Begini Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Begini Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Anak

Halodoc, Jakarta - Gigi pertama atau gigi susu sang buah hati mulai muncul ketika usianya memasuki 6 atau 7 bulan. Biasanya, dua gigi pertama mulai tampak di bagian bawah, menyusul kemudian di bagian atasnya. Ketika Si Kecil mengalaminya, ayah dan ibu tidak boleh menyepelekan, karena gigi kecil ini punya fungsi yang sama pentingnya dengan gigi permanen yang dimiliki orang dewasa. 

Gigi susu ini memudahkan anak mengunyah makanannya dan berbicara. Sayangnya, ketika proses pertumbuhannya, tidak jarang anak mengalami demam dan sering menangis karena merasa tidak nyaman. Kalau hal ini terjadi pada sang buah hati, ibu bisa membantu mengusap lembut giginya dengan tangan yang tentunya sudah bersih. Ibu bisa juga menggunakan kasa yang sudah dibasahi dengan air hangat. 

Pentingnya Punya Mulut dan Gigi yang Sehat

Memiliki mulut dan gigi yang sehat itu penting untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati. Tidak hanya memudahkan anak berbicara dan melumatkan makanannya, adanya gigi juga membantu membuat penampilan anak menjadi lebih menarik. Melakukan perawatan gigi yang baik mencegah munculnya plak, lapisan bakteri yang menempel pada gigi. 

Baca juga: Tips Merawat Gigi Ompong Si Kecil

Setelah selesai makan, bakteri akan begitu senang karena ada gula yang menempel pada gigi, seperti semut yang menemukan makanan yang diincarnya. Bakteri ini memecah gula menjadi asam yang memakan email gigi, membuat gigi menjadi mudah berlubang. Adanya plak pada gigi juga memicu munculnya gingivitis, penyakit yang menyebabkan gusi membengkak, memerah, dan menyakitkan. 

Apabila ibu dan ayah tidak melakukan perawatan mulut dan gigi pada anak, ia rentan mengalami gigi berlubang dan pembengkakan pada gusi yang menyakitkan dan membuatnya tidak nyaman. Pastinya, kondisi ini membuat anak mengalami kesulitan makan dan berbicara. Akibatnya, tumbuh kembangnya menjadi terganggu. Tentu ibu dan ayah tidak ingin hal ini terjadi pada sang buah hati, kan?

Baca juga: 8 Tips Membersihkan Gigi Bayi

Bagaimana Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Si Kecil?

Tidak sulit menjaga kesehatan mulut dan gigi sang buah hati. Berikut ini cara mudah yang bisa ibu dan ayah coba lakukan di rumah:

  • Menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan. Seringnya, menggosok gigi sebelum tidur dilupakan oleh anak, dan hal ini memudahkan gigi berlubang. Sayangnya, tidak sedikit orangtua yang menyuruh anak menggosok giginya ketika mandi, bukan setelah makan. Ibu harus tahu bahwa bakteri berkembang sesaat setelah anak selesai makan. 

  • Kurangi konsumsi makanan manis. Permen, es krim, keik, dan minuman manis tidak sebaiknya rutin dikonsumsi oleh anak. Makanan dan minuman manis membuat pembusukan pada gigi menjadi lebih cepat, sehingga gigi berlubang rentan terjadi. 

  • Mengurangi pemberian susu pada botol dot, karena membuat gigi anak tergenang oleh cairan manis. Jika ibu tidak sedang menyusuinya langsung, sebaiknya berikan susu di gelas, sekaligus melatih anak untuk tidak terbiasa menggunakan dot ketika menyusu. 

Baca juga: Ketahui 7 Penyebab Gigi Tonggos pada Anak

Selain merawat kesehatan gigi anak di rumah, perlu dilakukan juga pemeriksaan rutin ke dokter gigi anak. Pemeriksaan rutin ini membantu mendeteksi apakah ada kerusakan pada gigi anak, sehingga penanganan bisa dilakukan dan dapat menghindari berbagai gangguan kesehatan gigi dan mulut. Supaya pemeriksaan ibu dan Si Kecil lebih mudah, buat janji langsung dengan dokter gigi langganan ibu di rumah sakit terdekat. 

Referensi: 
Kidshealth. Diakses pada 2019. Taking Care of Your Teeth.
WebMD. Diakses pada 2019. 8 Ways to Protect Your Child’s Teeth. 
WebMD. Diakses pada 2019. Caring for Your Baby’s Teeth.