• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mencegah Kerutan Muncul di Area Mata

Begini Cara Mencegah Kerutan Muncul di Area Mata

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Begini Cara Mencegah Kerutan Muncul di Area Mata

Halodoc, Jakarta – Kulit akan kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia seseorang. Selain faktor usia, lingkungan, seperti paparan sinar matahari, serta genetika juga berperan dalam munculnya kerutan dan garis halus di wajah seseorang. Kulit di sekitar mata adalah area yang paling rentan mengalami tanda-tanda penuaan dini. Ini karena area di bawah bola mata adalah kulit tipis yang mengandung pembuluh darah.

Ketika kulit menjadi terlalu kering, bukan tidak mungkin kerutan di area mata akan muncul lebih cepat. Tentunya hal ini bisa mengganggu penampilan wajah, terlebih jika kamu masih berusia muda. Lantas, cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya kerutan di area mata?

Baca juga: 5 Faktor Penuaan Dini yang Perlu Kita Hindari

Tips Mencegah Kerutan di Area Mata

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mencegah timbulnya kerutan pada mata, mulai dari menggunakan produk perawatan kulit hingga menjalani pola hidup sehat. Ini beberapa tips yang wajib kamu coba: 

1. Senam Wajah

Senam wajah telah terbukti efektif untuk mengencangkan kulit di bawah mata. Contoh senam wajah yang bisa kamu lakukan contohnya, tersenyum, mengunyah, menggembungkan pipi, atau mengangkat dahi. 

2. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi bertujuan untuk mengelupas kulit mati dan kulit-kulit yang kering yang di wajah, termasuk di area sekitar mata. Selain menghilangkan sel kulit mati, eksfoliasi juga berfungsi untuk mendorong pertumbuhan sel kulit yang baru. Pilih produk yang lembut untuk mencegah iritasi. Pasalnya, kulit tipis di sekitar mata sangat sensitif terhadap bahan kimia keras. 

3. Gunakan Krim Mata

Kurangnya kelembapan dapat meningkatkan munculnya garis-garis halus di sekitar mata. Carilah pelembap yang mampu meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan sel baru. Retinol (turunan dari vitamin A), peptida, dan asam hialuronat adalah kandungan dalam skincare yang berfungsi mencegah penuaan dini. Nah, saat membeli skincare, kamu bisa memilih produk yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Baca juga: Cara Meratakan Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Produk dalam bentuk gel pendingin dan serum mungkin bekerja paling baik untuk melawan garis halus dan cocok digunakan untuk di area sekitar mata. Hindari mengoleskan pelembap yang sama untuk wajah ke area bawah mata, karena hal ini justru bisa membuat mata iritasi. Krim yang kamu gunakan pada bagian tubuh lainnya cenderung memiliki konsistensi yang terlalu kental untuk diserap oleh kulit di bawah mata, sehingga kulit tersebut pun rentan teriritasi.

4. Pakai Tabir Surya

Paparan sinar matahari nyatanya juga dapat menimbulkan garis-garis halus di area mata. Untuk mencegahnya, selalu kenakan tabir surya yang mengandung minimal SPF 30 saat keluar rumah, meski cuacanya terlihat mendung. Selain tabir surya, kamu bisa menggunakan topi atau kacamata hitam untuk melindungi mata. Silaunya cahaya matahari bisa membuat kamu menyipitkan mata. Ekspresi ini dapat menimbulkan kerutan jika sering kamu lakukan.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Vitamin C, A, dan E sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Nah, bagaimana jika vitamin-vitamin ini kamu konsumsi secara langsung? Tentu efeknya akan jauh lebih bagus. Faktanya, ada hubungan yang kuat antara pola makan sehat dan kulit kencang dan tampak lebih muda. Beberapa jenis buah dan sayuran yang mengandung vitamin tersebut, yaitu jeruk, wortel, dan labu. Kalau ingin mencegah kerutan, pastikan kamu rutin mengonsumsi makanan tersebut, ya!

Baca juga: 6 Kesalahan saat Melakukan Perawatan Wajah

Jika kamu punya masalah kulit yang sulit diatasi, kamu bisa bertanya ke dokter kulit lewat aplikasi Halodoc. Sekarang kamu tidak perlu repot ke luar rumah untuk bertemu dokter. Lewat Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Prevent Fine Lines Under Your Eyes.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Under eye wrinkles: How to get rid of lines.