• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mengatasi Biduran pada Ibu Menyusui

Begini Cara Mengatasi Biduran pada Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Mengatasi Biduran pada Ibu Menyusui

“Biduran dapat dialami oleh siapa saja, termasuk ibu menyusui. Biduran merupakan reaksi pada kulit ketika mengalami paparan alergen. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, seperti menjalankan pengobatan secara medis dan perawatan sederhana di rumah.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami bentol kemerahan yang disertai rasa gatal? Bisa jadi kamu mengalami kondisi biduran. Biduran adalah reaksi pada kulit ketika kamu mengalami paparan alergen. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk ibu menyusui.

Hindari mengatasi biduran pada ibu menyusui sembarangan. Sebaiknya ketahui cara tepat mengatasi biduran pada ibu menyusui agar kondisi ini bisa diatasi dengan baik. Selain menggunakan obat-obatan dengan resep dokter, ibu juga bisa melakukan berbagai perawatan sederhana di rumah, lho. Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Biduran, Alergi atau Sakit Kulit?

Cara Mengatasi Biduran pada Ibu Menyusui

Biduran muncul ditandai dengan bentol atau ruam yang berwarna kemerahan dan disertai dengan rasa gatal. Saat terpapar alergen, sistem imun akan memproduksi zat histamin yang menyebabkan munculnya gejala biduran.

Bukan hanya paparan alergen, kondisi ini juga rentan muncul pada ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester akhir hingga masa setelah persalinan dan menyusui. Biduran yang dialami ibu menyusui juga bisa menyebabkan gejala, seperti ruam kemerahan di seluruh tubuh dan tekstur kulit yang menjadi lebih kasar serta menebal.

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada ibu menyusui sehingga penanganan perlu dilakukan dengan tepat. Lalu, bagaimana mengatasi biduran pada ibu menyusui? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Pengobatan Medis

Kamu bisa mengunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter kulit. Hindari penggunaan obat-obatan sembarangan pada ibu menyusui. Untuk memastikan kondisi kesehatan ibu, gunakan resep dokter untuk mengatasi biduran yang dialami.

Pengobatan akan dilakukan untuk menurunkan gejala biduran. Penggunaan krim steroid kulit, seperti betamethasone valerate bisa digunakan untuk mengatasi biduran pada ibu menyusui. Namun, penggunaannya harus menggunakan resep dokter.

Bukan hanya itu, antihistamin, krim gatal, dan obat alergi juga bisa diberikan untuk mengurangi gejala biduran dengan saran dan anjuran dokter.

Baca juga: Biduran Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

2. Pengobatan Alami di Rumah

Sambil melakukan pengobatan medis, ibu juga bisa melakukan berbagai cara sederhana di rumah untuk mengatasi biduran. Tentunya, perawatan ini membantu ibu menurunkan gejala biduran sehingga menjadi lebih nyaman.

  • Ibu dapat mengompres bagian yang mengalami biduran dengan kompres dingin untuk mengurangi rasa gatal.
  • Perbanyak waktu istirahat bersama Si Kecil untuk meningkatkan imun tubuh. Pastikan ibu beristirahat di ruangan yang nyaman dan aman.
  • Ibu bisa mencoba oleskan lidah buaya yang telah dimasukkan ke dalam lemari pendingin untuk meringankan gejala.
  • Gunakan pelembap kulit untuk menghindari kulit menjadi kering dan meningkatkan risiko gejala biduran.
  • Perbanyak mengonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi.
  • Hindari menggunakan baju yang terlalu ketat karena bisa menyebabkan rasa gatal.
  • Hindari mandi menggunakan air hangat.
  • Jangan menggaruk bagian tubuh yang gatal akibat biduran. Untuk mengurangi rasa gatal, ibu bisa memijat atau mengelus bagian yang gatal dengan lembut.
  • Hindari paparan alergen jika ibu tahu apa yang dapat memicu alergi.
  • Kelola stres dan buatlah diri senyaman mungkin.

Baca juga: 4 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Biduran

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi biduran pada ibu menyusui. Biduran bukan suatu penyakit yang menular jika tidak disebabkan oleh virus.

Maka dari itu, ibu masih diperbolehkan untuk tetap menyusui Si Kecil tanpa perlu khawatir Si Kecil akan tertular. Jika masih memiliki pertanyaan saat mengalami biduran waktu menyusui, ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:

Firstcry Parenting. Diakses pada 2021. Hives and Breastfeeding – Can You Pass on the Allergy to Your Baby?

Healthline. Diakses pada 2021. All About Treating Hives After Pregnancy.

Healthfully. Diakses pada 2021. How to Treat Hives in Breastfeeding Moms.