• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Merawat Anggota Keluarga yang Terkena Hepatitis

Begini Cara Merawat Anggota Keluarga yang Terkena Hepatitis

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Tentu hampir seluruh masyarakat pernah mendengar penyakit hepatitis. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, hepatitis terjadi ketika terdapat peradangan pada hati. Jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti munculnya jaringan parut pada hati dan juga sirosis atau kanker hati.

Baca juga: Waspada 5 Gejala Hepatitis B yang Datang Diam-Diam

Penyebab utama dari penyakit hepatitis adalah paparan virus. Selain itu, faktor lainnya bisa terjadi karena kebiasaan mengonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, paparan zat beracun dalam tubuh, dan adanya gangguan pada imun tubuh. Penyakit hepatitis mudah menular dari pengidap ke orang lain yang sehat. Jadi, ketahui cara perawatan anggota keluarga yang mengidap penyakit hepatitis.

Cara Merawat Anggota Keluarga yang Mengidap Hepatitis

Ada beberapa jenis penyakit hepatitis, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Nyatanya, apapun jenis hepatitisnya, kamu perlu segera mendapatkan penanganan dari rumah sakit jika kamu mengalami beberapa gejala yang menunjukan adanya penyakit hepatitis.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, penyakit hepatitis A dan E menjadi penyakit hepatitis yang penularannya sangat mudah karena virus menyebar melalui kontak orang yang sehat dengan pengidap hepatitis A dan E, mengonsumsi makanan atau minuman yang sama dengan pengidap, dan memiliki sanitasi yang buruk.

Sedangkan hepatitis B dapat terjadi penularan melalui darah, cairan tubuh, dan air mani pengidap hepatitis B pada orang yang sehat. Hepatitis C dan D dapat menyebar melalui darah pengidap hepatitis C dan D yang masuk ke dalam tubuh orang yang sehat.

Baca juga: Inilah yang Dimaksud dengan Hepatitis B

Meskipun anggota keluarga di rumah terkena hepatitis, bukan berarti kamu harus mengasingkannya. Tetap perlakukan dia sebaik mungkin, meskipun harus berhati-hati. Jangan buat ia merasa terasing dengan cara merawat pasien hepatitis berikut ini:

 

  • Ajak Anggota Keluarga yang Tidak Terinfeksi untuk Vaksinasi

 

Dilansir dari Web MD, kamu bisa membantu keluarga menghindari tertularnya virus hepatitis A dan B dengan vaksin. Vaksin adalah langkah terbaik sebagai cara mencegah hepatitis, tetapi kamu harus bertanya pada dokter mengenai ini terlebih dahulu. Anggota keluarga bisa diberikan vaksin dalam beberapa injeksi atau dalam kombinasi vaksin.

 

  • Ingatkan untuk Selalu Mencuci Tangan

 

Kamu dan keluarga harus membuat kebiasaan mencuci tangan sebagai prioritas hidup. Kamu bisa mengingatkan mereka untuk mencuci tangan dengan seksama setelah dari kamar mandi, saat mengganti popok, dan sebelum menyiapkan makanan.

Air hangat dan sabun adalah kombinasi yang baik bagi tangan untuk membunuh bakteri dan virus. Beri tahu keluarga untuk menggosok tangan selama minimal 10-15 detik sebelum membilasnya.

 

  • Hindari Penggunaan Barang Pribadi Bersama Pengidap

 

Dilansir dari Everyday Health, hindari menggunakan barang pribadi secara bersama dengan pengidap hepatitis dan tidak saling bergantian menggunakan sikat gigi dengan orang rumah. Ketika pengidap hepatitis menggosok gigi dan mungkin ada darah yang tertinggal di sikat dari gusi yang berdarah, orang selanjutnya yang memakai sikat gigi itu tanpa sadar bisa tertular virus darinya.

Oleh karena itu, berikan setiap anggota keluarga masing-masing satu sikat gigi khusus dan jangan satukan tempat penyimpanannya agar tidak keliru saat mengambilnya. Selain itu, jika kamu memiliki lebih dari satu kamar mandi di rumah, tidak ada salahnya mengkhususkan salah satu kamar mandi bagi pengidap hepatitis agar dapat menghindari penularan.

 

  • Perhatikan Konsumsi Makan dan Minuman Keluarga

 

Mencuci tangan sebelum dan setelah dari kamar mandi tidaklah cukup jika makanan disiapkan oleh pengidap hepatitis yang tidak berhati-hati dalam membersihkan bahan makanan. Karenanya, kamu dan keluarga masih berisiko terkena hepatitis.

Pada umumnya, buah-buahan segar, roti lapis, salad, dan makanan mentah lainnya lebih mungkin menjadi sumber penyebaran hepatitis jika dibandingkan dengan makanan matang. Makanan laut seperti kerang, remis, tiram, dan udang bisa diambil dari air yang terkontaminasi. Maka dari itu, lebih baik bagi kamu dan keluarga untuk berpikir dua kali sebelum mengonsumsi makanan mentah tersebut.

Baca juga: Inilah yang Dimaksud dengan Hepatitis E

 

  • Jaga Kebersihan Rumah

 

Jika rumah kamu tidak dibersihkan secara teratur, kamu dan keluarga memiliki risiko tinggi untuk tertular penyakit hepatitis. Bersihkan rumah setiap hari, terutama permukaan di rumah yang bisa tersentuh darah atau feses yang terinfeksi. Kamu bisa menggunakan satu per empat cangkir pemutih yang dicampurkan ke dalam 3,8 liter air untuk memastikan bahwa semuanya bersih.

Itulah yang bisa kamu lakukan jika terdapat anggota keluarga yang sedang mengidap hepatitis. Perawatan di atas perlu dilakukan supaya anggota keluarga lainnya tidak tertular tanpa harus mengasingkan keluarga yang mengidap hepatitis.

Jika kamu masih ragu dengan cara di atas, kamu bisa juga berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Kamu bisa berdiskusi kapan saja dan di mana saja. Komunikasi melalui aplikasi ini bisa dilakukan via Chat atau Voice Call/Video Call. Segera download aplikasinya sekarang, ya!

 

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2020. How Caregivers Can Protect Themselves From Hepatitis
Web MD. Diakses pada 2020. Viral Hepatitis: Eight Ways to Help Protect Your Family
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. What is Viral Hepatitis?
World Health Organization. Diakses pada 2020. What is Hepatitis?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Viral Hepatitis: Prevention