• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menurunkan Asam Lambung yang Sering Kambuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menurunkan Asam Lambung yang Sering Kambuh

Begini Cara Menurunkan Asam Lambung yang Sering Kambuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 Mei 2022

“Saat kambuh, asam lambung bisa menimbulkan sejumlah gejala tidak nyaman yang mengganggu aktivitas. Namun, ada berbagai cara mengatasinya, dari yang alami hingga konsumsi obat-obatan.”

Begini Cara Menurunkan Asam Lambung yang Sering Kambuh

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung (GERD) merupakan kondisi yang terjadi ketika asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan. Kondisi tersebut bisa menimbulkan sejumlah gejala yang tidak nyaman, mulai dari sensasi panas di dada (heartburn), sakit tenggorokan, hingga mulut terasa asam atau pahit.

Penyakit asam lambung biasanya bisa kambuh karena dipicu oleh kebiasaan makan yang tidak baik. Contohnya seperti langsung berbaring setelah makan, makan dalam porsi banyak sekaligus, dan lain-lain. Namun, terlepas dari apa pun penyebabnya, GERD kambuh tentu bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menurunkan asam lambung yang bisa dilakukan.

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Kambuh

Saat penyakit asam lambung kambuh, berikut cara menurunkan asam lambung yang bisa kamu coba lakukan:

Makan Makanan Ringan dalam Porsi Kecil tapi Sering

Saat GERD kambuh, sebaiknya jangan makan dalam porsi biasanya atau bahkan banyak, karena hanya akan menambah lebih banyak asam ke kerongkongan. Jadi, cara menurunkan asam lambung adalah makanlah dalam porsi kecil, tapi sering. Pilih juga makanan yang lembut yang mudah dicerna, seperti sup ayam, bubur, dan lain-lain.

Tetap Bangun Setelah Makan

Ketika kamu berdiri, atau bahkan duduk, gravitasi membantu menjaga asam tetap di dalam perut, alih-alih naik kembali kerongkongan. Jadi, aturlah waktu makan malam minimal 3 jam sebelum waktu tidur. 

Longgarkan Pakaian

Saat asam lambung kambuh, biasanya perut akan terasa penuh atau kembung. Nah, kamu bisa melonggarkan pakaian sebagai cara untuk menurunkan asam lambung. Misalnya, dengan melepaskan ikat pinggang atau ganti pakaian dengan yang lebih nyaman.

Minum Jahe

Jahe sudah dikenal sebagai obat pencernaan alami terbaik karena khasiatnya. Rempah-rempah ini bersifat basa dan antiinflamasi yang bisa meredakan iritasi pada pencernaan. Jadi, cobalah untuk minum teh jahe hangat untuk meredakan asam lambung yang kambuh.

Susu atau Yoghurt

Susu bisa digunakan sebagai cara untuk menurunkan asam lambung. Namun, ingat pilihlah susu yang rendah lemak atau tanpa lemak. Pasalnya, lemak dalam susu justru bisa memperburuk refluks asam. 

Sementara susu tanpa lemak bisa bertindak sebagai penahan sementara antara lapisan lambung dan isi lambung yang asam dan membantu meredakan gejala heartburn. Selain susu, yoghurt rendah lemak juga bisa memberikan manfaat yang sama terhadap asam lambung .

Minum Obat

Bila cara menurunkan asam lambung alami di atas tidak mampu meredakan kondisi tersebut, kamu bisa coba minum obat-obatan penurun asam lambung, seperti antasida.

Bila asam lambung kambuh dua kali atau lebih dalam seminggu dan perubahan pola makan tidak membantu mengatasinya, cobalah periksakan diri ke dokter. Dokter spesialis pencernaan (gastroenterologi) bisa melakukan tes untuk mengukur keasaman di dalam perut kamu.

Nah, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu bisa buat janji di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. 9 ways to relieve acid reflux without medication.
WebMD. Diakses pada 2022. What Is Acid Reflux Disease?.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn)