• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mengatasi Tenggorokan Bengkak Akibat Faringitis

Begini Cara Mengatasi Tenggorokan Bengkak Akibat Faringitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Pernah atau sedang mengalami sakit tenggorokan dan disertai pembengkakan di leher bagian? Awas, barangkali kondisi tersebut menandai adanya faringitis. Masih asing dengan masalah medis ini?  Faringitis merupakan inflamasi atau peradangan pada faring, salah satu organ di dalam tenggorokan. 

Organ ini menghubungkan rongga belakang hidung dengan bagian belakang mulut. Ketika seseorang mengidap faringitis, maka tenggorokannya akan terasa gatal, sulit menelan, hingga membuat tenggorokan bengkak. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi tenggorokan bengkak akibat faringitis? 

Baca juga: Tenggorokan Gatal dan Sulit Menelan, Waspada Faringitis

Gegara Serangan Virus dan Bakteri

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya untuk berkenalan dulu dengan penyebab faringitis. Dalam kebanyakan kasus, faringitis disebabkan oleh virus. Namun, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh bakteri, seperti bakteri grup A streptococcus. Awas, faringitis yang diakibatkan oleh virus ini bisa menular. 

Penyebaran penyakit ini bisa melalui udara seperti menghirup butiran air ludah atau sekresi hidung yang dikeluarkan oleh pengidapnya. Selain itu, penularan faringitis juga bisa melalui benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh virus dan bakteri. 

Kembali ke tajuk utama, bagaimana sih cara mengatasi tenggorokan bengkak akibat faringitis? 

Dari Pola Makan hingga Air Garam

Pada dasarnya, agar tenggorokan kembali sehat, mau tak mau penyakit ini harus diatasi hingga tuntas. Nah, pengobatan faringitis ini dilakukan berdasarkan penyebabnya. Bila disebabkan oleh virus, maka penanganan mandiri dapat dilakukan di rumah guna memulihkan kondisi, hingga sistem imun mengalahkan infeksi tersebut.

Baca juga:  Awas, Hindari Makanan-Makanan Ini Saat Sakit Tenggorokan

Untungnya terdapat berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi faringitis. Nah, berikut ini beberapa cara untuk mengobati faringitis:

  1. Hindari memakan makanan yang pedas, panas, dan berminyak

  2. Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti parasetamol dan ibuprofen untuk meredakan sakit tenggorokan. 

  3. Konsumsi kaldu hangat.

  4. Minum cairan lebih banyak untuk melegakan tenggorokan.

  5. Perbanyak minum minuman hangat

  6. Jangan merokok karena hal ini akan memperparah faringitis.

  7. Menggunakan pelembap udara di dalam ruangan.

  8. Mengonsumsi permen pelega tenggorokan, untuk meredakan nyeri tenggorokan. 

  9. Berkumur dengan air garam yang hangat. 

Terapi pada pengidap faringitis viral dapat diberikan aspirin atau asetaminofen  untuk membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan. Pengidap dianjurkan untuk beristirahat di rumah dan minum yang cukup.

Namun, andaikan faringitis disebabkan oleh bakteri, maka pengobatannya lain lagi. Di sini dokter akan memberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri. Jenis antibiotik yang dipilih biasanya penisilin atau amoxicillin. Ingat, ikuti anjuran dokter atau aturan penggunaan obat saat mengonsumsi antibiotik.

Baca juga: Batuk Sering Kambuh, Awas Gejala Radang Tenggorokan

Beragam Gejala yang Muncul

Berbicara gejala faringitis, sama halnya membicarakan berbagai keluhan. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini enggak cuma satu-dua kondisi saja. Sebab ketika seseorang mengidap faringitis, ia bisa saja mengalami gejala-gejala seperti: 

  • Tenggorokan bengkak.

  • Pilek dan bersin.

  • Gatal dan kering ditenggorokan.

  • Faringitis memiliki beberapa gejala yang sering muncul. Gejala yang sering muncul pada faringitis adalah.

  • Rasa nyeri di telinga.

  • Suhu tubuh naik.

  • Mual.

  • Rasa lesu dan nyeri di sendi.

  • Tidak nafsu makan.

  • Pusing.

  • Batuk.

  • Bila laring terkena suara menjadi parau atau serak. Pada pemeriksaan tampak faring akan menjadi merah dan menjadi kering serta gambaran, seperti kaca dan dilapisi oleh sekresi mukus. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah faringitis atau sakit tenggorokan? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi: 

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases & Conditions. Sore Throat.

Healthline. Diakses pada 2020. Pharyngitis.

Medscape. Diakses pada 2020. Viral Pharyngitis.