• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menggunakan Miconazole Nitrate dengan Benar

Begini Cara Menggunakan Miconazole Nitrate dengan Benar

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Menggunakan Miconazole Nitrate dengan Benar

“Miconazole Nitrate adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit seperti tinea pedis, gatal di selangkangan, kurap, dan infeksi kulit jamur lainnya (kandidiasis). Sebelum menggunakan obat ini ada baiknya kamu berdiskusi dengan dokter, karena obat ini sensitif terhadap kondisi tertentu dan tidak bisa digunakan bersamaan dengan jenis obat lainnya.”

Halodoc, Jakarta – Miconazole Nitrate adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit seperti tinea pedis, gatal di selangkangan, kurap, dan infeksi kulit jamur lainnya (kandidiasis). Obat ini juga digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang dikenal sebagai pityriasis (tinea versikolor), infeksi jamur yang menyebabkan penggelapan kulit leher, dada, lengan, atau kaki.

Miconazole adalah antijamur azole yang bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan jamur. Bagaimana cara menggunakan Miconazole Nitrate dengan benar? Baca selengkapnya di sini!

Gunakan di Kulit dan Sesuai Petunjuk Dokter

Gunakan Miconazole Nitrate pada kulit saja. Bersihkan dan keringkan secara menyeluruh area yang akan dirawat. Oleskan obat ini ke kulit yang terkena, biasanya dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter. 

Jika kamu menggunakan obat dalam bentuk semprotan, kocok botol dengan baik sebelum digunakan. Dosis dan lama pengobatan tergantung pada jenis infeksi yang diobati. Jangan menerapkan ini lebih sering dari yang ditentukan. Kondisi kamu tidak akan sembuh lebih cepat, tetapi efek sampingnya mungkin meningkat.

Baca juga: Berbagai Cara Mengatasi Infeksi Kulit Jamur

Oleskan obat secukupnya untuk menutupi area yang terkena dan beberapa kulit di sekitarnya. Setelah menerapkan obat ini, cuci tangan dengan baik. Jangan membungkus, menutupi, atau membalut area tersebut kecuali diarahkan oleh dokter.

Jangan mengoleskan obat ini di mata, hidung, mulut, atau vagina. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Ingatlah untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.

Lanjutkan menggunakan obat ini sampai jumlah yang ditentukan habis, bahkan jika gejala hilang setelah memulai pengobatan Miconazole Nitrat. Menghentikan pengobatan terlalu dini dapat membuat jamur terus tumbuh, yang dapat menyebabkan kekambuhan infeksi. Beri tahu dokter jika kondisi yang kamu alami berlanjut atau malah memburuk. Informasi mengenai cara penggunaan Miconazole Nitrate bisa ditanyakan melalui aplikasi Halodoc!

Baca juga: Ketahui Perbedaan Gatal Biasa dengan Gatal Diabetes

Ketahui Efek Samping dari Penggunaan Miconazole Nitrate

Penggunaan Miconazole Nitrate bisa menyebabkan efek samping mulai dari sensasi terbakar, menyengat, bengkak, iritasi, kemerahan, benjolan seperti jerawat, nyeri saat ditekan, atau pengelupasan pada kulit yang dirawat. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, segera beri tahu dokter atau hentikan pemakaian.

Jika dokter telah mengarahkan kamu untuk menggunakan obat ini, ingatlah bahwa dokter telah menilai bahwa manfaatnya bagi kamu lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini dan tidak mengalami efek samping yang serius.

Beri tahu dokter segera jika salah satu dari efek samping yang tidak biasa tetapi serius ini terjadi. Misalnya seperti luka mengalir ataupun luka terbuka, ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, serta kesulitan bernapas.

Baca juga: Pantangan Eksim, Hindari 9 Makanan Ini

Sebenarnya efek samping obat pada masing-masing orang bisa jadi berbeda. Jika kamu mengalami efek samping di luar dari yang disebutkan sebelumnya, ada baiknya kamu segera menghubungi dokter.

Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun sebelum berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu. Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker tentang semua obat yang kamu gunakan. Bisa jadi obat yang kamu konsumsi sebelumnya kemungkinan berinteraksi dengan Miconazole Nitrate. 

Kalau kamu memiliki penyakit atau kondisi tertentu, juga perlu menginformasikan kepada dokter sebelum memutuskan akan menggunakan obat ini. Beberapa penyakit tersebut adalah diabetes, HIV atau AIDS, masalah sistem kekebalan tubuh, kondisi kesehatan kronis lainnya, menjalani perawatan kemoterapi baru-baru ini, hamil atau mencoba hamil, dan sedang menyusui.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Miconazole Nitrate Topical.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Miconazole Skin Cream.