• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mengatasi Mual setelah Olahraga

Begini Cara Mengatasi Mual setelah Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Mengatasi Mual setelah Olahraga

“Mual setelah olahraga memang salah satu masalah yang umum terjadi. Jika masalah ini sering terjadi, ada baiknya kamu mengetahui beberapa cara atasi rasa mual tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi minuman olahraga.”

Halodoc, Jakarta – Berolahraga sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh untuk tetap bugar. Rutin berolahraga juga mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, perhatikan kondisi setelah kamu berolahraga.

Setelah melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang tinggi, terkadang kamu dapat mengalami beberapa masalah. Salah satu yang dapat terjadi adalah mual. Jika masalah ini sering terjadi, ada baiknya kamu tahu cara atasi mual setelah olahraga. 

Baca juga: Mual Setelah Berolahraga? Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Atasi Mual setelah Olahraga yang Efektif

Mual setelah berolahraga adalah efek samping negatif yang terbilang umum terjadi tetapi mudah untuk dihindari untuk kebanyakan kasus. Faktanya, olahraga memengaruhi saluran pencernaan, sehingga seseorang terkadang mengalami masalah ini setelahnya. 

Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Prz Gastroenterol, disebutkan jika gangguan pada saluran pencernaan termasuk gejala umum yang memengaruhi 20-70% atlet. Disebutkan juga jika gejala-gejala ini tampaknya paling memengaruhi daya tahan atlet. Sebanyak 83% pelari maraton mengalami gejala dari gangguan pencernaan setelah berlari, termasuk juga mual.

Lalu, apa saja sih cara atasi mual setelah berolahraga yang bisa kamu lakukan? Nah, kamu dapat mencoba beberapa hal berikut ini:

1. Mengonsumsi Minuman Olahraga

Salah satu cara atasi mual setelah olahraga dengan mengonsumsi minuman olahraga. Rasa mual dapat berkurang karena minuman ini mengandung beberapa karbohidrat yang mudah untuk disebar ke seluruh tubuh, seperti glukosa dan fruktosa. Cara ini membantu tubuh untuk memproduksi oksida nitrat yang bisa meningkatkan aliran darah ke organ di perut.

Selain itu, memang minuman olahraga sangat baik untuk mengatasi mual. Sebab, cairan karbohidrat ini dapat dengan cepat dicerna yang menyebabkan pengiriman cairan lebih cepat dan membantu untuk mengosongkan lambung. Dengan begitu, kamu dapat merasa lebih baik dan mencegah segala gejala yang berhubungan dengan mual.

Baca juga: Ketahui Penyebab Pusing setelah Olahraga

2. Jalan dengan Lambat

Kamu juga dapat berjalan dengan lambat setelah berolahraga sebagai cara atasi mual. Cara ini disebut-sebut adalah yang paling baik untuk dilakukan guna meminimalisir rasa mual dan bahkan mencegahnya untuk terjadi. Berjalan lambat setelah melakukan aktivitas fisik yang berat juga dapat dilakukan sebagai pendinginan tubuh.

3. Berbaring dengan Kaki Lebih Tinggi

Cara atasi mual setelah berolahraga berikutnya bisa dilakukan dengan mengambil posisi berbaring dan mengangkat kaki lebih tinggi dari perut. Hal ini dilakukan untuk membantu mengarahkan darah kembali ke jantung dan sistem pencernaan. Dengan begitu, rasa mual dapat menurun secara bertahap hingga rasa mual menghilang.

Jika masalah mual setelah olahraga ini sering terjadi dan bahkan jika olahraga sudah selesai berjam-jam lamanya, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan karena bisa saja disebabkan oleh suatu penyakit. Kamu bisa melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc untuk memastikannya. Untuk mendapatkan akses ini, download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: Asam Lambung Naik saat Olahraga, Ini Penyebabnya

Hindari Makan Berlebihan Sebelum Olahraga untuk Cegah Mual

Mual dapat terjadi selama olahraga disebabkan oleh darah yang mengalir ke saluran pencernaan dan perut harus dialihkan ke otot-otot yang digunakan untuk melakukan aktivitas fisik. Sehingga, terjadinya perlambatan pencernaan dan menimbulkan ketidaknyamanan berupa mual hingga muntah.

Jika kamu makan dalam kurun waktu dua jam sebelum olahraga, pengurangan aliran ke saluran sistem pencernaan dapat menambah rasa mual. Masalah ini bahkan dapat menyebabkan pusing yang disebabkan oleh dehidrasi dan sering kali membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Maka dari itu, pastikan untuk menghindari makan tepat sebelum berolahraga agar mual tidak terjadi. Hindari juga konsumsi makanan yang kaya kandungan lemak dan protein karena dapat memakan waktu dua kali lebih lama untuk dicerna, seperti roti atau pisang.

Jenis makanan tersebut yang rentan menyebabkan seseorang mual. Sebaiknya pilih makanan yang mudah untuk dicerna. Itulah penjelasan tentang cara atasi mual setelah olahraga. Jadi, jangan sepelekan setiap kondisi yang mungkin dapat terjadi usai kamu berolahraga, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Avoid Nausea After Exercise.
Self. Diakses pada 2021. What Causes Nausea After Working Out?
Medical News Today. Diakses pada 2021. Nausea after a workout: Is it normal?