• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mengobati Basal Cell Carcinoma

Begini Cara Mengobati Basal Cell Carcinoma

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Sebagian basal cell carcinoma (BCC) dapat diobati dan disembuhkan. Perawatan yang segera dilakukan sangat penting, karena saat tumor tumbuh, itu akan menjadi lebih berbahaya dan berpotensi jadi membekas. Dibutuhkan perawatan yang lebih luas dan dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati. 

Jika kamu didiagnosis dengan BCC ringan atau diketahui sejak dini, sejumlah perawatan efektif dapat dilakukan pada pengidap rawat jalan, menggunakan anestesi lokal dengan nyeri yang minimal. Setelah itu, sebagian besar luka dapat sembuh secara alami, meninggalkan bekas luka minimal. Pilihan perawatan meliputi:

1. Kuretase dan Elektroda (Bedah Elektro)

Dokter kulit akan mengikis BCC menggunakan kuret (instrumen tajam dengan ujung berbentuk cincin), kemudian menggunakan panas atau bahan kimia untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa, menghentikan pendarahan dan menutup luka. Dokter dapat mengulangi prosedur ini beberapa kali selama sesi yang sama sampai tidak ada sel kanker yang tersisa. Biasanya, prosedur meninggalkan bekas luka bulat, keputihan menyerupai luka bakar sundutan rokok di area operasi. 

Baca juga: Waspadai Komplikasi yang Disebabkan Basal Cell Carcinoma

2. Operasi Mohs

Bedah Mohs dilakukan selama satu kunjungan dokter secara bertahap. Dokter bedah mengangkat tumor yang terlihat dan margin jaringan yang sangat kecil di sekitar dan di bawah lokasi tumor. Dokter bedah memberi kode warna pada jaringan dan menggambarkan peta yang berkorelasi dengan lokasi bedah pada pengidap. 

Kemudian, ahli bedah memeriksa jaringan di bawah mikroskop untuk melihat apakah ada sel kanker yang tersisa. Jika demikian, ahli bedah akan kembali pada pengidap dan mengangkat lebih banyak jaringan persis di mana sel-sel kanker berada. Dokter mengulangi proses ini hingga tidak ada bukti kanker lagi. Kemudian luka mungkin ditutup atau dalam beberapa kasus, dibiarkan sembuh dengan sendirinya. 

3. Operasi Eksisi

Prosedur ini menggunakan pisau bedah, ahli bedah mengangkat seluruh tumor bersama dengan jaringan di sekitarnya dan membawanya ke laboratorium untuk dianalisis. Tepi kulit yang dihilangkan tergantung pada ketebalan dan lokasi tumor. Jika pada pemeriksaan lab ditemukan sel-sel kanker di luar margin, operasi lebih lanjut dapat dilakukan di kemudian hari sampai margin bebas kanker. 

Baca juga: Sama-Sama Menyerang Mata, Ini Perbedaan Bintitan dan Kalazion

4. Terapi Radiasi

Dokter menggunakan sinar-X energi rendah untuk menghancurkan tumor, tanpa perlu memotong atau anestesi. Penghancuran tumor mungkin memerlukan perawatan selama beberapa minggu atau perawatan harian untuk waktu yang ditentukan. 

5. Terapi Fotodinamik

Dokter kulit menggunakan obat topikal untuk membuat lesi sensitif terhadap cahaya, atau menyuntikkan obat ke dalam tumor. Setelah dibiarkan beberapa waktu untuk penyerapan, dokter menggunakan sinar biru atau laser pewarna yang menyebabkan reaksi untuk menghancurkan BCC. Setelah prosedur, pengidap harus benar-benar menghindari sinar matahari selama setidaknya 48 jam, karena paparan UV akan meningkatkan aktivasi obat dan dapat menyebabkan sengatan sinar matahari yang parah. 

6. Cryosurgery

Dokter kulit menggunakan aplikator kapas atau alat semprot untuk menerapkan nitrogen cair untuk membekukan dan menghancurkan tumor. Kemudian, lesi dan kulit di sekitarnya dapat melepuh atau menjadi kerak dan mengelupas, sehingga kulit yang sehat dapat muncul. 

Baca juga: Ini 6 Makanan Pelancar Haid Saat Puasa

7. Operasi Laser

Pada prosedur ini, dokter kulit mengarahkan sinar cahaya yang kuat pada tumor untuk menargetkan superfisial. Beberapa laser mengempiskan kanker kulit sementara yang lain (laser non-ablatif) mengubah sinar cahaya menjadi panas, yang menghancurkan tumor tanpa melukai permukaan kulit. 

8. Obat Topikal

Ini merupakan krim atau gel yang diaplikasikan langsung ke area kulit yang terkena untuk mengobati BCC superfisialis dengan risiko parut minimal. Imiquimod mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel kanker. 

Itulah beberapa pilihan pengobatan yang dapat kamu lakukan. Jika ingin mengetahui pilihan obat mana yang cocok untuk masalah yang kamu alami, sebaiknya tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk saran yang tetap. Dengan di rumah saja, kamu dapat berkomunikasi pada dokter hanya melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya untuk dapat mendapatkan kemudahannya!

Referensi:
Skin Care Foundation. Diakses pada 2020. Basal Cell Carcinoma Treatmen.