi negatif atau stres ke kapasitas ekspansif diri sendiri untuk mengatasi, memperkuat kepercayaan diri, dan membawa ide-ide baru, strategi, energi, dan harapan untuk masa depan. Selain itu, afirmasi sangat mudah dilakukan, gratis, dan dapat diakses oleh semua orang.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Customized Communications. Diakses pada 2021. The Importance of Affirmations During Pregnancy.
National Health Service UK – Bolton. Diakses pada 2021. Affirmations.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Create and Use Positive Pregnancy Affirmations.