15 March 2019

Begini Cara Pengobatan Kuku yang Terkena Cantengan

Begini Cara Pengobatan Kuku yang Terkena Cantengan

Halodoc, Jakarta – Kalau kamu pernah mengalami kuku cantengan, pasti tahu bagaimana rasa sakit yang ditimbulkannya. Dalam istilah medis, kuku cantengan disebut ingrown nail. Penyebab umumnya adalah kependekan saat memotong kuku sehingga kuku tumbuh ke dalam kulit. Cantengan bisa terjadi akibat memakai sepatu kesempitan atau jempol kaki kejedot ujung pintu maupun kaki meja. Tapi, kenapa kuku bisa bertumbuh ke dalam?

Baca Juga: Bukan Cuma Cantengan, 5 Fakta tentang Kuku ini Perlu Diketahui

Kuku yang tumbuh terlalu cepat atau lambat bisa mengacaukan keseimbangan proses pertumbuhannya. Hal ini berpotensi mengubah kelengkungan kuku sehingga membuatnya keluar dari alur. Akibatnya, ujung pinggiran kuku yang ke luar air terdorong masuk menekan kulit sehingga menyebabkan kuku cantengan.

Jangan Anggap Sepele Kuku Cantengan

Awalnya kuku cantengan tampak lunak, bengkak, dan mengeras. Jika dibiarkan, kuku yang tubuh ke dalam ini bisa merobek kulit hingga ke dalam epidermis. Kondisi inilah yang perlu diwaspadai karena bakteri bisa masuk melalui luka kuku cantengan dan menyebabkan peradangan, nyeri, hingga infeksi. Tak jarang, kuku cantengan mengeluarkan darah yang bercampur nanah. Sebaiknya segera bicara ke dokter untuk mengatasi kuku cantengan.

Namun selama kuku cantengan tidak terinfeksi, ada cara yang bisa kamu lakukan di rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh kuku cantengan dan mencegah kekambuhan. Ini perawatan kuku cantengan yang bisa dilakukan di rumah:

1. Rendam Air Hangat

Masukkan tangan atau kaki yang mengalami kuku cantengan ke dalam air hangat yang dicampur garam. Air hangat berfungsi meringankan rasa sakit dan pembengkakan akibat kuku cantengan. Rendam tangan atau kaki selama 15 menit untuk 3-4 kali sehari. Lakukan hingga kondisi kuku membaik. Sambil direndam, kamu bisa menggunakan cotton bud untuk mendorong kulit yang tumbuh ke dalam agar menjauhi kuku. Keringkan kaki setelahnya.

2. Gunakan Kapas atau Kasa

Tujuannya untuk membantu menggeser kuku tumbuh ke arah yang seharusnya. Ambil sepotong kapas atau kain kasa berukuran kecil dan gulung, lalu letakkan gumpalan kapas di bawah kuku yang masuk ke dalam dengan cara mengangkat perlahan ujung kuku. Cara ini mampu mengatasi tekanan pada daging kuku yang terkena cantengan sehingga rasa nyeri berkurang.

Baca Juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

3. Jangan Pakai Sepatu Sempit

Gunakan sepatu yang nyaman seperti sandal atau alas kaki longgar. Alasannya karena sepatu sempit bisa menekan kuku yang cantengan sehingga memperburuk kondisi yang terjadi. Hindari pula penggunaan sepatu hak tinggi (high heels) karena alasan yang sama.

Kuku cantengan tentu bikin nggak nyaman. Makanya lebih baik, kamu mencegah terjadinya kuku cantengan. Caranya rendam kuku kaki dan tangan yang hendak dipotong, hindari potong kuku terlalu pendek, gunakan sepatu berukuran tepat (tidak terlalu sempit dan longgar), dan jaga kebersihan kuku.

Baca Juga: Kuku Anak Cantengan? Segera Atasi dengan 4 Cara Ini

Pengobatan cantengan juga bisa dilakukan dengan memberikan obat antiradang dan antibiotik topikal. Kalau cara di atas belum berhasil, jangan ragu mendiskusikan kuku cantengan yang diidap dengan dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!