• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mencegah Terjadinya Trichiasis

Begini Cara Mencegah Terjadinya Trichiasis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Mencegah Terjadinya Trichiasis

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu bahwa bulu mata manusia bisa saja mengalami kelainan, seperti misalnya arah pertumbuhannya masuk ke dalam dan melukai mata? Di dunia medis, kondisi ini disebut trichiasis. Akibat bulu mata yang tumbuh ke dalam, maka ia menyebabkan gesekan dengan kornea, konjungtiva, dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Jika terjadi, maka seseorang akan mengalami iritasi pada bagian tersebut.

Tak hanya iritasi, ada gejala lain yang akan dialami pengidapnya, seperti misalnya mata berair, sensitif terhadap cahaya terang (photophobia), dan pandangan yang mulai kabur atau samar-samar. Tidak perlu khawatir, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit mata ini.

Baca juga: 7 Langkah Atasi Belekan pada Mata Anak

Mencegah Trichiasis

Sebetulnya tidak semua penyebab trichiasis bisa dihindari, akan tetapi ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar kondisi ini tidak terjadi. Apabila kamu mengalami kemerahan pada mata, bengkak pada kelopak mata, sebaiknya segera periksakan langsung kepada dokter mata agar infeksi tidak berlanjut.

Pasalnya, semua jenis infeksi mata saja menyebabkan perubahan pada pertumbuhan bulu mata. Kamu juga bisa bertanya pada dokter di Halodoc mengenai langkah pengobatan yang bisa dilakukan.

Ingat, kamu tidak boleh mengobati sendiri infeksi mata dengan salep atau obat tetes mata yang dijual bebas. Gunakan alat pelindung mata saat infeksi, seperti kacamata google apabila selama kamu bekerja dengan paparan bahan kimia berbahaya agar tidak terciprat atau terkena mata.

Baca juga: Masalah pada Kelopak Mata, Ini Pengobatan Trichiasis yang Tepat

Lantas, Apa Saja Penyebab Trichiasis?

Pada beberapa kasus, trichiasis dan tidak diketahui seluk beluk penyebabnya. Meski begitu. kondisi ini bisa terjadi pada siapa pun, terutama orang dewasa. Ada beberapa penyebab trichiasis yang perlu kamu ketahui, antara lain: 

  • Infeksi. Trakhoma adalah infeksi pada mata dan kelopak mata yang disebabkan oleh Chlamydia trachomatis. Bakteri ini menyebabkan peradangan pada folikel bulu mata sehingga menimbulkan trichiasis. Infeksi lainnya yang menyebabkan trichiasis adalah blefaritis kronis. Blefaritis kronis merupakan peradangan kronis atau jangka panjang pada margin kelopak mata dan menyebabkan pertumbuhan bulu mata terganggu sehingga terjadi trichiasis. 
  • Penyakit Autoimun. Pemfigoid cicatricial okular yang dapat menimbulkan jaringan parut pada kelopak mata, sehingga menyebabkan arah pertumbuhan bulu mata berubah.
  • Peradangan. Penyakit peradangan seperti Sindrom Stevens-Johnson dan keratoconjunctivitis vernal dapat mengakibatkan adanya jaringan parut di sekitar dan pada folikel rambut bulu mata, sehingga menyebabkan pertumbuhan bulu mata terganggu. 
  • Trauma. Usai pembedahan di area mata atau luka bakar pada wajah yang mengenai kelopak mata.
  • Paparan Bahan Kimia. Bahan kimia alkali yang membakar mata, atau riwayat penggunaan tetes mata untuk glaukoma.

Baca juga: 3 Gejala Trichiasis yang Perlu Diwaspadai

Bagaimana Trichiasis Diobati?

Pengobatan untuk trichiasis difokuskan untuk menghilangkan bulu mata, folikel atau keduanya, supaya pertumbuhan bulu mata baru kembali normal. Terkadang trichiasis hanya mempengaruhi beberapa bulu mata, sehingga dokter hanya perlu mencabut bulu mata yang tumbuh ke arah bola mata dengan pinset. 

Jika terdapat banyak bulu mata yang tumbuh ke arah bola mata, tindakan bedah atau operasi perlu dilakukan supaya bisa menghilangkannya secara permanen. Teknik operasi yang dilakukan untuk trichiasis pada hampir seluruh bulu mata, antara lain:

  • Operasi ablasi bulu mata dengan menggunakan frekuensi radio atau laser untuk menghilangkan bulu mata dan folikel rambut yang tumbuh tidak normal.
  • Elektrolisis. Prosedur operasi ini menggunakan listrik untuk menghilangkan bulu mata secara permanen. Meskipun efektif, elektrolisis memakan waktu dan dapat menyebabkan nyeri pada mata.
  • Cryosurgery. Prosedur Ini menghilangkan bulu mata dan folikel dengan cara membekukannya.
  • Operasi Reposisi. Jika trichiasis disebabkan karena kelainan bawaan, seperti epiblepharon, dokter mata mungkin merekomendasikan operasi untuk memposisikan ulang bulu mata. 

Itulah hal yang perlu dipahami tentang trichiasis. Sebaiknya, apabila terjadi gangguan pada mata, segera periksakan ke dokter. Sebagai penanganan awal, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Segera ambil smartphone kamu dan gunakan fitur chat di Halodoc untuk mendiskusikan masalah ini dengan dokter terpercaya. 

Referensi:
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2020. Trichiasis Symptoms and Treatment.
WebMD. Diakses pada 2020. Protecting Your Child's Eyes and Vision.