• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mengontrol Diabetes pada Lansia

Begini Cara Mengontrol Diabetes pada Lansia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Mengontrol Diabetes pada Lansia

“Diabetes menjadi salah satu penyakit yang rentan dialami oleh lansia. Sebaiknya lakukan ini untuk mengontrol diabetes pada lansia, seperti menjalani pola makan tepat, rutin berolahraga, lakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin, pemeriksaan kesehatan, hingga melakukan gaya hidup sehat.”

Halodoc, Jakarta – Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Kondisi ini bisa memicu berbagai gangguan pada organ tubuh. Bahkan, jika tidak dikontrol dan dirawat dengan baik pengidap diabetes bisa saja mengalami berbagai komplikasi pada kesehatannya.

Diabetes bisa dialami oleh siapa saja, tetapi kondisi ini lebih sering dialami oleh lansia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya pola makan yang kurang sehat dan jarang berolahraga. Karena itu, para lansia sangat rentan mengalami diabetes tipe 2. Lalu, bagaimana mengontrol diabetes pada lansia? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Baca juga: Kenali Perbedaan Prediabetes dan Diabetes

Cara Mengontrol Diabetes pada Lansia

Pertambahan usia yang terjadi membuat tubuh mengalami penurunan fungsi. Kondisi ini membuat lansia lebih rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti diabetes. 

Penyakit diabetes terdiri dari dua jenis tipe diabetes yang berbeda, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Umumnya, para lansia lebih rentan mengalami diabetes tipe 2. Pertambahan usia membuat tubuh tidak sensitif terhadap insulin atau kadar gula. Kondisi ini membuat insulin yang ada di dalam tubuh tidak digunakan dengan baik. Selain itu, pertambahan usia membuat aktivitas fisik juga semakin menurun sehingga risiko diabetes tipe 2 semakin meningkat.

Lalu, bagaimana jika lansia mengidap diabetes? Diabetes pada lansia dapat memicu berbagai gejala, seperti kelelahan, meningkatnya rasa haus, penurunan berat badan, hingga gangguan buang air kecil. 

Sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan jika lansia mengalami beberapa gejala terkait dengan penyakit diabetes. Berikut ini cara mengontrol diabetes pada lansia yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Menjalani Pola Makan Tepat

Lansia yang didiagnosis mengalami diabetes sebaiknya memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Menjalani pola makan tepat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol diabetes pada lansia.

Perbanyak pengonsumsian sayuran, buah, serat, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan lemak tak jenuh. Sebaiknya, batasi asupan makanan yang mengandung gula atau pemanis buatan, lemak jenuh, hingga karbohidrat sederhana.

Selain jenis makanan yang dikonsumsi, kamu juga perlu mengetahui seberapa banyak dan kapan waktu yang tepat untuk lansia makan agar kondisi kesehatannya tetap optimal.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik Sederhana

Meskipun usia semakin bertambah, sebaiknya jangan lupa untuk selalu melakukan aktivitas fisik secara rutin. Lansia bisa melakukan berbagai kegiatan sederhana di dalam rumah, seperti berjalan di dalam rumah atau membereskan rumah.

Jika kondisi kesehatan masih optimal, tidak ada salahnya untuk rutin melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau melakukan aerobik.

Selain mengontrol kadar gula darah, olahraga rutin juga bisa membantu lansia untuk mengontrol berat badan agar tetap stabil sehingga terhindar dari kondisi obesitas. Obesitas menjadi salah satu pemicu diabetes pada lansia. Jangan lupa untuk selalu mendampingi lansia saat melakukan aktivitas fisik atau olahraga agar terhindar dari cedera.

Baca juga: Waspada, 5 Penyakit yang Umum Muncul pada Lansia

  1. Lakukan Pengecekan Kadar Glukosa Secara Rutin

Kamu bisa menyiapkan alat untuk mengecek kadar glukosa di rumah. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pengecekan kadar glukosa lansia secara rutin di rumah.

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk tahu seberapa sering kamu perlu mengecek kadar gula darah lansia. Kamu bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

  1. Lakukan Pengobatan dengan Baik

Pastikan lansia menjalani pengobatan yang dianjurkan oleh dokter secara rutin, meskipun dalam kondisi yang sehat. Dengan begitu, kadar gula darah dapat dikontrol dengan baik.

  1. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin

Selain memastikan kadar gula darah tetap stabil, kamu juga perlu membawa lansia ke rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Lakukan pengecekan terhadap kolesterol, tekanan darah, kesehatan mata, kesehatan gigi dan mulut, serta ginjal. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada komplikasi yang dialami oleh lansia.

  1. Gaya Hidup Sehat

Pastikan lansia menjalani gaya hidup sehat dengan berhenti merokok, memperbanyak waktu tidur dan istirahat, serta perbanyak mengonsumsi air putih untuk mengontrol diabetes pada lansia.

Baca juga: Waspada Pengidap Diabetes Rentan Terkena Penyakit Mata Ini

Itulah cara mengontrol diabetes pada lansia. Jangan lupa untuk selalu mendampingi para lansia dan berikan dukungan secara langsung agar kondisi kesehatan fisik dan mental tetap dalam kondisi yang optimal.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Understanding Type 2 Diabetes.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Type 2 Diabetes.
American Diabetes Association. Diakses pada 2021. Diabetes Management in Elderly.
National Institute on Aging. Diakses pada 2021. Diabetes in Older People.