• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Bekerja

Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Bekerja

Halodoc, Jakarta - Pekerjaan yang terlalu banyak tentu membuat kepala menjadi pusing dan memengaruhi fisik seseorang. Bukan hanya itu, ternyata mental juga dapat terpengaruh karena perasaan stres yang timbul akibat bertumpuknya tugas yang harus dikerjakan. Maka dari itu, setiap orang yang bekerja harus tahu cara untuk menjaga kesehatan mental agar tetap prima, meski beban pekerjaan yang dilakukan banyak. Berikut beberapa caranya!

Menghindari Stres yang Berdampak Buruk pada Kesehatan Mental di Kantor

Stres yang terjadi akibat pekerjaan memang terbilang umum terjadi, tetapi jika dibiarkan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan. Perasaan stres yang berlebih memang tidak hanya menciptakan emosi negatif yang melemahkan, tetapi juga membuat tingkat produktivitas seseorang menjadi lebih rendah dan kesulitan untuk berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga: Ini Peran Perusahaan Menjaga Kesehatan Mental Pekerjanya

Memang ada stigma tersendiri terkait gangguan kesehatan mental yang kerap dianggap jika pengidapnya tidak tahan banting dan sebagainya. Padahal, menjaga mental untuk tetap prima dibutuhkan semua orang karena efeknya tidak terlihat berbeda dengan dampak secara fisik. Maka dari itu, setiap orang harus tahu beberapa cara yang efektif untuk menjaga kesehatan mental saat mengalami stres berlebihan di kantor. Berikut ini beberapa caranya:

1. Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Setiap orang yang ingin menjaga kesehatan mental untuk tetap prima saat bekerja haruslah memastikan keseimbangan antara pekerjaan di kantor dengan kehidupan di luar kantor. Pastikan untuk menghindari lembur yang berlebihan dan melanjutkan lagi pekerjaan di rumah. Tanpa adanya keseimbangan, produktivitas seseorang cenderung menurun dan kerap merasa kelelahan. Cobalah untuk melakukan suatu hobi, menghabiskan waktu dengan keluarga, dan mengerjakan hal yang disukai, agar stres karena pekerjaan dapat berkurang.

2. Mengelola Stres

Kamu juga dapat mengelola stres berlebihan dengan cara berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang sehat, dan menghabiskan beberapa saat untuk bersantai. Hal ini berguna untuk membangun kekuatan mental dan meningkatkan kesehatan mental. Kamu juga dapat bercerita dengan psikolog terkait beban yang dirasakan dan cara agar membuatnya lebih baik. Selain itu, cobalah untuk mengambil cuti sementara untuk mengembalikan kondisi agar kembali bugar.

Selain itu, konsumsi suplemen yang dapat memastikan tubuh tetap sehat layaknya vitamin juga perlu dilakukan. Nah, kamu dapat memesan suplemen tersebut melalui aplikasi Halodoc dan pesananmu akan langsung diantar ke depan rumah tanpa perlu harus ke apotek. Maka dari itu, nikmati kemudahannya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone-mu!

Baca juga: Ini Hubungan Kesehatan Mental dengan Lingkungan Kerja

3. Fokus pada Hal yang Positif

Penyakit mental termasuk masalah yang dapat menimbulkan dampak serius, tetapi dampak buruknya dapat dicegah atau diredam dengan cara membuat pengidapnya merasa dipahami, dihargai, dan mendapatkan harapan. Cobalah untuk fokus pada semua hal yang positif dan pastikan orang-orang yang ada di sekitar benar-benar mendukung segala hal yang kamu lakukan, serta memberi saran saat dibutuhkan.

4. Diskusikan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Cobalah untuk tidak takut mengungkapkan masalah yang berhubungan dengan stres, depresi, kecemasan, dan penyakit mental lainnya di tempat kerja. Kamu harus menyampaikan jika setiap orang mungkin saja mengalami perasaan stres yang berlebihan, sehingga berdampak buruk bagi mental. Pastikan juga untuk menyampaikan hal ini kepada atasan agar mendapatkan bantuan yang tepat dan meminta izin untuk beristirahat sebentar.

Baca juga: Hati-Hati, Pekerjaan Ternyata Bisa Membuat Depresi

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di kantor. Setiap orang harus tahu bahwa bukan hanya fisik saja yang dapat memengaruhi produktivitas, tetapi juga berlaku sama saat mental terganggu. Jangan biarkan masalah ini berlarut-larut karena dampak buruknya akan sulit dihindari kelak.

Referensi:

Inc. Diakses pada 2020. 8 Simple Ways to Create a Mentally Healthier Workplace.
Life Speak. Diakses pada 2020. 10 ways to improve mental health in your workplace.