• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menerapkan Hidup Sehat selama Pandemi

Begini Cara Menerapkan Hidup Sehat selama Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Menerapkan Hidup Sehat selama Pandemi

“Menerapkan dan menjaga gaya hidup sehat selama pandemi adalah hal yang penting. Selain menerapkan protokol kesehatan, ada beberapa cara lain yang perlu diterapkan perlahan ke dalam kehidupan sehari-hari. Cara-cara di bawah ini terbukti mampu membuat kualitas kesehatan kamu meningkat.”

Halodoc, Jakarta – Selama masa stres dan ketidakpastian selama pandemi ini, akan sangat mudah bagi seseorang untuk jatuh ke dalam kebiasaan buruk. Karena pandemi, seseorang bisa saja mengabaikan rutinitas sehat yang padahal sebelumnya sudah diterapkan. Padahal dengan menerapkan dan mempertahankan gaya hidup sehat, akan mendukung pikiran dan tubuh serta membuat kamu lebih siap untuk menghadapi kesulitan selama pandemi. 

Di tengah pandemi COVID-19, menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan sebuah keharusan demi terhindar dari infeksi virus corona. Berikut ini adalah cara menerapkan hidup sehat selama pandemi: 

Baca juga: Wajib Tahu, 5 Gaya Hidup Baru di Masa Pandemi

Jaga Pola Makan Sehat

Banyak orang meremehkan pentingnya pola makan sehat. Padahal nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan kesehatan mental. Konsumsilah makanan sehat secara rutin setiap hari seperti makan berbagai buah dan sayuran secara teratur. Batasi juga makanan berlemak dan manis. Pastikan juga untuk tidak melewatkan waktu makan karena ini bisa  memengaruhi kemampuan tubuh untuk berkonsentrasi.

Asupan nutrisi juga bisa kamu penuhi melalui suplemen dan vitamin. Kini suplemen dan vitamin tersebut juga bisa kamu dapatkan di Halodoc. Apalagi dengan layanan antar, kamu jadi tak perlu keluar rumah untuk mendapatkan obat. 

Rencanakan Kebiasan Baik untuk Hidup Sehat

Saat mencoba menciptakan atau mempertahankan kebiasaan sehat, sebaiknya direncanakan terlebih dahulu. Hidup telah banyak berubah belakangan ini, sehingga mungkin sulit untuk menyeimbangkan segalanya. Namun, mempersiapkan makan-makanan sehat dan bergizi, akan membantu kamu tetap pada jalurnya. Jadi cobalah pikirkan dan beli bahan makanan pada akhir pekan, agar pada saat hari kerja kamu tinggal mengolahnya menjadi makanan sehat. 

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Malas dengan Gaya Hidup Sehat

Cukupi Kebutuhan Air

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, itulah sebabnya kebutuhan cairan tubuh harus senantiasa dipenuhi. Studi menunjukkan bahwa minum cukup air tidak hanya membantu kamu mempertahankan berat badan yang sehat, tetapi juga tubuh yang sehat. Ia akan membantu kamu berpikir lebih jernih, memperlancar pencernaan, dan mempertahankan tingkat energi. Dianjurkan agar minum enam sampai delapan gelas cairan setiap hari (1,5 hingga 2 liter per hari). 

Tetap Aktif untuk Hidup Sehat

Tetap aktif  secara fisik sangat penting dilakukan di tengah pandemi. Sebab olahraga dapat membantu tubuh melepaskan endorfin yang dapat menyehatkan tubuh, dan membuat kamu merasa lebih bahagia. Agar olahraga di tengah pandemi berlangsung aman, kamu bisa kok melakukannya di rumah. 

Baca juga: Gaya Hidup Sehat yang Bisa Mencegah Diabetes 

Istirahat yang Cukup

Tidur sering menjadi salah satu hal pertama yang berubah saat rutinitas berubah. Cobalah tidur selama 7-9 jam tiap malamnya, seperti yang direkomendasikan para pakar. Tidur yang cukup dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Menurut penelitian, tidur nyenyak dapat membuat kamu lebih bahagia, meningkatkan daya ingat, meningkatkan sistem imun, dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

Jangan Memaksakan Diri

Terkadang kamu akan mengalami hari yang buruk dan kamu akan membuat pilihan yang tidak sehat. Ini adalah waktu yang sangat sulit bagi semua orang, jadi tidak apa-apa untuk merasa tidak baik-baik saja. Cobalah hubungi teman dan keluarga untuk mendapatkan dukungan jika kamu membutuhkannya.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Itulah beberapa cara menerapkan gaya hidup sehat selama pandemi, ingat baik-baik dan terapkan perlahan ya!

Referensi:
Circle Health. Diakses pada 2021. Maintaining a Healthy Lifestyle During COVID-19.
Patient. Diakses pada 2021. How to Maintain a Healthy Lifestyle During Lockdown.
School of Medicines and Health Sciences – The George Washington University. Diakses pada 2021.  Tips to Maintain a Healthy Lifestyle during a Pandemic.