• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa Tanpa Obat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa Tanpa Obat

Begini Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa Tanpa Obat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Juni 2022

“Ada beberapa cara menurunkan demam pada orang dewasa yang bisa dilakukan tanpa harus minum obat. Seperti misalnya dengan banyak minum air putih, konsumsi buah, istirahat cukup, berjemur di pagi hari, dan istirahat di suhu ruangan.”

Begini Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa Tanpa ObatBegini Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa Tanpa Obat

Halodoc, Jakarta – Demam tidak selalu berarti kamu sedang mengalami penyakit spesifik tertentu. Demam bisa jadi tubuh sedang berperang melawan virus/bakteri yang masuk ke dalam tubuh, dan demam adalah bentuk pertahanan tubuh.

Walaupun demam merupakan bagian dari sistem kerja imun tubuh, namun jika suhu semakin meningkat perlu diwaspadai. Nah, sebagai upaya membantu sistem kerja imun tubuh, ada beberapa cara menurunkan demam yang bisa dilakukan orang dewasa, tanpa harus menggunakan obat, yaitu:

1. Banyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih bisa membantu menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat. Ketika demam, tubuh rentan mengalami dehidrasi, air dapat mengembalikan cairan yang hilang sekaligus menetralisir peningkatan suhu tubuh. 

Untuk memberikan kenyamanan, kamu disarankan untuk minum air hangat. Misalnya teh manis hangat atau air jahe yang bisa membantu mengembalikan vitalitas tubuh.

2. Konsumsi Buah

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti semangka, mangga, jeruk, efektif meningkatkan imun tubuh. Vitamin C sangat terkonsentrasi di sel kekebalan dan cepat habis selama infeksi. Itulah sebabnya mengapa ketika kamu demam, kamu perlu mengonsumsi buah yang banyak sebagai pengganti vitamin C yang hilang.

3. Istirahat yang Cukup

Bila perlu, kamu tidur seharian dengan selimut setelah makan. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh melawan infeksi yang masuk dan mengembalikan vitalitas tubuh. Tidur dengan selimutan juga bisa membantu mengeluarkan keringat, sehingga mengembalikan suhu tubuh kembali normal.

4. Istirahat di Suhu Ruangan

Jika kamu sedang demam, sebaiknya kamu beristirahat di suhu ruangan. Sebab jika kamu istirahat di ruangan yang terlalu panas, kamu akan gerah dan tidak nyaman saat beristirahat. 

Demikian juga bila istirahat di suhu ruangan yang terlalu dingin, bisa bikin kamu menggigil. Idealnya memang, istirahatlah di suhu ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Udara segar baik untuk pemulihan kesehatan dan menurunkan demam.

5. Berjemur di Pagi Hari

Walaupun istirahat menjadi bagian penting untuk menurunkan demam, berbaring seharian hanya akan membuat tubuh lemas. Kamu perlu bangun sesekali, terutama saat makan, mengganti pakaian, dan di pagi hari untuk berjemur.

Tidak perlu lama 10 – 15 menit saja duduk di teras, menghirup udara segar dan terkena paparan sinar matahari. Ini sedikit banyak membantu menurunkan demam.

Itulah informasi mengenai cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa harus minum obat. Jika demam tak kunjung turun, kamu bisa segera memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Yuk, download Halodoc untuk informasi seputar kesehatan lainnya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Vitamin C for Colds — Does It Actually Work?
MedicineNet. Diakses pada 2022. How Do You Break a Fever Naturally?