• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menghilangkan Stres bagi Pelajar di Masa Pandemi

Begini Cara Menghilangkan Stres bagi Pelajar di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Menghilangkan Stres bagi Pelajar di Masa Pandemi

“Berbagai perubahan dalam kehidupan sehari-hari tidak pelak membuat pelajar dilanda stres. Namun, ada cara menghilangkan stres yang bisa dicoba, seperti menerapkan gaya hidup sehat, mencari cara untuk fokus, dan tetap terhubung dengan teman-teman.”

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19 memberi dampak pada kehidupan semua orang, tak terkecuali pelajar. Pembelajaran jarak jauh dengan tugas menumpuk, tidak bisa bermain di luar bersama teman-teman, tentunya membuat stres meningkat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stres bagi pelajar di masa pandemi? Yuk simak tipsnya!

Baca juga: Inilah 6 Hobi yang Bisa Meredakan Stres

Cara Menghilangkan Stres bagi Pelajar

Merasa stres selama pandemi sebenarnya adalah yang wajar. Namun, jangan biarkan itu mengganggu kualitas hidup kamu, ya. Berikut ini cara menghilangkan stres bagi pelajar, yang bisa dicoba:

  1. Jaga Kesehatan

Jiwa yang sehat pada dasarnya berawal dari tubuh yang sehat pula. Cobalah ingat-ingat, apakah kamu sudah makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan tidur yang cukup? Jika belum, melakukan perbaikan dari aspek ini bisa membantu.

  1. Temukan Cara untuk Fokus

Kamu mungkin merasa tidak termotivasi selama pandemi, karena banyak aktivitas yang dibatasi. Sadari bahwa keadaan saat ini sulit bagi semua orang. Lakukan saja yang terbaik yang kamu bisa, untuk tetap fokus.

Misalnya, dengan menetapkan rutinitas, kapan harus tidur, kapan harus bangun, makan, bersantai, dan lain-lain. Cobalah juga untuk membuat ruang belajar terpisah dari anggota keluarga lainnya. 

  1. Tetap Terhubung dengan Teman-Teman

Selama berada di rumah saja, kamu mungkin jadi sedikit menjadi jauh dari teman-teman dan merasa kesepian. Namun, kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk tetap terhubung dengan teman-teman, lho. Misalnya dengan rutin melakukan panggilan video.

  1. Temukan Cara untuk Mengelola Kekecewaan

Pandemi membuat banyak aktivitas sekolah jadi berubah, atau bahkan ditiadakan. Entah itu magang, atau upacara kelulusan, berbagai peristiwa penting mungkin tidak terjadi selama pandemi dan membuat kamu kecewa.

Namun, cobalah pikirkan tentang bagaimana kamu mengapresiasi diri atas banyak hal yang telah kamu capai. Temukan cara baru untuk merayakannya. Pertimbangkan untuk membuat ulang acara penting setelah kondisi aman.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Cara Cepat Meredakan Stres

  1. Batasi Konsumsi Media

Tentu saja, ada baiknya untuk tetap mendapat informasi, terutama tentang apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Namun, terlalu banyak berita yang kamu baca atau tonton bisa jadi menambah kecemasan

Sebagai cara menghilangkan stres selama pandemi, cobalah untuk membatasi konsumsi media dan berita tentang COVID-19. Batasi informasi yang salah dengan mengandalkan sumber terpercaya saja.

  1. Fokus Pada Hal-Hal yang Dapat Kamu Kendalikan

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak orang yang melanggar peraturan pencegahan COVID-19. Hal ini mungkin membuat kamu stres, tetapi cobalah untuk fokus saja pada hal-hal baik yang bisa kamu kendalikan, seperti diri kamu sendiri dan keluarga terdekat. 

Jika cara menghilangkan stres tadi tak membantu, tidak ada salahnya untuk minta bantuan ahli. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan psikiater di rumah sakit, dan mendapatkan penanganan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Insider. Diakses pada 2021. 6 Scientifically-Proven Techniques Students Can Use to Relieve Stress This School Year.